Ciri Khas Burung Alap-alap Besra dan Daerah Persebarannya

Burung alap-alap merupakan salah satu jenis burung yang hampir memiliki ciri khas yang sama dengan burung Elang atau dengan Rajawali. Akan tetapi, yang membedakannya dari jenis burung burung tersebut adalah burung Alap-alap yang memiliki sayap yang lebih sempit dan juga runcing.

Kemudian untuk bagian paruh dari burung Alap-alap ini sedikit lebih pendek dan juga terlihat lebih melengkung. Ciri khas burung Alap-alap ini yaitu pada bagian kepalanya sedikit membulat.

Tak hanya itu saja, pada bagian iris matanya juga terlihat gelap dan juga untuk gaya terbangnya lebih cepat dan bisa dikatakan terhitung akrobatis. Lalu untuk burung alap-alap ini juga memiliki pengelihatan yang sangat tajam. Yang mana dengan akurasi 2,6 kali jika dibandingkan pengelihatannya manusia.

Memang sejak dulunya, burung Alap-alap ini sudah tidak asing lagi dengan para petani. Sebab, pada umumnya burung ini dipelihara oleh petani untuk memangsa tikus yang ada sawah.

Burung Alap-alap ternyata jenisnya tidak hanya satu saja, akan tetapi jenis burung Alap-alap yang bisa kita jumpai cukup banyak. Salah satunya yaitu Alap-alap Besra.

Ciri Khas Burung Alap-alap Besra

Ciri Khas Burung Alap-alap Besra
hbw.com

Burung Alap-alap Besra, Accipiter virgatus ini termasuk salah satu jenis burung Alap-alap yang ukurannya kecil yang berasal dari Ordo Falconiformes. Burung ini juga berasal dari keluarga Accipitridae dan juga genus Accipiter.

Perlu anda ketahui, jika burung Alap alap ini juga disebut dengan sebutan sparrow-hawk atau goshawk. Ciri khas burung Alap-alap Besra memiliki panjang tubuh dari ujuk paruh sampai ujung ekor sekitar 25 hingga sampai 35 cm.

Kemudian untuk rentang sayap yaitu 50 sampai dengan 65 cm. Beratnya juga antara 80 sampai dengan 140 gram. Sama halnya dengan jenis burung kebanyakan bahwa burung yang berjenis kelamin betina ini sedikit lebih besar.

Untuk yang berjenis kelamin betina berat tubuh sekitar 130 hingga sampai dengan 210 gram. Burung Alap-alap Besra ini juga terlihat mirip alap-alap Jambul, namun lebih kecil dan tanpa jambul.

Untuk warna burung yang berjenis kelamin jantan dewasa, tubuh bagian atas mempunyai warna abu-abu gelap dengan juga pada bagian ekor bergaris tebal. Ciri khas burung Alap-alap Besra selanjutnya yaitu pada tubuh bagian bawah putih terdapat garis melintang coklat.

Selanjutnya untuk sisi tubuh merah karat, lalu untuk tenggorakan berwarna putih dengan strip hitam ditengah, strip kumis yang berwarna hitam.

Ciri khas yang selanjutnya yaitu untuk warna jantan dewasa, tubuh bagian atas mempunyai warna abu-abu gelap dengan bagian ekor yang bergaris tebal. Sedangkan untuk bagian tubuh bagian bawah putih ada garis melintang coklat dan sisi tubuh merah karat.

Lalu untuk bagian tenggorakan putih dengan strip hitam yang ada ditengah, strip kumis hitam. Sayapnya pendek dan bulat, ekor yang pada umumnya cukup panjang.

Perilaku Burung Alap-alap Besra

Perilaku Burung Alap-alap Besra
pinterest.com

Sekelompok burung ini akan beradaptasi dengan baik untuk terbang dengan lewat semak lebat untuk menangkap mangsanya. Diantaranya seperti mamalia yang ukurannya kecil, burung kecil, serangga dengan kaki yang panjang dan ramping.

Kemudian, pada bagian jari-jari yang ramping, yang tengah sangat panjang serta mempunyai kemampuan menangkap burung yang ada di udara. walaupun tidak se akrobatik jenis burung Alap-alap Kawah.

Persebaran Alap-alap Besra (Accipiter virgatus)

Daerah persebarannya yaitu di India, Cina selatan, Asia Tenggara, Filipina, Sunda Besar serta di Sunda Kecil. Kemudian juga termasuk burung penetap di Sumatra, Kalimantan bagian utara, Jawa, dan Bali.

Tinggalkan Komentar