Mengenal Burung Alap Alap Australia dan Perilakunya

Burung alap alap adalah jenis dari sekelompok burung predator atau jenis burung pemangsa yang di dalam klasifikasinya juga termasuk anak buah dari keluarga Falconidae.

Bahkan ada yang menyebutnya termasuk burung elang atau rajawali. Karena untuk tiga jenis burung ini tak tergolong dari anak buah keluarga Falconidae, akan tetapi dari suku Accipitridae.

Meskipun tergolong burung predator yang memiliki sifat yang liar, akan tetapi burung alap alap ini bisa anda latih semenjak kecil.

Akan tetapi untuk tutorial melatih burung alap alap ini sangat dibutuhkan kesabaran dan juga alap alap ini diperjual belikan untuk burung peliharaan, tentu saja untuk harga burung alap alap ini tidaklah murah.

Ciri Burung Alap Alap

Ciri Burung Alap Alap
Ciri Burung Alap Alap

Burung alap-alap juga termasuk jenis burung yang punya kesamaan dengan jenis burung elang dan juga burung rajawali.

Akan tetapi yang membedakannya untuk 3 jenis burung ini adalah alap-alap mempunyai sayap yang lebih sempit dan juga terlihatuncing.

Sedangkan untuk bagian paruhnya sedikit lebih pendek dan juga tampak lebih melengkung, kepalanya juga sedikit membulat.

Selain itu pada bagian iris matanya tampak gelap serta gaya terbangnya lebih cepat dan dinilai cukup akrobatis.

Burung alap-alap juga memiliki pengelihatan yang sangat tajam yaitu dengan akurasi 2,6 kali dari pengelihatannya manusia.

Sejak dulunya, burung alap-alap sudah tidak asing lagi dengan para petani. Sebab pada umumnya burung ini dipelihara oleh petani untuk memangsa tikus yang menjadi hama di sawah.

Jenis Burung Alap Alap

Sudah banyak sekali jenis burung alap alapyang tersebar. Untuk yang paling terkenal misalnya saja Alap-alap Capung (Microhierax fringillarius), Alap-alap Kawah (Falco peregrinus), Alap-alap macan (Falco severus), Alap-alap sapi (Falco moluccensis) dan masih banyak lagi.

Jenis alap alap ada yang tinggal di Indonesia saja da nada juga yang tinggal di luar Negara Indonesia. Salah satu jenis alap alap yang bisa dijumpsi di Indonesia yaitu burung alap alap Australia.

Burung Alap Alap Australia

Burung Alap Alap Australia
Burung Alap Alap Australia

Jenis burung alap alap yang bisa anda temukan di Indonesia yaitu burung alap alap Australia. Untuk burung alap alap ini sebenarnya tidak termasuk endemik asli dari Indonesia, akan tetapi juga bisa dijumpai di Negara Indonesia ini.

Seperti dengan namanya, burung alap alap ini sudah terbukti dari Negara Australia. Burung alap alap ini akan bermigrasi ke Indonesia ketika pada animo dingin.

Nama latin dari burung alap alap Australia yaitu Falco longipennis. Sedangkan jika di dalam bahasa inggris disebut dengan Australian Hobby.

Alap alap Australia ini termasuk jenis burung yang sudah terdaftar di IUCN ( International Union for Conservation of Nature and Natural Resources )yang mana statusnya masih dikatakan bimbang.

Burung Alap alap Australia juga termasuk burung pemangsa alias predator yang pada umumnya mau memakan tipe burung lain yg ukuranya lebih kecil darinya.

Selain itu alap alap Australia ini juga sering terlihat memangsa burung yang ukuranya hampir sama denganya.

Tidak hanya sesame jenis burung yang menjadi mangsa alap alap Australia, akan tetapi ketika menjelang malam ia memangsa kelelawar dan juga akan memangsa serangga yang ukuranya besar.

Burung ini juga malas untuk membikin sarang. Buktinya ketika animo kawin mereka akan merebut sarang burung lain untuk dijadikan sarangburung burung tersebut.

Walaupun alap alap Australia ini merupakan pemangsa, namun burung ini merupakan burung pemangsa yang ukuranya paling kecil di Australia. Sebab panjang maksimalnya hanya mencapai 30 sampai dengan 36 cm.

Tinggalkan Komentar