Tips dan Cara Merawat Burung Alap Alap Yang Benar

Burung alap-alap termasuk salah satu burung yang bagus untuk dipelihara. Hal ini disebabkan karena kenampakan burung ini yang terlihat gagah dan tangguh dan jantan.

Burung alap-alap ini ciri cirinya juga mirip dengan rajawali dan juga dengan burung elang. Bentuk tubuhnya, bagian sayap dan paruhnya juga terlihat sangat mirip, akan tetapi dengan ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan burung rajawali atau elang.

Burung alap-alap di bagian sayap tampak lebih sempit dan juga lebih runcing. Untuk paruhnya juga sedikit lebih pendek dan melengkung. Sedangkan di bagian kepalanya sedikit membulat.

Kemudian pada bagian iris matanya gelap dan gaya terbangnya lebih cepat serta terhitung akrobatis.

Ciri ciri Burung Alap Alap

Ternyata burung ala-alap ini memiliki daya penglihatan yang lebih tajam yaitu 2,6 kali lipat jika dibandingkan dengan kita manusia.

Burung ini juga juga bermanfaat dan membantu petani sawah, sebab alap alap adalah salah satu jenis burung predator tikus sawah. Maka dari itu, banyak sekali petani yang memelihara burung pemakan tikus ini.

Ciri ciri Burung Alap Alap
Ciri ciri Burung Alap Alap

Makanan utama burung alap alap yaitu berupa serangga. Kemudian tempat hidupnya berada di sekitar hutan dataran rendah serta kebun campuran. Ukuran tubuhnya lumayan kecil yaitu sekitar 25 cm dengan warna kerat dan hitam lalu sayap yang panjang.

Burung alap-alap ini di bagian kepala dan tubuh atasnya berwarna abu-abu gelap dengan sedikit corak kebiruan, sedangkan tubuh bagian bawahnya cokelat berangan.

Burung ini lebih kerap tampak beristirahat di pohon jika dibandingkan istirahat di batu cadas. Sarangnya umumnya berada di pohon besar atau sarang bekas burung yang lain.

Burung alap-alap ini telurnya berwarna krem dengan bintik hijau dan coklat. Biasanya telurnya berjumlah 4 butir saja. Untuk jenis alap-alap macan dapat anda jumpai di kawasan Asia tropis, Indonesia. Diantaranya di Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi, Maluku, Papua.

Cara Merawat Burung Alap Alap

Burung alap alap merupakan hewan predator yang sangat buas dan pastinya memiliki cakaran kuku di kaki yang cukup tajam dan dapat merobek mangsanya.

Namun apabila kita merawatnya sejak kecil, hewan ini bisa menadi jinak dan penurut seperti pada burung hantu yang juga memiliki kuku runcing serta tajam di bagian kakinya.

 

Cara Merawat Burung Alap Alap
Cara Merawat Burung Alap Alap

Karena alap alap termasuk predator atau pemakan daging, cara mmerawat burung alap alap pastinya sangat menantang dan memerlukan pengalaman yang sudah matang untuk merawat hewan yang satu ini.

Sebab populasi burung elang ini juga telah langka dan sudah terancam kepunahan.

Cara merawat burung alap alap, sebaiknya anda membuatkan tangkringan atau tempat alap alap itu tinggal. Burung alap alap tidak perlu dibuatkan kandang, cukup dibuatkan perch.

Apabila ingin membuat tangkringanya terutama untuk burung alap-alap cukup dengan memakai pipa pvc yang berbentuk seperti huruf T serta dengan kaleng cat bekas yang di isi semen padat.

Kemudian tancapkan pipa yang telah berbentuk hurup T ke kaleng lalu bisa masukan semen. Tangkringan dapat anda pakai untuk semua jenis burung hantu serta Barn Owl.

Untuk pemberian makan burung alap alap ini juga bisa terbilang mudah. Cara merawat burung alap alap dalam hal makanan anda bisa berikan daging segar seperti, daging ayam segar, daging tikus atau mencit, daging sapi segar dan lain sebagainya. Anda bisa memberinya makan 3x sehari, dari pagi, siang, dan sore.

Apabila anda hendak memandikan burung alap alap maka cukup dengan di lap saja dengan memakai air hangat.

Tinggalkan Komentar