Mengenal Jenis Burung Alap Alap dan Karakteristiknya

Burung alap alap termasuk dari jenis burung predator ataupun burung pemangsa yang pada klasifikasinya anggota dari keluarga Falconidae.

Untuk burung alap alap ini ternyata dapat melatihnya sejak masih kecil. Pastinya cara melatih alap alap ini juga diperlukan kesabaran.

Jenis Burung Alap Alap

Jenis Burung Alap Alap
Jenis Burung Alap Alap

Burung alap alap ini juga banyak dipelihara oleh pecinta burung. Ada beberapa jenis burung alap alap yang harus anda ketahui, diantaranya seperti berikut ini.

Alap alap Australia

Yang pertama dari jenis burung alap alap yang berada di Indonesia yaitu burung alap alap Australia. Jenis burung ini sebenarnya bukan endemik asli Indonesia, namun sering tampak di Indonesia.

Jadi, alap alap ini memang asalnya dari Negara Australia da telah bermigrasi ke Indonesia saat musim dingin.

Alap alap Australia juga termasuk burung pemangsa atau predator yang biasanya memakan jenis burung lain yang ukuran tubuhnya lebih kecil darinya.

Bahkan alap alap Australia ini juga sering makan burung yang ukuranya sepadan denganya. Tidak hanya jenis burung saja yang menjadi makanan alap alap Australia, bahkan saat menjelang malam ia makan kelelawar dan juga serangga yang besarukurannya.

Tak hanya pemangsa, alap alap Australia ini juga merupakan burung yang malas untuk menyusun sarang. Dan ketika musim kawin mereka sering merebut sarang burung lain untuk dijadikan sarangnya.

Alap alap capung

Jenis burung alap alap selanjutnya yaitu burung alap alap capung. Lain halnya dengan alap alap Australia yang terdapat di Indonesia sebab bermigrasi. Alap alap capung ini termasuk jenis asli burung yang mendiami dan terdapat di Indonesia.

Alap Alap Capung
Alap Alap Capung

Tak hanya itu, burung ini juga tersebar di Negara Brunei Darussalam , Myanmar , Thailand , Malaysia , Singapura atau di Sri Langka. Dan di Indonesia sendiri biasanya burung ini ditemukan di hutan hutan, tepi hutan serta pada lahan pembukaan hutan.

Jenis ini dinamakan dengan burung alap alap capung mungkin disebabkan mangsanya berupa capung dan hewan hewan kecil lainya.

Misalnya seperti misalnya kupu kupu, ngengat, rayap bahkan tonggeret juga kadal. Burung yang lebih kecil darinya pun juga ikut dimangsa.

Lain halnya dengan alap alap australia yang merebut sarang jenis burung lain, alap alap capung ini pada saat musim kawin sudah dating, maka akan menghuni lubang lubang lama dari burung takur atau dari burung pelatuk.

Jenis alap alap capung yang mendiami pulau jawa ini biasanya akan berkembang biak atau melakukan proses kawin pada aat bulan November sampai dengan bulan Desember.

Alap Alap Coklat

Jenis burung alap alap di dunia yang tinggal di Indonesia yang berikutnya adalah Alap-alap coklat. Alap alap cokelat ini tepatnya menghuni di Papua Nugini.

Alap alap coklat ini tidak hanya bisa di temukan di Indonesia, namun juga bisa ditemukan juga di Negara lain, seperti halnya di Australia, dan juga di Tasmania.

Alap alap coklat termasuk burung alap alap yang biasanya pada seluruh bagian bulunya berwana totol totol coklat di bagian atasnya. Kemudian pada bagian tungkainya berwarna kehijauan dan juga termasuk spesies burung yang berasal dari keluarga Accipitridae.

Dan ketika telah dewasa, maka alap alap coklat ini bisa sampai 40 sampai 50 cm panjang total tubuhnya. Predator ini biasanya makan hewan mamalia seperti misalnya tikus serta kelinci kecil.

Terkadang juga terlihat sedang berburu burung yang ukuranya kecil, ular, kadal, ulat, jangkrik, belalang, sampai serangga berupa kumbang.

Tinggalkan Komentar