Mengetahui Ciri Khas Burung Alap-Alap Walet, Eurasian Hobby

Alap-Alap Walet atau Eurasian hobby termasuk salah satu jenis dari burung Alap-alap yang ukuran tubuhnya sangat kecil dan juga terlihat sangat ramping. Untuk jenis burung Alap-alap salah satu l merupakan burung pemangsa yang berasdari keluarga Falconidae. Sama halnya dengan Alap-alap Australia.

Tak hanya nama eurasian hobby dalam bahasa inggris, akan tetapi jenis burung pemangsa ini memiliki nama ilmiah yaitu Falco subbuteo. Falco subbuteo ini bahkan pertama dikenalkan oleh naturalis swedia carl linnaeus ketika tahun 1758 edisi ke-10. Yaitu pada Systema Naturae yang ada dibawah nama present binomial.

Untuk nama genus falco ini asalnya dari late latin falx, falcis, sabit, yang mengacu di bagian cakar dari jenis burung pemangsa ini. Kemudian untuk nama subbuteo ini diambil dari sub latin “near to” and buteo, ” buzzard”.

Untuk jenis burung Alap-alap ini hampir sama dengan australian hobby, sebab untuk kedua jenis burung ini sama-sama memiliki topi yang ada di bagian kepala.

Kemudian ciri khas burung Alap-alap Walet ini untuk ukuran tubuhnya juga hampir sama, dimana untuk alap-alap australia sekitar 34 sampai dengan 35,5 cm.

Kemudian untuk jenis burung predator ini antara 29 sampai dengan 36 cm dan rentang sayap sekitra 74 sampai dengan 84 cm. Lalu untuk berat tubuhnya yaitu sekitar 175 samapi dengan 285 g (6.2–10.1 oz) untuk burung alap-alap walet, eurasian hobby atau falco subbuteo

Ciri Khas Burung Alap-Alap Walet, Eurasian hobby

Ciri Khas Burung Alap-Alap Walet
hbw.com

Telah kita ketahui bersama, jika burung Alap alap Walet ini merupakan salah satu jenis burung pemangsa yang ukurannya kecil . Ciri khas burung Alap-alap Walet ini memang ukurannya yang hanya antara 29 sampai dengan 36 cm dari ujung paruh hingga pada bagian ujung ekor.

Untuk bagian rentang sayap kurang lebih sekitat 74 sampai dengan 84 cm dengan berat tubuh sekitar 175–285 g (6.2–10.1 oz). Lalu untuk ciri khas dari warna nya yaitu berwarna hitam dan juga berwaran putih.

Ciri khas burung Alap-alap Walet lainnya yaitu pada bagian sayap panjang paha dan tungging merah karat. Sedangkan untuk tubuh bagian atas abu-abu gelap, dada yang berwarna putih susu bercoret hitam.

Sedangkan untuk ciri khas burung Alap-alap Walet yang berjenis kelamin betina yaitu ukuran lebih besar, lebih coklat, lebih bercoret pada paha dan bulu penutup ekor di bagian bawah.

Perbedaan yang bisa dilihat dari burung Alap-alap macan dari dada yang keputih – putihan. Iris yang berwarna coklat, paruh abu-abu dengan sera kuning, dan bagian kaki kuning.

Penyebaran Alap Alap Walet, Eurasian hobby

Untuk daerah persebaran dari burung Alap-alap walet atau eurasian hobby ini berada di daratan Afrika, Erasia, India, Cina serta di wilayah Burma. Akan tetapi, pada saat musim dingin, mereka imigrasi berkelompok dengan skala kecil menuju daerah selatan.

Kebiasaan dan perilaku Alap Alap Walet, Eurasian hobby

Kebiasaan dan perilaku Alap Alap Walet
KuwaitBirds.org

Alap-alap walet ternyata lebih suka berada di lahan terbuka seperti lahan pertanian, rawa-rawa, taiga danjuga di savana. Sebagain besar juga sudah tersebar luas di dataran rendah dengan hutan kecil yang tersebar.

Burung Alap-alap ini merupakan salah satu jenis burung pemangsa yang handal, pemberani dan juga penuh rasa ingin tahu. Bahkan burung ini juga pandai akrobatik. Dengan demikian, burung ini sering dimanaatkan untuk memburu burung seperti puyuh dll.

Untuk jenis makanan burung Alap alap Walet seperti serangga besar seperti capung, kelelawar. Lalu juga berbagai jenis burung kecil dll. Di dalam perkembangbiakannya, burung pemangsa ini dapat menghasilkan 2-4 telur dengan warna cokelat bintik-bintik cokelat tua.

Tinggalkan Komentar