Fakta Unik Alap-Alap Australia, Si Kecil Pemangsa Asal Australia

Sebagai pecinta satwa jenis burung, mengetahui fakta unik Alap-Alap Australia sangatlah menarik. Tak lengkap rasanya jika anda belum mengenal burung yang satu ini.

Sesuai dengan namanya, burung ini merupakan jenis falkon asli dari Australia. Namun, di Indonesia juga dapat menjumpai Alap-Alap Australia.

Daftar Harga Burung Terbaru. Jalak Bali Anakan 3jt Per Pasang, Update 01 Mei 2021.

Pemesanan Ring Burung. Diskon hingga 500 per biji, harga mulai 1500 per biji.

Hal ini dikarenakan, setiap tahunnya melakukan migrasi. Di musim dingin Alap-Alap Australia terbang ke Indonesia demi mempertahankan kelangsungan hidup.

Fakta Unik Alap-Alap Australia, Si Pemangsa Kecil Asal Australia

Alap-Alap Australia terkenal dengan nama latinnya Falco Longipennis. Secara morfologi, jenis burung ini terlihat mirip dengan Alap-Alap Kawah.

Hanya saja untuk ukuran, Alap-Alap Australia jauh lebih kecil dan warna bulunya lebih gelap. Meskipun keberadaannya dapat kita jumpai, saat diperjualbelikan harganya cukup mahal. Anda dapat menemukan jenis burung ini di hutan terbuka, taman kota, kebun, hingga semak-semak.

Setelah disinggung sepintas ternyata burung ini memang menarik untuk diketahui. Berikut ini akan kami rangkumkan fakta unik Alap-Alap Australia untuk anda.

Jenis Makanan Alap-Alap Australia

Pertama kali yang akan kita bahas dari Alap-Alap Australia adalah jenis makanannya. Burung ini merupakan jenis hewan karnivora predator atau pemangsa.

Membuatnya terlihat unik karena ukuran tubuhnya yang kecil. Sehingga mendapatkan julukan si kecil pemangsa asal Australia.

Dalam mendapatkan makanannya, Alap-Alap Australia akan mencengkram mangsanya dengan kuat. Meskipun kecil, keahlian dalam berburu tidak diragukan lagi.

Saat hendak membidik mangsanya, akan terbang dengan manuver yang sangat cepat di udara. Pergerakannya lincah dan juga gesit.

Jenis makanannya berupa hewan-hewan kecil dan jenis serangga lainnya. Seperti Kumbang, Jangkrik, hewan mamalia, Kelelawar.

Tingkat Keberanian

Fakta unik Alap-Alap Australia selanjutnya dilihat dati tingkat keberaniannya. Meskipun memiliki tubuh yang kecil, tidak berarti takut dengan hewan lebih besar.

Alap-Alap Australia sering kali mengusik keberadaan burung yang lebih besar darinya. Seperti burung Elang dan Rajawali.

Alih-alih bukan ingin menantang untuk beradu. Namun hanya sekedar mengganggu saja. Ternyata burung yang satu ini cukup usil juga.

Morfologi Alap-Alap Australia

Dijuluki hewan pemasang terkecil di Australia, pasti anda sangat penasaran dengan ukurannya. Ya, Alap-Alap Australia memiliki ukuran tubuh 30-35 cm.

Karena ukurannya yang kecil, rentan sayap yang dimiliki hanya berkisar antara 66 hingga 87 cm. Ukuran tubuh betina lebih besar dibandingkan jantan.

Fakta unik Alap-Alap Australia dapat dilihat dari keindahan bulunya juga. Mulai dari lingkaran mata berwarna biru pucat, bulu kepala lebih gelap, sampai bulu leher pucat ke sisi tengkuk.

Selain itu, di bagian atas tubuhnya berwarna abu-abu. Sedangkan untuk tubuh bagian bawah berwarna merah karat dengan coretan tipis.

Sepintas terlihat, morfologi Alap-Alap Australia ini dapat memikat hati siapa saja yang memandangnya.

Reproduksi dan Konservasi

Sebagai pecinta burung yang bijak, kita tidak boleh memandang burung ini dari fakta uniknya saja. Kelangsungan hidup Alap-Alap Australia juga perlu diperhatikan.

Hal ini tidak lepas dari proses reproduksi dan adanya konservasi. Kedua aspek dari burung ini harus ditangani secara serius. 

Reproduksi

Musim kawin Alap-Alap Australia antara bulan Agustus hingga Januari. Awalnya burung akan membuat sarangnya terlebih dahulu.

Betina dapat mengeluarkan telur sebanyak 2 sampai 3 butir telur. Akan menetas setelah dierami kurang lebih 35 hari.

Fase reproduksi Alap-Alap Australia ini perlu diperhatikan. Pada saat reproduksi berlangsung jangan melakukan penangkapan.

Biarkan mereka tumbuh dan berkembang dengan baik sampai menjadi Alap-Alap Australia dewasa. Dengan begitu, populasinya tidak akan punah.

Konservasi

Terkait penanganan konservasinya tak begitu diutamakan. Pasalnya di Australia sendiri jumlah spesies burung ini masih banyak.

Untuk itulah Alap-Alap Australia terdaftar sebagai spesies sedikit perhatian. Hal ini dimuat pada lampiran ke 2 Badan Konservasi Perdagangan Internasional (CITES). Meskipun begitu, fakta unik Alap-Alap Australia harus kita jaga kelestariannya.