Cara Mengatasi Cucak Ijo Macet Bunyi Agar Kembali Gacor

Untuk anda yang hobby dalam memelihara pastinya sudah mengenal jenis burung kicauan yang berwarna hijau ini. Burung cantik yang banyak penggemarnya ini adalah burung cucak ijo.

Cucak hijau merupakan burung yang mudah berbunyi. Pada saat Anda baru membeli cucak hijau anakan, tidak lama kemudian burung ini akan bisa mengeluarkan suara kicauannya.

Cara Mengatasi Cucak Ijo Macet Bunyi
Cara Mengatasi Cucak Ijo Macet Bunyi

Cucak hijau dinilai memiliki karakter yang cukup labil. Emosinya terkadang juga naik-turun, serta gampang terkena rangsangan yang menjadikannya over birahi (OB).

Entah itu disebabkan oleh pakan maupun mendengar suara tertentu.Dan suatu saat, cucak hijau bisa menjadi sangat gacor. Akan tetapi di waktu lainnya, burung hanya bersuara semaunya.

Pada saat cucak hijau mendadak menjadi pendiam dan macet berbunyi, ternyata banyak faktor penyebabnya.

Sebelum mengetahui cara mengatasi cucak ijo macet bunyi, maka anda harus menetahui terlebih dahulu, apa factor yang menyebabkan burung cucak ijo peliharaan anda menjadi macet bunyi.

Penyebab Cucak Ijo Macet Bunyi

Penyebab Cucak Ijo Macet Bunyi 
Penyebab Cucak Ijo Macet Bunyi

1. Terkena infeksi pernafasan

2. Kondisinya saat itu sedang mabung

3. Gangguan pencernaan

4. Kalah dalam kompetisi

5. Dikagetkan secara tiba-tiba.

Faktor dan penyebab cucak ijo malas berbunyi yang disebut diatas mempengaruhi mental burung cucak Ijo sehingga menyebabkan macet bunyi.

Cara Mengatasi Cucak Ijo Macet Bunyi

Burung cucak ijo yang mengalami macet bunyi sebaiknya segera diatasi. Sebab jika tidak segera diatasi bisa saja burung cucak ijo peliharaan anda bisa langsung macet bunyi seterusnya.

Apabila burung cucak ijo peliharaan anda memiliki infeksi pernafasan maupun mengalami gangguan pencernaan, maka sebaik nya anda harus membawa nya ke dokter hewan atau yang sudah ahli dalam menanganinya.

Tak hanya itu saja, anda juga bisa konsultasi kepada penjual obat-obat burung di toko-toko burung dan anda bisa menanyakan apa obat yang cocok untuk mengatasi gangguan penyakit tersebut.

Burung cucak ijo juga memiliki rasa atau perasaan sama seperti manusia yang hendak di tempatkan di tempat yang asri,sejuk dan memiliki suasana yang tenang. Hal tersebut bertujuan untuk membuat jiwa, raga dan perasaan nya agar menjadi lebih tenang.

Cara mengatasi cucak ijo macet bunyi selanjutnya yaitu anda bisa melakukannya dengan memancing burung cucak ijo dengan suara asri seperti suara burung lain atau gemicrik air.

Pancingan suara alami itu sering disebut dengan terapi suara. Tujuannya agar burung tersebut dapat terkena rangsangan dan akan berbunyi kembali.

Berikan makanan yang bergizi supaya kesehatan nya baik dan kembali stabil. Berilah juga buah-buahan seperti halnya buah apel, buar peer, pisang dan lain sebagainya. Anda juga harus mengetahui racikan khusus pakan untuk burung cucak ijo.

Beri juga makan tambahan seperti jangkrik atau kelabang kecil dengan rutin. Supaya lebih efektif sebaiknya lakukan sesering mungkin di beri kelabang kecil. Dengan begitu biasa nya dalam kurang dari satu minggu burung akan kembali berbunyi lagi.

Penjemuran secara teratur juga termasuk cara mengatasi cucak ijo macet bunyi yang efektif. Dengan penjemuran di pagi hari yang teratur, bisa berdampak bagus untuk kesehatan burung peliharaan anda tersebut.

Kebersiahan kandang juga harus terus diperhatikan dan di jaga. Inilah sebenarnya penyebab yang kerap dianggap remeh dan mengakibatkan cucak ijo menjadi macet bunyi. Jagalah kebersihan kandang cucak ijo anda supaya burung cucak ijo peliharaan anda selalu sehat.

Cara mengatasi burung cucak ijo macet bunyi memang membutuhkan kesabaran, ketelatenan agar bisa kembali normal lagi.

Tinggalkan Komentar