Ini Dia Detail Perbedaan Burung Bayan Jantan dan Betina

Perbedaan burung bayan jantan dan betina sangat mudah dikenali. Tak seperti jenis burung lainnya yang memang sulit dibedakan antara mana yang jantan dan betina, burung bayan sangatlah mudah dibedakan. Hal ini dikarenakan warna bulunya saja sangat beda jauh.

hobbysatwa.blogspot.com

Jika anda perhatikan secara seksama, burung bayan jantan dan betina memiliki warna bulu yang beda. Dari kejauhan pun anda sudah bisa membedakan keduanya. Perbedaan warna bulu burung bayan jantan dan betina memang mencolok.

Perbedaan Burung Bayan Jantan dan Betina

Burung nuri bayan memiliki daerah persebaran di hutan dataran rendah, hutan bakau, savana dan perkebunan kelapa. Jenis burung ini bisa dengan mudah anda temukan di Maluku, Irian, Australia, Kepulauan Sunda Kecil, Papua Nugini dan Kepulauan Solomon.

Setidaknya ada 9 subspesies burung nuri bayan yang tinggal di alam liar dan tersebar di pulau-pulau tersebut. Sementara untuk pakannya, burung nuri bayan menyukai buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan. Jenis pakan yang bisa diberikan ke burung nuri bayan sama seperti jenis burung paruh bengkok lainnya.

Perlu diketahui, jenis burung nuri bayan ini sering bersarang di dalam lubang pohon. Khususnya pohon yang tinggi dan batangnya besar. Untuk jenis burung bayan betina biasanya menetas sebanyak dua butir telur yang warnanya putih.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengajak anda mengulas mengenai perbedaan burung bayan jantan dan betina selengkapnya. Pastikan anda menyimaknya sampai selesai untuk lebih mengenal burung bayan jantan dan betina.

Burung Bayan Jantan

youtube.com

Burung nuri bayan atau yang juga dikenal dengan sebutan eclectus parrot (eclectus roratus) memiliki ukuran sedang. Jenis burung ini mempunyai panjang tubuh berukuran 38cm dengan berat 375-550gram. Tampilan burung bayan jantan dan betina memang sama-sama mencuri perhatian.

Seperti yang telah sedikit disinggung di atas, burung bayan jantan dan betina memiliki perbedaan dalam hal warna bulunya. Burung nuri bayan jantan memiliki bulu dengan dominan warna hijau. Warna hijau ini tampak menutupi bagian tubuh secara menyeluruh.

Sementara untuk bagian perut dan sayapnya terlihat berwarna merah. Selain itu, ada juga warna biru yang ada di bagian bawah sayap. Perpaduan beragam warna yang melingkupi burung bayan jantan membuat tampilannya sangat mengesanan.

Perlu diketahui, burung bayan jantan juga memiliki warna jingga kemerahan di bagian paruhnya. Sedangkan untuk ujung paruhnya berwarna kuning. Beranjak ke bagian kakinya, burung bayan jantan menerapkan warna abu-abu kehitaman.

Burung Bayan Betina

Beralih ke burung bayan betina, bulunya didominasi dengan warna merah. Warna bulu pada burung bayan betina jelas kontras dengan warna bulu burung bayan jantan. Dengan menerapkan warna merah, bulu burung bayan betina tampak cantik dan memanjakan mata.

Selain warna merah, burung bayan betina ini juga memiliki warna biru keunguan. Warna ini bisa anda lihat di bagian bulu dada, sayap bagian bawah dan punggungnya. Sementara untuk bagian sayapnya terlihat menerapkan warna hitam.

Tampilan burung bayan betina tampak cantik karena warna bulunya yang mengagumkan. Semakin tambah cantik lagi karena burung bayan betina memiliki sayap yang panjang. Bahkan sayapnya ini berbentuk membundar. Tak hanya bagian sayap yang indah, burung bayan betina juga memiliki ekor yang bentuknya menyegi.

Perbedaan burung bayan jantan dan betina memang mudah ditemukan. Dengan begitu, anda bisa lebih mudah dalam memilih jenis burung bayan untuk dipiara. Apakah anda ingin pelihara bayan jantan, bayan betina atau bahkan keduanya.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.