Inilah Ragam Manfaat Terapi Pengembunan Untuk Burung Kicauan

Mememelihara burung kicauan adalah kesenangan tersendiri bagi sebagian besar orang yang merupakan pecinta burung kicau. Berbagai macam cara dilakukan untuk mendapatkan hasil yang terbaik untuk burung yang dipeliharanya. Salah satu perawatan yang sering diberikan untuk burung kicauan yaitu terapi pengembunan. Manfaat terapi pengembunan untuk burung kicauan ini cukup banyak.

jitunews.com

Akan tetapi, bagi sebagian besar orang yang masih pemula, perawatan burung dengan melakukan terapi pengembunan ini masih bisa dikatakan cukup asing. Menurutnya ini adalah perawatan yang unik yang diberikan kepada burung peliharaan.

Manfaat Terapi Pengembunan Untuk Burung Kicauan

Perlu anda ketahui, pengembunan yang diberikan untuk burung kicauan bisamemiliki dua kategori. Diantaranya yaitu pengembunan yang dilakukan di pagi hari dan malam hari. Dua proses pengembunan tersebut ternyata memiliki manfaat yang berbeda-beda juga. Berikut ini adalah manfaat terapi pengembunan untuk burung kicauan.

Pengembunan Pagi Hari

burungpinter.com

Jika pengembunan dilakukan pada saat pagi hari, untuk waktu pengembunannya yaitu bisa dimulai sekitar jam 5 sampai matahari terbit. Untuk anda yang ingin melakukan pengembunan, maka lakukanlah pada saat cuaca sedang cerah. Jangan melakukannya pada saat hujan maupun saat gerimis.

Sedangkan tanda jika burung bisa dilakukan terapi ini jika burung anda mengalami permasalahan mental. Misalnya saja seperti drop, kurang gacor, macet berkicau, kurang fighter. Selain itu juga memiliki sifat galak, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika anda semua melakukan pengembunan pada saat pagi hari, maka akan membuat burung terasa seakan-akan sedang berada dalam suasana alam yang bebas dan liar. Dengan demikian, burung bisa merasa terpacu naluri alamnya untuk mengeluarkan suara kicau serta mengeluarkan fighternya.

Tak hanya itu saja, suasana pagi adalah saat-saat dimana burung akan aktif berkicau di alam bebas. Itu semua dilakukan karena burung tersebut ingin menunjukkan jati diri serta keberadaannya.

Bisa juga untuk menunjukkan wilayah teritorial yang menjadi daerah kekuasaannya. Manfaat terapi pengembunan untuk burung kicauan jika dilakukan pada saat pagi hari yaitu bisa menyembuhkan permasalah birahi burung kicauan tersebut

Pengembunan Petang atau Malam Hari

Terapi pengembunan untuk burung kicauan juga bisa dilakukan pada saat malam hari. Pengembunan ini bisa anda terapkan saat sesudah maghrib sampai jam sembilan malam. Untuk langkahnya anda dapat memandikan burung anda terlebih dahulu. Selanjutnya, diembunkan.

Anda juga bisa langsung mengembunkan burung kicauan anda tanpa mandi. Untuk burung yang memerlukan dilakukan pengembunan ini yaitu jenis burung-burung yang over birahi. Burung yang over birahi biasanya burung menjadi nyerang tangan.

Terkadang juga burung tersebut mengejar orang yang lewat atau bahkan mungkin salto jika burung tersebut burung Cendet. Kemudian, pada kacer mungkin salah satunya ditunjukkan dengan cara membuang pakan yang ada. Terkadang perilaku kacer mbagong juga akan ditampakkan.

Apabila burung yang anda pelihara mengalami hal yang seperti ini, maka anda semua bisa melakukan terapi embun ini. Manfaat terapi pengembunan untuk burung kicauan pada saat malam hari ini bisa menjadikan birahi burung anda menjadi lebih stabil.

Terapi pengembunan untuk burung kicauan yang baik dilakukan di tempat terbuka. Jadi, burung peliharaan anda bisa benar-benar merasa berada di alam bebas. Jika anda khawatir keamanan burung, maka anda bisa melakukan terapi nini di dekat rumah anda dan diawasi. Atau di tempat yang sekiranya memiliki suasana yang tenang seperti suasana alam tersebut.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar