Cara Merawat Cucak Ijo Agar Ngentrok pada Saat Lomba

Memelihara burung cucak ijo untuk dilombakan pastinya harus lebih teliti lagi dari pada cucak ijo yang biasa. Untuk cucak ijo yang akan dilombakan biasanya memiliki gaya ngentrok.

Ngentrok merupakan salah satu ciri khas yang dimiliki oleh burung cucak ijo. Pecinta burung cucak ijo menilai jika gaya itu berbanding lurus dengan performa suara yang dimiliki.

Sebenarnya, burung cucak ijo yang ngentrok termasuk ekspresi kejiwaan. Cucak ijo ngentrok diartikan seperti kondisi emosional burung dan tak begitu terpengaruh oleh kondisi birahi.

Sehingga untuk gaya tarian berbeda yang pada umumnya dilakukan beberapa jenis burung lainnya. Contohnya burung kacer gaya ngobra dan buka ekornya, murai batu dengan menaikturunkan bagian ekornya, dan masih banyak lagi contoh yang lainnya.

Burung Cucak Ijo Ngentrok

Burung Cucak Ijo Ngentrok
kitakicaukan.blogspot.com

Untuk jenis burung cucak ijo, gaya ngentrok ini merupakan suatu kondisi emosi yang begitu tinggi. Kemudian, pada umumnya juga dipengaruhi faktor pakan dan perawatan yang diberikan pada burung tersebut

Bahkan, untuk gaya ngentrok tidak hanya keluar saat di lapangan. Sebab, di rumah pun pada saat sendiri, cucak ijo juga dapat ngentrok. Cara merawat cucak ijo agar ngentrok pun juga sudah banyak diterapkan oleh pemelihara.

Tidak seluruh burung cucak ijo punya gaya ngentrok beserta gaya ngejambulnya yang sangat khas. Terkadang juga bisa tampil lebih optimal pada waktu lomba, walaupun tidak ngentrok. Akan tetapi, bukan berarti cucak ijo ngentrok ini tidak dapat dilatih atau diajarkan pada burung.

Burung cucak ijo ngetrok secara alami punya karakter tersebut. Akan tetapi, untuk memunculkan potensi itu disesuaikan dari kondisi serta karakter burung itu sendiri.

Jika karakter burung, mungkin cukup diketahui dan dipahami oleh pemelihara burung tersebut. Namun, jika menai ngekondisi, semua harus disesuaikan dengan pemeliharanya yang mampu menciptakan kondisi tersebut.

Cara Merawat Cucak Ijo Agar Ngentrok Saat Lomba

Cara Merawat Cucak Ijo Agar Ngentrok Saat Lomba
ocehan-kenari.blogspot.com

Untuk cara merawat cucak ijo agar ngentrok ini pastinya bisa dilakukan melalui beberapa cara atau perawatan. Diantaranya yaitu dengan mengatur extra fooding (EF) dengan cara yang tepat.

Kemudian untuk hal ini, jangkrik serta ulat bamboo adalah kunci sukses untuk membuat cucak ijo anda ngentrok. Karena, jenis pakan ini ada keterkaitan, di mana yang satu bisa menaikkan birahi, sedangkan yang satunya untuk meredam birahi. Dengan begitu, keadaan birahi akan menjadi terkontrol serta bisa stabil.

Cara merawat cucak ijo agar ngentrok sebelum lomba ini semuanya tergantung dari karakter yang dimiliki burung tersebut. Karena, apabila dipaksakan, gaya ngentrok justru dapat menurunkan kualitas suara kicauannya.

Setingan Cucak Ijo Ngentrok Saat Lomba

Berikut ini merupakan cara merawat cucak ijo agar ngentrok saat lomba yang bisa anda coba terapkan:

Pada saat H-3 sebaiknya burung mandi dan jemur seperti perawatan hariannya. Akan tetapi, untuk porsi jangkrik bisa diberikan sebanyak tiga kali lebih banyak jika dibandingkan yang biasanya. Selain itu, berikan sebanyak 3 ekor ulat hongkong.

Lalu saat H-1 sebainya burung tetap mandi dan juga dijemur dan EF tetap sama. Setelah dijemur, sebaiknya burung langsung difull kerodong sampai pagi ketika akan lomba.

Lalu ketika akan lomba, maka sebaiknya burung disiapkan ke lapangan, tanpa mandi dan jemur. Hanya saja anda perlu membersihkan kandang dari kotoran dan sisa pakan.

Berikan buah apel dan juga serangga berupa ulat bamboo atau ulat hongkong sebanyak 3 ekor. Cara merawat cucak ijo agar ngentrok ini memang harus dilakukan dengan lebih teliti.

Tinggalkan Komentar