Penyebab Cara Mengatasi Cucak Ijo Sering Didis di Arena Lomba

Penyebeb dan cara mengatasi Cucak Ijo sering didis di arena lomba harus segera diketahui dan segera diatasi. Didis atau menyisir bulu ini termasuk salah satu permasalahan yang ada pada setiap burung. Yang mana burung selalu terlihat menyisir bulu. Dan ini termasuk kendala saat burng ada di lapangan.

Tidak hanya pada burung Cucak ijo saja, permasalahan ini juga sering dialami oleh setiap jenis burung. Cucak ijo juga termasuk jenis burung yang bisa dikatakan susah dalam merawat karena harus dirawat dengan telaten dan juga teliti.

Cara Mengatasi Cucak Ijo Sering Didis di Arena Lomba

youtube.com

Cucak ijo didis bisa saja terjadi kurangnya rasa nyaman pada burung dalam perawatannya. Maka dari itu, sebaiknya carilah setingan yang benar-benar cocok dengan karakter burung Cucak Ijo anda supaya tidak mengakibatkan didis. Didis pada saat lomba bisa mengakibatkan masalah-masalah yang bisa membuat burung anda kalah, salah satunya yaitu ngetem.

1. Kontrol Birahi Burung

Penyebab utama dari burung Cucak ijo didis yaitu birahi yang terlalu tinggi. Sebab over birahi, burung ini kerap menarik bulu-bulunya bahkan saat berada di arena lomba.maka dari itu, batasi pemberian EF peningkat birahi yang dapat menjadikan over birahi.

Tak hanya itu saja, pemberian EF yang menurunkan birahi sangat dibutuhkan apabila terlalu over birahi. Memang birahi tinggi dinilai menguntungkan pada saat lomba. Akan tetapi kelebihan bisa saja mengakibatkan kelakuan seperti didis dan juga ngetem ini.

2. Sering Dimandikan

masterburung.info

Pemandian memang mempunyai banyak sekali manfaat, terlebih untuk kebersihan burung Cucak ijo. Dengan mandi, kutu yang bersarang pada bulu burung bisa segera akan keluar dan pergi untuk selamanya.

Tak hanya itu saja, mandi dapat membantu untuk menyehatkan bulu Cucak ijo tersebut. Untuk metode mandinya juga bisa anda sesuaikan sendiri. Bisa dilakukan dengan cara disemprot, dibasahi akan tetapi tidak sampai basah kuyup.

Bisa juga dimandikan dengan tangan anda secara lemah lembut. Untuk cara yang seperti ini akan mengatasi cucak ijo didis saat lomba.

3. Merawat Bulu Burung Cucak Ijo

Bulu yang bagus dan terawat pastinya juga dinilai sangat baik untuk kesehatan burung. Bulu yang kering bisa menjadikan burung tak merasa nyaman pada waktu lomba.

Untuk mengatasi burung yang punya masalah bulu kering yaitu meningkatkan nutrisi dan vitamin yang dapat menyehatkan bulu si burung. Anda dapat memandikannya dengan menggunakan shampo yang dapat membantu untuk tidak menjadikan bulu burung kering dan rontok. Tak hanya itu saja, perawatan lain juga bisa sangat membantu seperti halnya penjemuran serta proses mandi.

4. Penjemuran

Penjemuran memang mempunyai banyak khasiat untuk burung kicauan. Diantaranya yaitu membantu dalam merontokkan setiap kutu. Selain itu juga bisa membantu menguatkan bulu-bulu burung supaya tak mudah rontok.

Pemandian yang baik pada umumnya dilakukan sekitar 1 sampai dengan 2 jam dan baik dilakukan sebelum jam 11 siang. Akan tetapi harus diingat, penjemuran yang terlalu lama juga dapat menjadikan burung menjadi tak sehat baik untuk tubuh maupun untuk bagian bulunya.

5. Menghilangkan Kutuan

Cucak Ijo yang sering didis di arena lomba biasanya kutuan. Dalam mengatasi masalah kutuan ini terdapat banyak sekali caranya. Antara lain yaitu dengan memakai shampoo khusus untuk pengusir kutu.

Bisa juga dengan melakukan penjemuran, sering dimandikan, dan dukungan dari nutrisi vitamin. Tak hanya itu saja , kutuan juga dapat disebabkan karena kurangnya kebersihan kandang burung tersebut.

Tinggalkan Komentar