Home » Kabar Burung » Mengetahui Ciri Khas Burung Hwamei Mini Dengan Suaranya yang Gacor

Mengetahui Ciri Khas Burung Hwamei Mini Dengan Suaranya yang Gacor

Salah satu jenis burung kicauan bertubuh mungil yang memiliki suara kicauan yang merdu adalah burung hwamei. Ukuran tubuhnya kecil seperti halnya burung prenjak atau burung cimblek.

Hwamei (wambi) ini termasuk salah satu jenis burung tipe petarung yang pernah berjaya di masa lalu. Dan untuk saat ini burung ini justru lebih sering dilombakan secara fisik atau banyak diadu.

Burung hwamei atau burung wambi ini memiliki suara kicauan yang terdengar sangat kencang, dan juga bervariasi.

Namun, ternyata ada juga salah satu jenis burung yang memiliki suara ocehan mirip dengan hwamei, akan tetapi untul posturnya lebih mungil. Namanya adalah burung hwamei mini atau spot-throated babbler (Pellorneum albiventre).

Perlu anda ketahui, jika Spot-throated babbler ini termasuk salah satu dai spesies burung yang merupakan dalam keluarga Timaliidae, sub keluarga Pellorneidae, dengan genus Pellornium.

Sampai sekarang ini sudah tercatat ada 71 spesies burung pada keluarga Timaliidae, termasuk juga jenis burung pelanduk atau kaso-kaso yang ada di Indonesia.

Ciri Khas Burung Hwamei Mini

ayuwat.wordpress.com

Jika dilihat sekilas, ciri khas burung hwamei mini atau spot-throated babbler juga memiliki kemiripan dengan jenis burung pelanduk. Akan tetapi, apabila ditelusuri lebih jauh memang ciri khasnya berbeda.

Burung pelanduk yang ada di Indonesia pun juga sangatlah beragam, contohnya saja pelanduk dada putih (Trichastoma rostratum). Selain itu juga ada burung pelanduk ekor pendek (Malacocincla malaccensis). Masih ada lagi burung pelanduk kalimantan (Malacocincla perspicillata).

Burung hwamei mini ini termasuk salah satu jenis burung penetap, alias tidak pernah melakukan migrasi dalam jarak cukup jauh. Maksimal yaitu hanya terbang dalam radius kurang dari 20.000 km dari tempatnya yang digunakan untuk bersarang.

Untuk burung ini juga gemar sekali dan juga mendiami hutan hujan tropis dan subtropis, serta derah berbukitan serta di pinggiran hutan. Ciri khas burung hwamei mini ini ukurannya kecil.

Burung hwemei mini juga termasuk salah satu burung yang populer di daerah Singapura, Malaysia, dan juga di daerah Thailand. Jenis burung ini juga termasuk salah satu jenis burung yang banyak dicari dan disukai disana.

Tidak hanya karena ciri khas burung hwamei mini yang indah, burung hwemei mini ini juga banyak disukai sebab suara kicauannya yang nyaring dan merdu.

Walaupun bentuk dari tubuhnya mungil, namun untuk masalah suara dari burung ini juga diketahui sangat lantang dan bervariasi. Dengan demikian banyak pencinta burung yang menjadikan suara burung ini sebagai suara master.

Suara Burung Hwamei Mini

ebird.org

Burung hwamei mini ( spot throated babbler) ini memang masih sangat sulit untuk didapatkan di kawasan Indonesia. Masih jarang juga para pencinta burung kicauan yang ada di Indonesia yang memiliki dan memelihara burung mungil bersuara merdu ini.

Akan tetapi, untuk anda semua yang ingin menjadikan burung ini untuk dijadikan burung master sebaiknya tidak perlu khawatir. Hal ini disebabkan suara dari burung hwemei mini ini juga dapat dalam bentuk suara mp3.

Sciri khas burung hwamei mini dengan suara yang bagus ini memang banyak diincar oleh para pecinta burung kicauan untuk dijadikan sebagai burung masteran.

Selainitu, suara dari burung ini juga dapat dijadikan untuk suara terapi bagi burung yang macet berbunyi. Tak hanya itu saja, bunyinya yang terdengar sangat nyaring dan bervariasi menjadikan suara burung ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai suara pemancing kicauan jenis burung kicauan yang lain.

Tinggalkan Komentar