Ciri Khas Burung Cucak Rumbai Tungging dan Daerah Persebarannya

Jenis burung cucak-cucakan yang ada di alam ini ternyata cukup banyak. Salah satu burung jenis cucak-cucakan yang bisa anda ketahui yaitu burung Cucak Rumbai Tungging. Ciri khas Cucak Rumbai Tungging ini cukup mirip dengan burung Cucak Jenggot.

Burung Cucak Rumbai Tungging adalah salah satu jenis burung cucak-cucakkan yang keberadaannya hanya terdapat di beberapa kawasan negara Asia Tenggara. Tak hanya itu saja, burung yang karakteristiknya ada kemiripan dengan burung Cucak Jenggot ini mempunyai kicauan yang lumayan merdu.

Burung Cucak Rumbai Tungging
hbw.com

Suara kicauan yang dikeluarkannya juga enak sekali untuk diperdengarkan. Akan tetapi, perlu anda ketahui jika status burung Cucak Rumbai Tungging saat ini sama halnya seperti jenis burung cucak-cucakkan lainnya. Burung ini sudah terancam punah.

Daerah Persebaran Burung Cucak Rumbai Tungging

Burung Cucak Rumbai Tungging (Pycnonotus Eutilotus) ini merupakan salah satu dari jenis burung yang keberadaannya terbatas di beberapa negara saja. Diantaranya seperti Negara Indonesia, Malaysia, Thailand, serta di Myanmar.

Tak hanya itu saja, apabila di Indonesia habitat burung Cucak Rumbai Tungging hanya ada di daerah Sumatera dan juga di Kalimantan. Sedangkan apabila di alam liar kehidupan burung cucak ini kerap ditemui di dataran rendah yang mendiami hutan sekunder.

Burung ini juga biasa dijumpai di pinggiran hutan yang keberadaannya jauh dari pemukiman penduduk. Dan ketika mencari makanan pada umumnya burung Cucak RumbaiTungging ini akan memburu beragam serangga kecil serta makanan berupa buah-buahan.

Ciri Khas Burung Cucak Rumbai Tungging

Ciri khas burung Cucak Rumbai Tungging jika dilihat sekilas memang mirip dengan burung Cucak Jenggot. Akan tetapi, pada burung Cucak Rumbai Tungging tidak memiliki jenggot yang ada di bawah dagunya saat berkicau.

Ciri khas burung Cucak Rumbai Tungging pada bagian atas kepalanya yaitu memiliki jambul dengan ukuran agak tinggi yang memiliki warna cokelat agak keabu-abuan.

Ciri Khas Burung Cucak Rumbai Tungging
orientalbirdimages.org

Untuk warna tubuh yang ada di bagian atas biasanya memiliki cokelat tua tepatnya di bagian punggung, sayap, serta pada bgaian ekornya. Kemudian ciri khas burung Cucak Rumbai Tungging ini di bagian bawah tubuhnya mulai dari tenggorokan, dada, dan perut sampai dengan batas pangkal ekor berwarna keputihan agak kehitaman.

Lalu untuk bagian ekornya yaitu berukuran sedang yang terdiri atas beberapa lembar bulu. Kemudian untuk bagian matanya juga terlihar berwarna merah darah dengan pupil yang warnanya hitam pekat.

Kicauan Burung Cucak Rumbai Tungging

Ciri khas burung Cucak Rumbai Tungging dari segi kicauannya yaitu burung Cucak Rumbai-Tungging memiliki suara yang terdengar merdu. Suara yang dikeluarkan juga memiliki nada yang agak melengking.

Untuk suara kicauannya juga terdengar memang monoton dengan mengulanginya secara terus menerus. Meskipun begitu, kicauan yang dikeluarkan oleh burung Cucak Rumbai Tungging ini memiliki tempo yang agak rapat dan terdengar hampir mirip seperti crecetan.

Dengan kicauan melengking yang dikeluarkan ini sangatlah cocok jika dijadikan suara masteran untuk burung kicauan yang akan menguasai tipe suara seperti burung Cucak Rumbai Tungging.

Populasi Burung Cucak Rumbai Tungging

Populasi burung Cucak Rumbai Tungging ini ternyata sudah terancam punah. Akan tetapi, kepunahan yang mengancam burung ini dipengaruhi karena terbatasnya daerah persebaran yang hanya ada di kawasan Kalimantan.

Faktor lain yang mengakibatkan burung ini terancam punah yaitu hutan yang ditinggalinya mengalami kerusakan yang serius sampai berdampak dalam pengurangan populasi burung Cucak Rumbai Tungging.

Tinggalkan Komentar