Mengetahui Cara Membedakan Hwamei China dan Taiwan Paling Mudah

Banyak sekali orang yang belum mengetahui bagaimana cara membedakan hwamei China dan Taiwan. Hal ini disebabkan performa dan juga gaya tarung yang ada di lapangan pun beda. Saat ini, di Indonesia jarang ditemukan ada yang menjual burung wambi atau hwamei ini di pasaran

Apabila para pecinta burung kicauan semua hanya mengetahui burung wambi atau hwamei hanya berasal dari China saja. Akan tetapi, perlu anda ketahui, jika banyak sekali burung hwamei yang berasal dari Taiwan.


Cara membedakan burung hwamei China dan Taiwan

flickr.com

Dan mengenai perbedaan, ini adalah cara membedakan burung hwamei China dan Taiwan serta perbedaan yang lain antara kedua burung ini. Apabila diamati secara sekilas, mungkin anda akan kesulitan dalam membedakan burung hwamei China serta Taiwan.

Cari Tau Nama Ilmiahnya

Cara membedakan hwamei China dan Taiwan yang pertama yaitu mencari tau nama ilmiahnya. Kedua jenis burung ini meskipun sekilas terlihat sama pada bentuk fisiknya namun ternyata nama ilmiahnya juga berbeda.

Untuk burung Hwamei China diantaranya nama ilmiah Garullax Cannorus. Kemudian untuk burung hwamei asal Taiwan jika secara ilmiah dinamakan dengan Garullax Taewanus.

Tak hanya itu saja, hwamei China ini juga populer memiliki nama Chinesse Hwamei dan juga Melodius Lughingthrush. Kemudian untuk hwamei Taiwan juga dikenal dengan sebutan lain, diantaranya Leucodioptron Taewanum.

Perhatikan Area Matanya

flickr.com

Untuk cara membedakan hwamei China dan Taiwan yang selanjutnya yaitu bisa anda perhatikan dari area mata burung hwamei tersebut.

Burung hwamei China mempunyai strip yang ada di bagian mata yang menyerupai alis. Kemudian untuk strip tersebut berwarna putih serta posisinya melingkar pada bagian mata dan juga memanjang ke belakang. Hwamei artinya alis, jadi sangat cocok dengan nama yang dimilikinya

Sedangkan untuk jenis burung hwamei Taiwan anda tidak akan menemukan ciri ini. Maka dari itulah, terdapatnya strip berwarna putih yang mirip seperti alis ini merupakan perbedaan antara hwamei China dan Taiwan yang paling mencolok dan paling terlihat. Itulah salah satu cara agar anda dapat digunakan untuk membedakan mana burung hwamei atau wambi yang berasal dari Taiwan dan China.

Perhatikan Warna Bulu

Cara membedakan hwamei China dan Taiwan yang selanjutnya selain adanya strip berwarna putih di bagian mata hwamei China yang menjadi perbedaan paling mencolok, yaitu melihat warna bulunya.

Apabila diamati secara seksama anda akan memperoleh warna bulu yang berbeda antara dari kedua jenis burung ini.

Pada burung hwamei Taiwan anda akan menjumpai bulu yang berwarna abu-abu kecoklatan. Tak hanya itu saja, burung hwamei Taiwan juga terlihat mempunyai garis-garis gelap yang ada pada bagian tengkuk serta mahkotanya dengan menyeluruh.

Kemudian untuk bulu burung hwamei China terlihat mempunyai warna seperti warna karat. Yang mana untuk warnanya coklat kemerahan. Yak hanya itu saja, warna bulu pada burung hwamei China ini juga cenderung lebih terang dari pada dengan hwamei Taiwan.

Amati Ukuran Tubuhnya

Cara membedakan hwamei China dan Taiwan yang selanjutnya dengan mengamati ukuran tubuhnya. Perlu anda ketahui, jika ukuran tubuh antara kedua burung ini tidak ada perbedaan yang signifikan.

Burung hwamei baik itu yang berasal dari China maupun Taiwan pada umumnya mempunyai ukuran tubuh sekitar 20 sampai dengan 25 sentimeter panjangnya. Akan tetapi, burung hwamei China biasanya juga terlihat lebih gempal dan berisi dari pada dengan burung hwamei Taiwan.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar