7 Macam Cara Membuat Lovebird Cepat Bertelur Terbukti Ampuh

Burung lovebird merupakan salah satu jenis burung yang banyak diminati untuk menjadi burung peliharaan. Di samping mempunyai bentuk badan yang indah dan cantik, burung ini banyak dipelihara karena punya kicauan yang bagus. Karena itu, banyak orang yang menangkarkan burung lovebird ini sendiri. Tapi kalau anda ingin menangkarkan nya sendiri tentunya anda harus tahu bagaimana cara membuat lovebird cepat bertelur.

Saat berada di alam liar, lovebird mudah sekali untuk bertelur dan juga mengeram. Ini bisa terjadi terus-menerus selama indukan masih dinilai produktif. Tapi kenapa saat di dalam kandang penangkaran lovebird kesulitan untuk bertelur. Untuk itu, anda harus tahu bagaimana cara membuat lovebird cepat bertelur.

Begini Cara Membuat Lovebird Cepat Bertelur

betabicara.com

Sudah banyak orang merasa yang tertarik memelihara sepasang burung lovebird. Hal ini tentu saja tak lepas dari pesona keindahan burung ini. Mengapa sepasang? sebab lovebird adalah burung cinta.  Terlebih lagi cara memelihara burung lovebird tergolong mudah. Burung jenis ini dengan semua jenis cuaca, namun kondisi alam yang lebih disukai adalah lahan kering dan iklim yang panas.

1. Pasang Glodok Atau Sarang Kotak

Sarang kotak atau yang sering disebut glodok adalah tempat lovebird untuk meletakkan telur dan juga mengeraminya. Oleh sebab itu, anda harus perhatikan beberapa ukuran glodok dan juga tata letak yang tepat supaya lovebird betina bisa cepat bertelur.

Glodok menjadi kandang khusus yang sering dipakai dalam pemeliharaan lovebird. Sebab di habitat aslinya lovebird punya sifat alami untuk membentuk sarang dan juga mengerami telurnya. Seperti di lubang-lubang yang ada di pohon. Dengan begitu, glodok menjadi kandang buatan yang dibuat menyerupai habitat alami burung lovebird.

Sebaiknya ukuran glodok tidak terlalu besar atau tidak terlalu kecil. Buat ukuran yang pas sesuai ukuran tubuh burung lovebird. Lubang pintunya juga jangan terlalu besar, tetapi disesuaikan dengan ukuran tubuh burung lovebird ini.

Biasanya luas ukuran ruangan bagian dalam tidak terlalu luas dan tidak terlalu sempit. Serutan kayu yang ada di dalam kotak memiliki ketebalan 2,5 cm karena lovebird umumnya akan menyusun sarang kembali.

2. Pilih Indukan Lovebird yang Tepat

Setelah mempersiapkan tempat, langkah selanjutnya memilih indukan betina dan juga jantan yang siap untuk dilakukan perkembangbiakan. Dalam hal ini, hal yang paling sulit adalah membedakan antara lovebird jantan dan betina. Untuk pemula, pasti sangat sulit bahkan memerlukan latihan khusus saat ini membedakan jenis kelamin burung lovebird.

Indukan yang bagus dan berkualitas bisa membuat keturunan yang dihasilkan juga bagus. Sebaiknya anda pilih indukan yang tidak abnormalitas, sehat, gerakannya aktif, nafsu makannya meningkat dan reproduksi yang dihasilkan terbilang bagus.

Jika anda ingin menghasilkan telur dengan cepat, maka anda bisa memilih indukan lovebird yang sudah siap dikawinkan. Dengan begitu, anda tidak perlu menunggu lama. Indukan lovebird yang siap dikawinkan biasanya memiliki usia ideal 1 tahun.

3. Persiapan Perjodohan

Sebelum proses perkawinan dan perkembangbiakan burung lovebird dimulai, terlebih dahulu harus dilakukan proses perjodohan. Proses ini adalah dimana anda mengenalkan indukan jantan dan betina yang sudah dipilih. Dekatkan 2 jenis indukan supaya dapat lebih akrab dan mengenal satu sama lain.

Anda bisa menempatkan pasangan lovebird lain di dalam satu ruangan tapi beda kandang. Cara ini terbilang efektif, sebab suara lovebird betina lainnya yang bertelur bisa memancing lovebird betina yang belum bertelur agar segera kawin dan juga bertelur.

Anda bisa melakukan penjemuran indukan lovebird jantan dan betina bersamaan. Karena ini bisa mempercepat proses perjodohan. Tapi sebaiknya sebelum dilakukan proses ini anda tidak mencampur semua burung lovebird dalam satu kandang. Hal ini bisa memicu perkelahian. Burung lovebird umumnya suka menyerang daerah kaki sampai timbul kecacatan atau luka pada bagian kakinya.

4. Menghangatkan Kandang Dengan Lampu

Disini lampu yang dipakai adalah lampu full spektrum, karena lampu ini dipercaya bisa membantu lovebird untuk merasa hangat dan nyaman. Dengan begitu, lovebird bisa bertelur dengan cepat. Lampu full spektrum punya suhu 5500 k dan punya warna cahaya yang mirip dengan sinar matahari.

Lampu ini sangat baik untuk kesehatan dan semua jenis burung termasuk burung lovebird. Anda dapat menempatkannya pada bagian atas kandang dan dapat mengatur kapan lampu tersebut dinyalakan. Sebaiknya lampu dimatikan pada waktu malam hari supaya burung merasa dia berada di alam liar.

5. Ganti Pakan dan Minum Lovebird

ramesia.com

Lovebird betina yang tidak juga bertelur dapat disiasati dengan mengubah menu makannya. Contohnya memberikan makanan yang bisa memicu hormon dari lovebird betina. Supaya lebih cepat bertelur ada beberapa makanan yang disarankan seperti biji kuaci, tulang sotong, kangkung dan tauge.

Tulang sotong dibutuhkan untuk lovebird betina agar memiliki persediaan cukup yang dibutuhkan. Dalam proses pembungkusan sel telur oleh cangkang atau bahan kerabang yang ada dalam oviduct.

Pemberian satu sendok kuaci setiap dua kali sehari bagus sekali untuk lovebird yang sedang Atau belum bertelur. 

Setelah itu, untuk minumnya juga harus diperhatikan. Sebaiknya minuman lovebird setiap hari diganti baru. Disamping itu, bersihkan juga tempat minumnya dengan digosok memakai sikat gigi. Kemudian dibilas dengan air bersih dan disemprot menggunakan sprayer.

Jika sudah bersih, lalu beri minum berupa aqua galon atau air sumur yang tidak berbau besi atau air yang berlumpur. Bila air sumur nya kotor, anda bisa menggunakan air galon isi ulang untuk mengisi minumnya.

6. Beri Suplemen Tambahan Untuk Lovebird

Untuk merangsang birahi burung lovebird bisa diberikan suplemen tambahan. Anda bisa memberikan suplemen berupa ebod breeding yang dapat merangsang birahi juga bisa memperbaiki kualitas telur.

Dengan memberikan suplemen ebod breeding dapat meningkatkan birahi dari lovebird jantan dan juga lovebird betina. Selain itu juga akan meningkatkan kualitas telurnya. Kesehatan anakan lovebird yang baru menetas juga akan terjaga dengan pemberian suplemen ini.

Di samping menggunakan ebod breeding, anda juga bisa menggunakan BirdMature yang dipercaya bisa meningkatkan birahi dari burung lovebird jantan dan betina. Bahkan sejak awal perjodohan sampai lovebird bertelur.

Disamping itu, dengan suplemen ini juga bisa meningkatkan persentase telur fertil juga daya tetas telur yang meningkat. Suplemen ini juga bisa membantu menjaga kesehatan anakan lovebird yang baru saja menetas.

7. Jauhkan Lovebird Dari Gangguan Hewan Lain

Saat anda melakukan ternak lovebird, sebaiknya suasana sekitar kandang ternak burung lovebird harus aman dari gangguan hewan lain. Adapun gangguan hewan lain seperti tokek, tikus, kecoa, cicak, kucing, anjing, ular dan lain sebagainya. Bila anda ingin memperoleh suasana lingkungan yang nyaman untuk ternak lovebird, anda harus membebaskannya dari hewan-hewan tersebut.

Dengan melakukan berbagai macam tips yang sudah dibagikan di atas tadi, maka anda sudah  bisa menerapkan cara membuat lovebird  cepat bertelur. Dengan begitu, anda bisa menangkarkan lovebird sendiri di rumah dengan hasil yang memuaskan.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar