Home » Kabar Burung » Mengetahui Cara Merawat Hwamei Mabung Agar Gacor Kembali

Mengetahui Cara Merawat Hwamei Mabung Agar Gacor Kembali

Cara merawat Hwamei mabung penting sekali untuk diperhatikan agar suaranya bisa kembali gacor ketika masa mabungnya telah tuntas. Perlu kita ketahui, mabung merupakan keadaan bulu burung akan rontok selanjutnya akan berganti dengan bulu yang baru. Burung hwamei tentu saja juga akan mengalami masa mabung.

Untuk anda yang merupakan pemula dalam memelihara burung hwamei mungkin akan merasakan khawatir saat menghadapi burung hwamei yang sedang berada dalam masa mabung.

Maka dari itu, anda sebagai pemelihara harus bisa merawat burung peliharaan anda dengan sebaik mungkin. Perlu anda ketahui, jika perawatan burung mabung berbeda dengan merawat Hwamei harian.

Cara Merawat Hwamei Mabung

omkicau.com

Sebenarnya cara merawat hwamei mabung ini tidak terlalu sulit. Sama juga dengan burung jenis lain, burung hwamei pun ini memerlukan sedikit perhatian khusus pada saat masa mabung. Dantaranya adalah seperti berikut ini;

Menambah Porsi Makan

Ketika pada saat masa mabung, burung sangatlah memerlukan energi yang lebih banyak jika dibandingkan kebutuhannya sehari-hari. Maka dari itu, anda harus memberi tambahan dalam porsi makanan burung hwamei yang anda pelihara.

Porsi makanan yang sebaiknya anda tambah yaitu porsi pakan yang berupa EF atau extra food. Apabila sebelumnya porsi extra food yang diberikan yaitu 3×3, ketika dalam masa mabung, anda bisa mengubah porsi pemberian extra food menjadi 5×5. Hal ini bertujuan supaya pertumbuhan bulu baru bisa lebih sempurna.

Jangan Memandikan Burung

Ketika burung Hwamei mabung maka jangan dulu memandikan burung hwamei kesayangan anda. Sebab, apabila anda melakukan hal tersebut, justru proses mabung burung hwamei bisa menjadi terhambat.

Sehingga, bulu burung hwamei peliharaan anda tidak akan tumbuh dengan sempurna. Apabila telah tampak tanda-tanda bakal bulu baru yang tumbuh, anda baru dapat memandikan burung hwamei kesayangan anda.

Tak hanya itu saja, pada waktu sedang dalam masa mabung anda juga harus mengkondisikan burung tersebut dalam keadaan dikerodong.

Mengkarantina Burung

onkicaubaru.blogspot.com

Cara merawat hwamei mabung selanjutnya yaitu perlu dikarantina. Yang mana anda harus menjauhkan burung hwamei yang anda pelihara tersebut dari burung yang lainnya.

Hal ini bisa anda lakukan agar burung hwamei yang anda peliahara itu tidak merasa terganggu oleh burung lain. Baik itu dari burung yang sejenis maupun jenis yang berbeda jenis.

Lakukan Pemasteran

Dam ketika masa mabung ini merupakan waktu yang baik untuk melakukan pemasteran. Maka dari itu, cara merawat hwamei mabung selanjutnya perlu anda lakukan pemasteran.

Saat mabung anda perlu melakukan pemasteran karena pada masa mabung ini burung hwamei cenderung malas untuk bergerak. Dengan demikian, burung ini akan lebih cepat menangkap suara pemasteran.

Tak hanya itu saja, saat mabing urung ini juga bisa lebih cepat pula untuk merekam suara pemasteran tersebut di otaknya.

Dan apabila burung hwamei telah melewati masa mabung, maka anda tinggal menikmati hasil pemasteran yang sudah dilakukan pada saat burung hwamei sedang mabung.

Pemberian Tambahan Multivitamin

Berikanlah tambahan multivitamin pada saat burung hwamei mabung. Anda bisa memberikan multivitamin tambahan yang berupa cairan serta meneteskannya atau mencampurkannya pada air minum burung hwamei yang anda pelihara.

Pemberian Kroto Segar

Cara merawat hwamei mabung selanjutnya bisa anda lakukan dengan memberikan kroto yang segar. Namun, jangan terlalu banyak memberikan porsinya. Anda bisa memberikannya satu sendok dalam satu hari. Jika anda sulit mencari kroto segar, anda bisa menggantinya dengan memberikan ulat hongkong.

Tinggalkan Komentar