Cara Membedakan Burung Wambi Jantan dan Betina

Burung Wambi atau Hwa Mei merupakan jenis burung yang terkenal dengan kicauannya yang mantap, keras dan rapat. Tak heran jika banyak orang menyebut burung ini dengan julukan “rocker”.

Burung ini asalnya dari wilayah Tiongkok bagian Selatan. Keberadaannya pernah menjadi cukup langka ketika terjadi wabah virus flu burung yang menyebabkan dihentikannya impor burung dari Tiongkok ke Indonesia. Beruntung saat ini wabah flu burung sudah mereda dan kegiatan impor burung dari Tiongkok ke Indonesia sudah diperbolehkan kembali.

Burung Wambi sangat bagus dijadikan burung kontes karena fisiknya yang kuat dan kicauannya yang mantap. Namun, burung yang cocok dilatih untuk mengikuti kontes adalah burung Wambi yang berjenis kelamin jantan. Mengapa? Karena burung Wambi jantan memiliki kicauan yang bervariasi dan mampu meniru kicauan burung lain sementara burung Wambi betina kicauannya hanya satu nada dan monoton.

Penasaran, bagaimana cara membedakan Wambi jantan dan betina? Berikut cara membedakan Wambi jantan dan betina dengan mudah:

1. Perhatikan Ukuran Tubuh

Source - youtube
Source – youtube

Burung Wambi betina memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada ukuran tubuh Wambi jantan. Hal ini membuat burung Wambi jantan lebih gesit dan lebih cocok dijadikan burung aduan.

2.Lihat Proporsi Tubuh

Sekilas dapat dilihat bahwa proporsi tubuh Wambi jantan lebih kecil tetapi lebih padat dan berisi sehingga tampak gagah. Sementara burung Wambi betina berbentuk agak bulat dan agak besar

3. Amati Mata

Dari matanya, Anda juga dapat mencari perbedaan Wambi jantan dan betina. Burung Wambi jantan memiliki mata yang berwarna lebih biru dibanding burung Wambi betina. Selain itu, saat dipegang burung Wambi jantan cenderung untuk membelalakkan mata sementara jenis betina lebih suka menutup matanya.

4. Perhatikan Lubang Hidung

Source - youtube
Source – youtbue

Lubang hidung burung Wambi jantan dan betina juga memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Hidung burung Wambi jantan lebih mancung dan lancip sedangkan pada burung Wambi betina lebih lebar dan bulat.

5. Lihat Perbedaan pada Leher

Jika diperhatikan secara saksama, Anda juga akan menemukan perbedaan antara burung Wambi jantan dan betina pada lehernya. Burung Wambi jantan memiliki leher yang berbulu tegas dengan struktur leher yang lebih panjang dan kekar. Sebaliknya, pada burung Wambi betina, lehernya lebih pendek dengan warna bulu yang lebih lembut. Anda dapat melihat dengan jelas perbedaan leher ini saat burung Wambi meliukkan tubuhnya.

6. Amati Tulang Panggulnya

Burung Wambi betina memiliki struktur panggul yang lebih lebar dibanding burung Wambi jantan. Hal ini berkaitan dengan fungsi reproduksi.

7. Perhatikan Alat Vitalnya

Alat vital burung disebut juga vent atau kloaka. Anda dapat membedakan jenis kelamin burung  Wambi dari alat vitalnya. Burung Wambi jantan mempunyai alat vital yang lebih menonjol, sedangkan pada burung Wambi betina bentuknya lebih mendatar.

8. Lihat pada Ekor

Source - flickrhivemind
Source – flickrhivemind

Burung Wambi jantan mempunyai bulu ekor yang lebih panjang dibanding burung Wambi betina.

9. Perhatikan Kaki

Kaki burung Wambi jantan memiliki struktur yang kuat, lebih tebal, dan kokoh, berbeda dengan kaki burung Wambi betina yang lebih lembut dan berdaging agak tipis.

10. Warna Bulu

Warna bulu burung Wambi betina cenderung lebih kusam, sedangkan pada burung Wambi jantan warna bulunya lebih bagus, cokelat mengilat.

Bagaimana, ternyata mudah kan membedakan burung Wambi jantan dan betina? Selamat memilih calon burung jagoan Anda.

Tinggalkan Komentar