Mengenal Ciri Khas Burung Cerek Keryut dan Daerah Persebarannya

Cerek kernyut (Pluvialis fulva) merupakan jenis burung pantai yang berasal dari keluarga Charadriidae, kemudian juga berasal dari genus Pluvialis.

Burung pantai ini juga termasuk jenis burung yang merupakan burung pemakan invertebrata.

Kemudian untuk jenis burung pantai ini juga memiliki habitat seperti di gosong lumpur, gosong pasir.

Selain itu burung ini juga memiliki habitat di daerah sekitar tambak, lapangan, lapangan golf yang berada dekat dengan pantai.

Bahkan juga ada di lapangan terbang yang berada dekat dengan pantai, tersebar hingga sampai pada ketinggian 1.000 m dpl.

Burung cerek kernyut ini termasuk jenis burung migran yang kadangkala juga akan mendatangi Indonesia untuk dijadikan sebagai persinggahan pada waktu tempat asalnya disana sedang mengalami musim dingin.

Burung ini ternyata juga bisa menempuh jarak ribuan kilometer dalam usahanya mencapai tempat singgah untuk sementara saja.

Jenis burung ini pada umumnya juga sudah biasa bermigrasi dalam kelompok besar dan juga mampu terbang dengan waktu yang sangat lama tanpa istirahat

Jadi kemampuan burung ini mungkin tidak dimiliki oleh jenis burung yang lainnya.

Ciri Khas Burung Cerek Kernyut

Ciri Khas Burung Cerek Kernyut
Ciri Khas Burung Cerek Kernyut

Burung cerek kernyut adalah jenis burung pantai yang berukuran sedang. Ciri khas burung cerek kernyut yaitu bisa dilihat dari panjang tubuhnya yang panjangnya lebih dari 25 cm dengan warna tubuh cokelat keemasan.

Dengan demikian mereka juga diberi nama Pacifik Golden Plover. Pada bagian tubuhnya terlihat bercoret kehitaman dan putih.

Selanjutnya pada bagian paruh dan pada bagian kakinya berwarna gelap.

Pada waktu musim kawin sudah tiba, maka ciri khas burung cerek kernyut pada bagian bulu-bulu di wajah, leher, dan perut akan berubah warna menjadi hitam.

Hal itu bisa terjadi baik pada burung cerek kernyut jantan maupun cerek kernyut yang betina.

Perilaku Burung Cerek Kernyut

Burung pantai yang bernama cerek kernyut ini biasanya akan berkembangbiak di belahan bumi utara yaitu meliputi daerah Kanada, Greenland.

Selain itu burung ini juga bisa dijumpai di daerah artik lainnya. Di Indonesia, jenis burung pantai ini merupakan pengunjung yang bisa ditemukan di hampir semua wilayah yang ada di Indonesia.

Burung-burung ini juga sangat menyukai dengan daerah pantai dengan banyak pasir sebagai tempat istirahat dan juga daerah untuk mencari makan.

Terkadang untuk jenis burung ini juga nampak mencari makan di area persawahan dan juga berada di tempat-tempat lapang yang tidak jauh dari wilayah pantai.

Burung ini juga tidak termasuk jenis burung yang dilindungi. Sebab untuk jumlah burung yang bertubuh sedang ini masih sangat banyak di alam dan masih sering dijumpai.

Burung ini juga tidak dijadikan objek jual beli burung, sebab jenis burung tidak memiliki suara yang indah seperti jenis burung kicauan yang lainnya.

Ketika penyakit flu burung saat itu sedang merebak di berbagai belahan dunia, burung-burung migran diantaranya seperti burung cerek kernyut kemungkinan bisa dijadikan sebagai salah satu penyebab virus flu burung ini bisa menyebar dari satu negara ke negara yang lainnya.

Daerah Persebaran Burung Cerek Kernyut

Daerah Persebaran Burung Cerek Kernyut
Daerah Persebaran Burung Cerek Kernyut

Untuk burung cerek kernyut ini memiliki wilayah persebaran di Artik Rusia dan juga di Alaska.

Dan ketika musim dingin tiba, burung pantai ini akan bersama sama bermigrasi ke pesisir Amerika utara dan selatan, Eropa barat, Afrika, Asia Selatan, Indonesia dan juga di Australia.

Ciri khas burung cerek kernyut paling mudah diketahui yaitu memiliki warna kecoklatan. Meski tidak dilindungi, sebaiknya kita tetap bisa menjaga kelestariannya.

Tinggalkan Komentar