Mengetahui Cara Cepat Merontokkan Bulu Murai Batu Susah Mabung

Setiap burung kicauan pastinya akan mengalami pergantian bulu, tak terkecuali untuk burung murai batu. Proses seperti ini biasanya akan memakan waktu antara 2 sampai dengan 3 bulan untuk berjalannya mabung sampai selesai secara keseluruhan.

Apabila lebih dari masa tersebut berarti anda harus melakukan cara cepat merontokkan bulu murai batu. Biasanya proses mabung sampai sempurna dengan maksimal akan memakan waktu 3 bulan.

Yang pasti untuk proses mabung ini berdampak sekali pada performa burung murai batu. Terlebih lagi jika burung anda merupakan burung lomba yang rajin bersuara atau gacor.

Dari pengalaman para pemilik burung murai batu, pada umumnya selama proses mabung bunyi burung bisa berkurang tak segacor pada saat sebelum mabung.

Sebelum tahu lebih dalam mengenai cara cepat merontokkan bulu murai batu, ada beberapa hal yang mengakibatkan burung tersebut gagal dalam mabung.

Pada saat berada pada masa mabung, burung murai batu umumnya dalam bulunya terdapat banyak kutu. Jika kutu tersebut tidak dihilangkan, maka akan terjadi penghambatan dalam mabung.

Penjemuran berlebihan juga bisa mengakibatkan burung menjadi gagal mabung. Jadi sebaiknya, mabung penjemuran tidak dilakukan seperti biasanya.

Cara Cepat Merontokkan Bulu Murai Batu

Cara Cepat Merontokkan Bulu Murai Batu
alamendah.org

Banyak bulu murai batu yang sulit rontok karena stres dan masalah-masalah lain. Apabila burung murai batu anda mengalami sulit mabung, maka sebaiknya anda segera melakukan cara cepat merontokkan bulu murai batu agar bisa mabung atau ganti bulu dengan yang baru. Beberapa cara yang bisa anda lakukan antara lain yaitu;

Menggunakan Kulit Jeruk

Cara cepat merontokkan bulu murai batu bisa dilakukan dengan cara memasukan beberapa kulit jeruk ke dasar sangkar. Kemudian, burung murai batu bisa anda full krodong.

Setelah itu, tempatkan burung murai batu pada tempat yang tenang jauh dari kebisingan dan suara burung lain pada saat peroses terapi kulit jeruk. Tujuannya supaya burung bisa lebih fokus serta siap membatu mempercepat merontokkan bulu itu sendiri

Murai batu yang bakalan  juga sering terjadi gagal mabung karena stres akibat perubahan lingkungan dan pakan. Burung murai batu muda hutan yang mengalami gagal mabung mungkin pengkondisiannya kurang baik seperti full krodong pada saat murai mulai rontok bulu.

Atau karena mengurangi EF supaya burung murai batu tidak kerap mengeluarkan suara. Atau juga terlalu sering melombakan murai batu. Itu semua merupakan salah satu penyebab murai batu gagal mabung.

Sebab, jika burung murai batu di paksa tempur ketika sedang rontok bulu akan menjadikan proses mabung menjadi terhambat. Selain itu, penempatan murai batu yang kurang pas ketika gejala mabung sudah tampak sebaiknya menempatkan murai batu di dalam ruangan yang lembab dan sedikit panas.

Tujuannya supaya pori-pori dari burung murai batu anda bisa cepat terbuka sehingga bulu-bulu tua akan berjatuhan tanpa harus di paksa.

Merontokkan Bulu Murai Batu dengan Mandi Sauna

Burung Murai Batu Mabung
mediaronggolawe.id

Cara cepat merontokkan bulu murai batu bisa dilakukan dengan cara mandi sauna. Mandi sauna pada umumnya untuk menjadikan burung cepat ngeplong. Selain itu, mandi sauna juga di percaya efektif untuk bisa merontokan bulu yang ada pada murai batu yang sulit rontok.

Yaitu dilakukan dengan panas matahari yang masuk melalui krodong, dengan demikian menjadikan ruangan di dalam kedap panas dengan sedikit udara akan membuat pori-pori pada burung murai batu melebar. Dengan demikian, cara cepat merontokkan bulu murai ini banyak diterapkan.

Tinggalkan Komentar