Cara Mengatasi Burung Cucak Ijo Sulit Birahi Yang Paling Ampuh

Memiliki burung Cucak Ijo yang berkualitas memang merupakan kesenangan tersendiri. Akan tetapi, di dalam memelihara burung cucak ijo terkadang para pemelihara menemukan berbagai macam permasalahan. Diantaranya burung cucak ijo sulit birahi.

Cucak ijo yang sulit birahi ini pastinya akan membingungkan sang pemeliharanya. Tidak hanya akan sulit gacor, burung cucak ijo ini juga akan sulit untuk diikutkan dalam acara lomba. Sebab, untuk dapat tampil bagus di lapangan, burung sebaiknya memiliki birahi yang memadai.

kicaujogjakarta.blogspot.com

Cara Mengatasi Burung Cucak Ijo Sulit Birahi

Untuk anda yang memiliki burung kicauan seperti cucak ijo sulit birahi, sebaiknya anda semua harus segera mengatasi burung cucak ijo sulit birahi ini. Dan bagi anda yang belum mengetahui cara mengatasi cucak ijo yang sulit birahi ini, anda dapat mencoba beberapa tips berikut.

1. Ganti Voer Berprotein Tinggi

Hal pertama yang bisa anda lakukan dalam mengatasi cucak ijo yang keadaannya sulit birahi ini yaitu dengan mengganti voer lama dengan voer yang berprotein tinggi. Karena, pilihan voer juga sangat berpengaruh pada keadaan birahi burung.

Voer yang proteinnya sedang atau rendah, akan sangat sulit untuk mengondisikan burung cucak ijo yang sulit birahi. Karena akan sulit untuk menaikan birahinya. Maka dari itu, voer jenis ini hanya dianjurkan untuk burung cucak ijo yang sensitif pada birahi.

2. Tambah Durasi Penjemuran

Durasi penjemuran dapat anda tingkatkan, sebab penjemuran begitu menentukan level birahi burung cucak ijo. Jika penjemuran pada cucak ijo anda lebih lama, maka akan semakin naik pula birahinya.

Namun, perhatikanlah cara penjemurannya. Menjemur burung sebaiknya juga tidak boleh terlalu lama dan bahkan sebaiknya juga dilakukan di bawah jam 10. Penjemuran yang terlalu lama tidak akan menjadikan cucak ijo lebih bagus, namun akan merusak birahi dan suara burung. Maka dari itu, batasilah penjemuran sampai jam 10 pagi saja.

3.Harian Full Kerodong

Di dalam mengatasi cucak ijo yang susah birahi, sebaiknya di dalam hariannya untuk difull kerodong. Tak hanya bisa menjadikan burung cucak ijo lebih fighter, full kerodong juga bisa menjadikan burung dapat meningkatkan level birahi cucak ijo.

4. Kurangi Mandi

Untuk mengatasi burung cucak ijo sulit birahi paling efektif juga bisa dilakukan dengan mengurangi pemandian. Apabila pada rawatan harian, anda memandikan burung setiap hari maupun dua kali sehari, maka sebaiknya dikurangi menjadi dua atau sekali dalam seminggu. Tujuannya yakni agar burung lebih birahi.

Sudah kita ketahui bersama, jika mandi yang terlalu sering pada burung dapat menurunkan birahi. Jika anda memandikan burung anda terlalu sering, maka akan semakin rendah tingkat birahinya. Jika semakin jarang anda memandikannya, maka juga akan semakin tinggi level birahinya.

5. Berikan Apel Merah

Selain memberikan pisang kepok, kombinasikan dengan apel merah. Buah apel jenis ini diketahui baik diberikan pada cucak ijo yang loyo dan kurang birahi. Sebab, dapat meningkatkan staminanya. Maka dari itu, apabila hari ini Anda memberikan pisang, maka besok berikan apel.

6. Cas Sebelum Digantang

omkicau.com

Apabila burung cucak ijo yang sulit birahi ini akan digantang, jika dicas terlebih dahulu dengan cucak ijo betina. Untuk pengecasan memang membutuhkan waktu agak lama. Akan tetapi, apabila tips di atas berhasil anda lakukan, kemungkinan waktu cas bisa sebentar saja. Selain itu anda juga tidak perlu mengecasnya lagi. Sebab, burung cucak ijo anda sudah dalam keadaan yang normal.

Tinggalkan Komentar