Mengenal Jenis Penyakit Burung Kenari dan Cara Mengatasinya

Jenis penyakit burung kenari penting untuk diketahui. Kenari ini adalah jenis burung yang habitatnya berasal dari Kepulauan Makaronesia. Dimana letaknya di Samudra Atlantik.

Burung kenari banyak disukai karena memiliki suara yang merdu serta bulu yang indah. Karena kepopuleran burung ini, maka banyak orang tertarik untuk memeliharanya.

Dalam memelihara jenis burung ini memang tidak terlalu sulit. Akan tetapi, apabila burung kenari sudah sakit, kadang para pemilik kurang bisa menanganinya. Oleh karena itu, anda perlu mengenal jenis penyakit burung kenari dan cara mengatasinya.

Mengenal Jenis Penyakit Burung Kenari dan Cara Mengatasinya
jalaksuren.net

Mengenal Jenis Penyakit Burung Kenari dan Cara Mengatasinya

Burung kenari yang tengah mengalami sakit umumnya akan terlihat dengan ciri-ciri tertentu. Burung kenari yang sakit pada umumnya akan terlihat kusam, bulu bagian leher bergetar-getar, lebih banyak diam, serta mata yang sering tertutup dan mengantuk.

Beberapa Jenis Penyakit Kenari dan Cara Mengobatinya

Anda perlu mengenali beberapa penyakit yang sering diderita oleh burung Kenari. Pada penyakit-penyakit tersebut terdapat cara-cara mengobatinya. Berikut ini beberapa penyakit burung Kenari dan cara mengatasinya:

1. Penyakit Berak Kapur

Jenis penyakit ini dapat diketahui dari jenis kotoran yang dikeluarkan. Burung kenari yang terkena penyakit kotorannya berbentuk cair, berwarna putih, serta anus sering mengeluarkan lendir berwarna putih.

Ciri lain adalah napsu makan berkurang, bulu burung terlihat kusut, serta kedua sayap lemas. Penyakit berak kapur pada burung Kenari disebabkan adanya bakteri yang bernama pullorum.

Cara Mengatasi

Cara mengatasi penyakit berak kapur pada burung kenari adalah langkah pertama burung kenari harus dipindahkan ke kandang isolasi, kemudian berikan zat antibiotik setiap hari.

Anda juga harus mencuci wadah pakan serta air minum burung kenari dengan menggunakan bahan anti septik. Selanjutnya dengan memberikan pakan yang baru serta bersih dan air minum yang telah dimasak atau direbus.

2. Penyakit Pernapasan

Penyakit pernapasan pada burung kenari disebabkan adanya bakteri E. Coli. Jenis penyakit ini harus segera diobati karena jika dibiarkan dapat terjadi gagal pernapasan yang mengakibatkan burung bisa mati.

Penyakit pernapasan pada burung kenari dapat menular. Hal ini terjadi karena adanya kontak langsung antara burung kenari yang terinfeksi bakteri E. Coli dengan burung kenari yang sehat.

Penyebab lain dari penyakit ini disebabkan adanya faktor keturunan, kandang yang dipakai secara bergantian, serta tempat makan dan minum yang kurang terjaga kebersihannya.

Ciri burung kenari yang sedang mengalami penyakit pernapasan dapat dilihat dari tingkah burung yang sering membuka paru untuk melakukan pernapasan, sering bersin, hidung mengeluarkan ingus, serta tubuh lemas dan kurang bertenaga.

Cara Mengatasi

Cara mengatasi penyakit pernapasan pada burung Kenari tidak terlalu sulit. Anda cukup memindahkan burung kenari yang sakit ke kandang isolasi.

Selanjutnya berikan pakan yang bersih juga air minum yang matang. Anda juga perlu memberikan vitamin serta suplemen yang bertujuan supaya burung kenari cepat sembuh.

3. Penyakit Cacingan

Jenis penyakit ini menyerang bagian pencernaan pada burung kenari. Gejala yang ditimbulkan antara lain nafsu makan menurun, kotoran cair, burung terlihat lemas, serta bulu kusut.

Cara Mengobati

Cara mengatasi penyakit cacingan pada burung kenari yakni dengan melakukan pembersihan kandang, tempat bertengger, wadah pakan dan minum, serta pemberian obat cacing pada burung yang dapat anda beli di toko burung.

Dengan mengetahui beberapa jenis penyakit burung kenari dan cara mengatasinya, anda tidak perlu khawatir lagi apabila burung kenari anda mengalami salah satu penyakit di atas. Anda dapat melakukan penanganan sesuai dengan petunjuk di atas. Sehingga burung kenari anda yang sedang sakit dengan cepat teratasi.