Kesalahan Perawatan Burung Kenari yang Mengakibatkan Sakit

Burung kenari adalah salah satu jenis burung kicauan yang bertubih mungil dan juga memiliki suara yang snagat merdu dan lantang. Perawatan terhadap burung kicauan seperti kenari ini tergolong cukup mudah jika dibandingkan dengan perawatan jenis burung kicauan yang lainnya.

Terlebih lagi, jika burung ini dijadikan sebagai burung kicauan di rumah, pastinya perawatannya tersebut lebih murah dibandingkan burung Kenari yang untuk acara llomba. Akan tetapi, tidak semua orang menyadari jika perawatan yang mereka lakukan salah. Dan bahkan kesalahan perawatan burung Kenari tersebut bisa menyebabkan burung Kenari terserang penyakit.

Kesalahan perawatan burung Kenari sebenarnya bisa dianggap sebagai hal yang sepele. Akan tetapi, untuk dampak yang ditimbulkan di hari yang selanjutnya yaitu sangat fatal dan mungkin akan menjadikan anda yang memeliharanya merasa menyesal.

Sehingga, apabila anda masih melakukan kesalahan dalam merawat Kenari, sebaiknya anda segera diperbaiki supaya perawatannya tidak salah lagi. Jika anda tidak tahu kesalahan apa yang kerap terjadi dalam merawat burung Kenari, berikut ini akan dibahas mengenai kesalahan perawatan burung Kenari tersebut.

Kesalahan Perawatan Burung Kenari

Kesalahan Perawatan Burung Kenari
hargaburung.id

Tempat Minum Kenari jarang Dibersihkan

Jika tempat minum kenari jarang dibersihkan, maka akan bisa berlumut dan mengakibatkan berbagai macam penyakit. Apalagi apabila tercampur dengan dengan kotoran burung, akibatnya fatal.

Air yang ada di cepuk minum burung Kenari jarang diganti juga bisa mengakibatkan penyakit. Penggantian air minum bisa anda lakukan di tiap hari. Tujuannya supaya minuman tetap fresh dan sehat.

Membiarkan Kotoran Menumpuk

Kotoran Kenari yang dibiarkan menumpuk atau sampai menggunung bisa mengakibatkan kaki Kenari bisa bengkak atau berkerak. Dan ini merupakan pertanda dari penyakit bubulan. Sebaiknya bersihkan 2 atau 3 hari sekali supaya sangkar bersih, sehat, tidak bau, serta tidak ada penyakit.

Pemberian Sayur Tanpa Dicuci

Sayur yang diberikan ke burung Kenari yang jarang dicuci dengan air bersih ini ternyata cukup membahayakan. Sebab, di dalam sayuran mengandung banyak pestisida yang berbahaya jika diberikan untuk burung Kenari.

Penjemuran Jarang Di Luar Ruangan

Burung Kenari jarang dijemur di luar ruangan dan tidak terkena sinar matahari selama berhari-hari bisa menjadikan Kenari akan terlihat lesu. Kesalahan perawatan burung kenari ini juga bisa menyebabkan stamina menurun, jarang bunyi, serta bulunya kusam.

Ketika penjemuran, sebaiknya penjemuran dilakukan pada waktu yang lama, burung Kenari dapat mati. Jemurlah burung Kenari anfa kisaran jam 06.00 sampai dengan 09.00.

Burung Kenari dijemur di luar ruangan yang panas sebaiknya anda masukkan di dalam ruangan yang dingin. Ini bisa menyebabkan Kenari mengkorok dan mudah sakit. Burung Kenari tidak gampang beradaptasi. Jika telah selesai penjemuran sebaiknya burung Kenari diangin-anginkan terlebih dulu di teras.

Menggantung Burung Saat Angin Kencang

Penggantangan Burung Kenari
sangkarburungskb.blogspot.com

Menggantang kenari saat cuaca seperti ini sangat tidak baik untuk kesehatan burung Kenari. Angin kencang dapat mengakibatkan Kenari terkena flu, suara serak, nyekrukruk, serta macet bunyi. Untuk menghindarinya sebaiknya anda bisa mengkerodongnya.

Pemberian Kuning Telur Setiap Hari

Pemberian kuning telur ini tidak boleh diberikan terlalu sering, sebab dapat mengakibatkan kegemukan maupun obesitas pada burung Kenari. Jika burung Kenari gemuk, pada umumnya burung tersebut menjadi malas bunyi. Jadi jangan melakukan kesalahan perawatan burung kenari ini.

Burung Kenari yang telah birahi dan rajin bunyi selalu dikasih Extra Fooding (EF) agar suaranya tambah gacor. Ini bisa menjadikan burung Kenari rusak dan mabung sebelum waktunya. Jadi, apabila burung Kenari sudah birahi, pakan EF justru bisa dikurangi, namun berikan jenis pakan harian tetap berkualitas.

Tinggalkan Komentar