Daftar Harga Burung & Ring Burung Update April 2021

Teknik Mengobati Perkutut Cacingan dengan Obat Cacing Manusia

Cacingan merupakan salah satu penyakit burung yang biasa menyerang perkutut. Penyakit ini dapat timbul akibat peternak perkutut meletakkan tanah di kandang. Sedangkan tanah adalah tempat berkembangbiaknya cacing.

Agar dapat mencegah burung perkutut cacingan, sebaiknya berikan obat cacing pada perkutut sejak awal. Mengobati perkutut cacingan akan membantu burung bisa hidup dengan sehat. Anda bisa gunakan teknik yang benar agar perkutut bisa terhindar dari cacingan.

Burung Jalak Bali & Cucak Rowo COD bayar di tempat. Free ongkir, tanpa DP & di antar sampai rumah baru di bayar.

Pemesanan Ring Burung. Diskon hingga 500 per biji, harga mulai 1500 per biji.

Teknik Mengobati Perkutut Cacingan dengan Obat Cacing Manusia
arenahewan.com

Gejala dan Cara Obati Perkutut Cacingan

Burung perkutut memiliki suara yang merdu. Banyak orang yang memelihara burung perkutut dan mempercayai jika burung ini mampu memberikan suasana adem ayem.

Burung perkutut sudah banyak dipelihara sejak zaman dulu. Saat memelihara burung pasti diperlukan perawatan. Tidak hanya memberikan makanan yang bergizi. Namun, juga perlu memperhatikan kebersihan sangkar burung.

Jika hal ini tidak dilakukan maka perkutut dapat terserang penyakit. Cacingan adalah jenis penyakit yang sering menyerang perkutut. Apabila perkutut cacingan biasanya menunjukkan gejala yang ditimbulkan.

Gejala yang bisa ditimbulkan seperti kotoran burung berair, nafsu makan berkurang, hingga tidak mau berbunyi. Selain itu, gejala yang dapat ditimbulkan terlihat dari bulunya yang mengkorok.

Burung perkutut yang cacingan juga terlihat dari dada burung yang nyilet. Jika perkutut yang cacingan dibiarkan begitu saja dapat berakibat kelumpuhan. Oleh sebab itu, atasi burung cacingan dengan cepat dan tepat.

Teknik Mengobati Perkutut Cacingan

Ketika burung perkutut yang anda pelihara terserang cacingan segera atasi. Biasanya pemilik perkutut menggunakan obat cacing yang biasa dikonsumsi manusia. Jika anda memberikan obat cacing tersebut, maka cacing yang ada pada perkutut bisa keluar melalui duburnya.

Alangkah baiknya jika sebelum memberikan obat, sebaiknya mandi kan perkutut. Dengan catatan jangan mandikan di sore hari atau pada cuaca yang kurang cerah. Dengan memandikan perkutut dan menjemurnya burung akan lebih segar.

Stamina tetap terjaga meski pengobatan sedang dilakukan. Teknik pengobatan perkutut cacingan dengan obat cacing manusia dapat dilakukan dengan mudah. Ada beberapa jenis obat yaitu bentuk cair, tablet maupun puyer.

Ada cara tersendiri dari 3 bentuk obat tersebut. Gunakan tips berikut ini untuk atasi cacingan pada perkutut. Berikan dosis yang tepat agar burung bisa sembuh dari cacingan.

Bentuk Tablet

Saat mengobati perkutut cacingan dengan tablet dengan cara memotong obat tersebut. Potong obat tersebut sebesar biji kacang hijau.

Jika sudah kemudian lolohkan pada burung perkutut cacingan. Lakukan pengobatan ini 3-4 hari hingga cacing sudah tidak keluar lagi dari dubur perkutut.

Bentuk Puyer

Obat cacing perkutut bentuk puyer bisa campurkan dengan nasi atau tempe mentah. Campurkan keduanya dan pilin-pilin menjadi butiran sebesar kacang hijau. Selanjutnya lolohkan pada burung,beberapa menit cacing akan keluar dari dubur perkutut.

Bentuk Cair

Berbeda dengan pemberian obat cacing cair. Anda bisa berikan 3-5 tetes obat tersebut pada paruh perkutut. Saat obat diberikan pada perkutut tetap berikan makan dan minum dengan porsi yang sama. Hal ini agar perkutut tidak merasa lemas saat cacing keluar dari perutnya.

Burung perkutut yang cacingan harus segera diatasi. Apabila tidak burung akan kurus dan lemas. Sehingga dapat berujung lumpuh hingga kematian.

Mengobati burung perkutut cacingan bisa menggunakan obat cacing yang biasa dikonsumsi manusia. Ada teknik pemberian obat sesuai dosisnya.

Anda bisa berikan obat tersebut secara rutin sampai cacing tidak keluar lagi dari dubur burung. Ketahui gejala yang ditimbulkan agar mengobati perkutut cacingan bisa lebih cepat dan tepat.

Burung Jalak Bali & Cucak Rowo COD bayar di tempat. Free ongkir, tanpa DP & di antar sampai rumah baru di bayar.

Pemesanan Ring Burung. Diskon hingga 500 per biji, harga mulai 1500 per biji.