Tips Mengatur Birahi Lovebird Lomba dengan EF yang Tepat

Lovebird merupakan salah satu jenis burung kicauan yang memiliki suara merdu dan warna bulu yang cantik dan bervariasi. Tak hanya itu saja, karena kicauannya yang merdu, Lovebird juga sering diikutkan dalam ajang lomba burung kicauan.

Hal yang harus diperhatikan dalam setingan Lovebird Lomba paling penting yaitu ada pada kondisi birahi Lovebird. Apabila birahi Lovebird sedang stabil, maka lovebird tersebut bisa tampil maksimal di perlombaan. Akan tetapi, apabila Lovebird over birahi atau birahinya tinggi menjadikan performa Lovebird di lapangan lomba menjadi semakin menurun.

Lovebird yang over birahi pada umumnya akan tampak ngeruij, ngering, menempel pada jeruji sangkar. Terkadang juga sering terlihat berputar-putar pada jeruji. Selain itu, juga ngelantai atau turun ke dasar sangkar, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika sudah begitu, dapat dipastikan jika birahi Lovebird sedang tinggi. Jadi, anda harus tau tips mengatur birahi Lovebird lomba supaya kondisi birahinya stabil atau normal.

Mengatur Birahi Lovebird Lomba dengan EF

Mengatur Birahi Lovebird Lomba dengan EF
burungnya.com

Extra Fooding atau EF memang memiliki peran yang penting untuk menurunkan birahi Lovebird. Karena, setingan EF untuk Lovebird Lomba ini diketahui bisa dengan cepat menurunkan birahi serta menaikkan birahi Lovebird.

Cara Menaikkan Birahi Lovebird dengan EF

Terdapat beberapa EF yang pada umumnya digunakan untuk mengatur birahi Lovebird lomba. EF itu dantaranya yaitu berupa jagung muda, biji matahari, serta kangkung.

Sehingga, apabila Lovebird kurang birahi, anda bisa memberikan cacahan kangkung atau jagung muda. Dapat juga anda tambahkan dengan sedikit garam pada air minum Lovebird supaya birahinya naik.

Namun, dalam pemberian biji matahari ini tidak boleh sembarangan, sebaiknya Lovebird hanya dikasih 10 sampai dengan 25 butir saja. Mulanya anda berikan 10 butir biji matahari terlebih dahulu. Jika Lovebird telah terlihat nyaman dan performanya membaik, anda bisa menambahnya.

Dan jika Lovebird Anda mempunyai birahi yang tinggi, hanya dengan dikasih 10 butir biji matahari saja, Lovebird birahi Lovebird sudah optimal atau stabil. Dan jika jenis Lovebird Anda kurang birahi, sebaiknya diberi biji matahari sampai 5 butir dulu baru birahinya stabil.

Cara mengatur birahi Lovebird lomba memang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya.

Setingan Harian Lovebird Menjelang Lomba

Setingan Harian Lovebird Menjelang Lomba
burungnya.com

Selain setingan EF saja, sebenarnya ada juga perawatan harian untuk Lovebird Lomba. Setingan harian untuk Lovebird ini hampir mirip dengan Lovebird rumahan yang lain.

Lovebird sebaiknya dijemur di bawah terik sinar matahari saat pukul 06.30. Lalu biarkan Lovebird anda mandi sendiri di dalam cepuk. Apabila Lovebird anda sudah terbiasa disemprot, maka Lovebird tetap disemprot saja.

Anda bisa mendekatkan Lovebird Lomba dengan burung masteran, seperti Cucak Jenggot, serta Kenari. Cara mendekatkannya yaitu dengan meletakkan sangkar burung masteran berdekatan dengan burung Lovebird peliharaan anda.

Ketika proses penjemuran, mandi, serta pemasteran, jangan dekatkan Lovebird lain ke Lovebird Anda. Yang terpenting, Lovebird Anda jangan sampai mendengar suara Lovebird lain sebelum diikutkan lomba untuk menjaga performanya pada saat berada perlombaan.

Jika telah jam 09.30, sebaiknya burung dibawa masuk ke dalam rumah. Atau terlebih dahulu diangin-anginkan di teras rumah. Sesudah cukup lama, anda bisa mengerodong sangkar Lovebird dan menggantungnya di dalam rumah.

Dan pada waktu Lovebird Lomba sedang dikerodong, burung masteran sebaiknya juga senantiasa berada di sisi Lovebird. Anda bisa memelihara dua ekor Lovebird di rumah. Supaya Lovebird tidak berkicau bersahut-sahutan di dalam rumah.

Jika anda bisa mengatur birahi Lovebird lomba dengan baik dan benar, maka ketika Lovebird anda dilombakan maka birahinya bisa stabil dan memiliki perorma yang berkualitas juga.

Tinggalkan Komentar