Manfaat Kunyit Untuk Burung Perkutut Terbukti Menyehatkan

Manfaat kunyit untuk burung perkutut tak bisa diremehkan. Selain bawang putih, kunyit juga berkhasiat bagi perkutut. Hal ini dikarenakan kunyit terbukti mampu menjaga kesehatan burung perkutut secara baik. Maka dari itu, bagi anda yang memelihara burung perkutut di rumah, pastikan anda memiliki stok kunyit secara cukup.

infobudidaya.com

Manfaat Kunyit Untuk Burung Perkutut

Pada kesempatan kali ini, kami akan ajak anda membahas mengenai manfaat kunyit untuk burung perkutut selengkapnya. Pastikan anda tak melewatkannya demi menjaga kesehatan burung perkutut kesayangan anda di rumah.

Pembentukan Tulang dan Darah

Kunyit bermanfaat dalam pembentukan tulang dan darah. Hal ini dikarenakan di dalam kunyit terdapat kandungan mineral secara cukup. Tak hanya itu, kandungan mineral ini juga bermanfaat untuk mendapatkan saraf yang sehat, cairan tubuh yang seimbang, memproduksi tenaga, dan pertumbuhan sekaligus penyembuhan.

Sebenarnya di dalam pakan burung perkutut biasanya juga ada kandungan mineral. Hanya saja, mineral yang ada di dalam kunyit juga bisa berfungsi sebagai terapi pengobatan secara tradisional. Untuk itu, tak ada salahnya bagi anda untuk memberikan kunyit pada burung perkutut yang sedang sakit.

Atasi Lesu

Tak hanya manusia, burung perkutut juga bisa mengalami lesu. Saat perkutut tengah lesu, anda bisa mengatasinya dengan cara memberikan tiga kunyit yang ukurannya sebesar biji kacang hijau. Setelah itu, anda masukkan utuh tanpa perlu ditumbuk untuk burung perkutut dewasa. Dalam waktu singkat, perkutut anda akan kembali bersemangat.

Antibiotik

Kunyit juga bisa berfungsi sebagai antibiotik. Untuk mendapatkan fungsi tersebut, anda bisa memberikan kunyit secukupnya pada burung perkutut. Pemberian kunyit ini sama dengan pemberian vaksin yang dibuat khusus untuk menjaga kesehatan burung.

Atasi Malas Bunyi

Burung perkutut yang malas bunyi juga bisa diatasi dengan kunyit. Caranya dengan mengiris kunyit tipis-tipis agar memudahkan perkutut dalam mengonsumsinya. Tak hanya itu, burung juga bisa mengonsumsi kunyit dengan cara memarutnya terlebih dahulu untuk nantinya diambil sarinya.

Dikarenakan kunyit terasa pahit dan sengir, ada baiknya anda mencampurkan kunyit dalam air yang matang atau bisa juga merebusnya dengan air sampai mendidih. Air kunyit ini bisa diberikan sebagai pengganti air minumnya. Jika dilakukan secara rutin, cara ini terbukti efektif dalam mengatasi burung perkutut malas bunyi.

Diare

burungnya.com

Diare yang dialami burung perkutut bisa anda atasi dengan bantuan kunyit. Untuk mengobati diare pada perkutut dengan kunyit, anda bisa meracik kunyit menjadi minuman terlebih dahulu. Dengan begitu, perkutut tak akan kesulitan dalam mengonsumsinya.

Tambah Nafsu Makan

Perlu untuk anda ketahui bahwa kunyit juga bisa menambah nafsu makan pada perkutut. Dengan begitu, asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh perkutut bisa tercukupi secara baik. Maka dari itu, tak ada salahnya anda mencoba memanfaatkan kunyit demi menjaga kesehatan perkutut anda.

Menanggulangi Serak

Pemberian kunyit juga bisa mengatasi serak yang dialami burung perkutut. Hal ini berkat kandungan yang ada di dalam kunyit. Maka dari itu, anda tak perlu ragu dalam memberikan kunyit pada burung perkutut yang suaranya sedang serak. Dijamin suaranya akan kembali jernih seperti semula.

Atasi Flu

Manfaat kunyit untuk burung perkutut lainnya ialah mengatasi flu. Tak hanya mengatasi saja, kunyit ini juga bisa mencegah perkutut agar tidak terserang flu. Caranya, anda bisa iris tipis-tipis kunyit agar perkutut mudah mengonsumsinya. Selain itu, bisa juga anda memberikan kunyit dalam bentuk jus. Jus kunyit terbukti lebih mudah dikonsumsi dan disukai perkutut.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar