Mengetahui Cara Pijat Burung Perkutut yang Benar Sebelum Lomba

Berbagai macam perawatan burung Perkutut dilakukan oleh pemeliharanya. Hal tersebut tujuannya tak lain karena pemelihara ingin burung Perkutut yang akan dilombakan memiliki performa yang bagus.

Salah satu cara yang dilakukan untuk merawatnya sebelum lomba yaitu dengan cara memijat. Cara pijat burung Perkutut juga mudah untuk dilakukan. Burung Perkutut yang kerap dipijat maka peredaran darahnya bisa menjadi lancar. Tak hanya itu saja, pijat burung Perkutut juga bisa berfungsi untuk melemaskan otot-otot burung.

Pada umumnya, burung Perkutut dipijat sebelum dilombakan. Sehingga, untuk waktu yang tepat untuk memberikan pijatan pada burung Perkutut yaitu pada malam hari sebelum lomba.

Cara pijat burung perkutut ini harus dilakukan dengan berhati-hati. Pijatan serta tekanan tidak diperbolaehkan jika terlalu keras, pelan-pelan saja. Hal ini bertujuan supaya tubuh Perkutut itu tidak sakit.

Jika pijatannya enak, maka burung Perkutut bisa menjadi tampak manja, namun jika pijatan yang diberikan terlalu keras burung akan berontak atau kan kelabakan.

Cara Pijat Burung Perkutut Yang Benar

Cara Pijat Burung Perkutut Yang Benar
burungnya.com

Untuk cara pijat burung Perkutut yang benar sebelum lomba sebenarnya hampir sama dengan cara memijat manusia. Namun, terdapat tujuh titik pijat terbaik khusus untuk burung Perkutut. Setiap titik pijatan bisa menjadikan burung Perkutut manggung lebih berkualitas.

Bagian leher dipijat pelan-pelan supaya suara Perkutut lebih gacor. Selanjutnya pangkal kepala Perkutut digoyangkan ke kanan dan ke kiri sambil ditarik pelan-pelan.

Setelah itu pijat di bagian sayap supaya ditarik atau dijeberkan bulunya. Kemudian bisa dipijat pelan-pelan. Anda bisa melakukannya dengan bergantian di bagian sayap kanan serta pada bagian sayap kiri.

Bagian punggung Perkutut sebaiknya juga dipijat supaya bisa mengeluarkan tenaganya. Cara pijat burung Perkutut ini bisa menggunakan satu jari mulai dari atas hingga bawah. Anda bisa menekan bagian punggung selama 1 menit.

Memijat di bagian dada Perkutut hampir sama dengan pada bagian punggung, diantaranya yaitu cukup menggunakan satu jari saja. Anda dapat memijat mulai dari dada atas, bawah, kiri, serta pada bagian kanan.

Di bagian paha, sebaiknya memijatnya dimulai dari pangkal paha. Pemijatan burung secara perlahan untuk bagian kanan serta bagian kiri.

Pijat kaki Perkutut yang terdapat sisiknya sampai dengan bagian jari. Pijat dengan merata dari atas sampai dengan bagian bawah. Sesudah itu, setiap jarinya juga dipijat sembari ditarik-tarik perlahan.

Bagian dalam sayap burung Perkutut sebaiknya juga dipijat, caranya buka dulu sayap kanan, selanjutnya bisa dipijat perlahan dengan memutar. Dan sesudah bagian sayap kanan selesai, selanjutnya pindah ke sayap yang bagian kiri.

Manfaat Pijat Burung Perkutut

Manfaat Pijat Burung Perkutut
kricom.id

Manfaat pijat pada burung Perkutut sebelum lomba ini yaitu untuk melancarkan peredaran darah. Fungsi yang lainnya yaitu supaya burung Perkutut lebih jinak dan otot-otot burung Perkutut juga menjadi tidak kaku. Karena, jika otot burung Perkutut tampak begitu kaku, maka dia tidak akan mau bunyi.

Apabila Anda rajin memijat burung Perkutut, dengan demikian burung akan rajin bunyi, terlebih sebelum lomba. Waktu pemijatan burung Perkutut dapat anda lakukan selama seminggu sekali.

Akan tetapi, jika untuk Perkutut piyik maupun yang anakan, waktu pemijatan cukup dalam waktu sebulan sekali saja. Sebab, tulangnya masih rawan serta belum kuat.

Burung Perkutut yang dipijat diusahakan juga berkualitas lomba. Tujuannya supaya hasilnya memuaskan. Dengan melakukan cara pijat burung perkutut yang baik dan benar, maka anda akan mengetahui hasilnya.

Tinggalkan Komentar