Home » Kabar Burung » Cara Perawatan Burung Perkutut Mabung Agar Cepat Selesai

Cara Perawatan Burung Perkutut Mabung Agar Cepat Selesai

Burung perkukut adalah salah satu jenis burung kicauan yang mudah dipelihara. Oleh sebab itu, banyak sekali orang yang memelihara jenis burung perkutut ini. Akan tetapi, burung perkutut sudah tidak begitu populer seperti dulu lagi.

Pada mulanya, hampir setiap orang memiliki dan memelihara burung perkutut ini dirumahnya. Akan tetapi saat ini, mereka beralih pada berbagai macam jenis burung kicau yang lebih populer dan lebih juga dinilai lebih menarik.

Namun perlu anda ketahui, jika untuk burung perkutut ini memiliki keunikan dan juga memiliki keistimewaan yang sering kali dihubung hubungkan dengan hal-hal yang mistis. Burung perkutut adalah jenis burung yang terlihat kalem dengan ukuran kecil serta bagian bulu berwarna abu-abu.

Untuk masalah perawatan burung perkutut ini sebenarnya juga tergolong sangat mudah apabila di bandingkan dengan burung kicauan. Hal ini disebabkan burung perkutut tidak memerlukan berbagai jenis makanan seperti extra fooding.

Misalnya saja seperti jangkrik, kroto dan lainnya. Namun, tahukah anda bagaimana perawatan burung perkutut mabung?

Apabila sesuai siklus masa berputarnya waktu, burung perkutut biasanya mabung selama 2 kali, sehingga kita sebagai pemelihara bisa memprediksinya. Burung perkutut juga mengalami mabung pada kurun waktu enam bulan sekali.

Untuk ciri khas burung perkutut yang sedang mengalami mabung yaitu dapat kita amati dengan adanya ciri pada bagian ketiak burung. Apabila pada bulu bagian ketiak perkutut tersebut, akan terlihat beberapa bulu halus atau bulu baru yang tumbuh dengan bergantian pada sekitar ketiaknya.


Perawatan Burung Perkutut Mabung

kicau.info

Di dalam perawatan burung perkutut mabung dalam hariannya untuk perkutut ini ternyata tidak perlu pemberian ataupun perlakuan khusus seperti saat proses penjinakan, menjadikan gacor, dan lain sebagainya.

Waktu mabung untuk burung perkutut ini yaitu selama kurang lebih 20 hari,setelah siap masa hari tersebut, maka semua bulu perkutut telah bisa tumbuh dengan normal kembali.

Setelah itu, anda sebagai pemeliaranya dapat melakukan perawatan seperti sedia kala. Tujuannya tak lain supaya kualitas manggung dan juga stamina perkutut bisa menjadi tetap segar bugar dan juga terlihat fress. Berikut perawatan burung perkutut mabung agar cepat selesai.

Untuk pertama kalinya anda bisa memberikan sebanyak satu butir minyak ikan selama dalam proses mabung. Tujuannya yaitu untuk membuat atau untuk menjaga kesehatan burung perkutut.

Untuk yang kedua usahakan jangan terlalu sering memegang burung perkutut tersebut ataupun di kejutkan kondisi perkutut kita masih dalam keadaan mabung.

Pemberian Pakan dan Minuman

superkicau.com

Selanjutnya, pada saat mabung anda harus memberikan makanan dan juga minuman yang cukup dan jangan sampai telat dalam memberikannya.

Makanan juga dapat di tambahkan ketan hitam dan beras merah 3 s/d 5 butir/biji hingga burung perkutut selesai mabung. Tujuannya diberikan makanan seperti ketan yaitu untuk mnghangatkan suhu tubuhnya.

Sedangkan untuk untuk pemberian ketan hitam sebaiknya jangan melebihi atau jangan terlalu banyak. Sebab, jika terlalu banyaknya pemberian makanan berupa ketan hitam ini bisa menjadikan banyaknya /seringnya perkutut ganti bulu.

Dalam proses penjemuran cukup 30 menit s/d 1 jam di setiap 3 hari sekali sampai proses mabung selesai, jangan terlalu lama atau terlalu sering dalam menjemurnya.

Perawatan burung perkutut mabung selanjutnya yaitu anda bisa memberikan kandang umbaran yang cukup luas. Tujuannya yaitu memperluas gerak perkutut.

Meskipun, perkutut dalam kondisi mabung tersebut lebih cenderung diam atau tidak agresif. Namun, untuk melepakan bulunya yang dengan terbang di area yang lebih luas membutuhkan tenaga yang cukup banyak.

Tinggalkan Komentar