Mengenal Ciri Ciri Burung Perkutut Putih Asli dan Hasil Semiran

Perkutut Putih Bangkok atau yang biasa disebut dengan burung Perkutut Putih Lokal Silangan Bangkok merupakan jenis burung yang banyak dipelihara, sebab gampang sekali untuk dikembang biakkan.

Sebab Anda bisa mencoba berternak burung perkutut putih di rumah anda hanya dengan menggunakan sangkar petak maupun dengan memakai Kandang Penangkaran.

Untuk bisa menghasilkan burung perkutut putih, Sebaiknya anda punya sepasang perkutut putih (yang jenis kelaminnya jantan dan betina.

Akhir-akhir ini memang makin banyak para pecinta burung kicauan yang mulai menggemari burung perkutut putih ini. Sebab banyak sekali yang menhgatakan bahwa suara dari burung perkutut putih ini enak didengar.

Maka tidaklah hal yang mustahil jika perkutut putih makin popular dan banyak dicari oleh para pecinta burung kicau.

Akan tetapi untuk sekarang ini, di pasaran banyak beredar perkutut putih palsu atau hanya warna dari hasil semiran. Jadi harus benar benar tau ciri ciri burung perkutut putih asli.

Karakter Burung Perkutut Putih (albino)

Karakter Burung Perkutut Putih (albino)
Karakter Burung Perkutut Putih (albino)

Perkutut putih sesungguhnya termasuk jenis burung perkutut albino. Pada beberapa pasar burung, ada dua jenis perkutut putih yang beredar, masing-masing yaitu berasal dari ras bangkok dan juga berasal dari ras lokal (perkutut kapas).

Untuk sekarang ini sudah ada beberapa orang yang sukses di dalam mengembangbiakkan perkutut putih, dengan memanfaatkan induk pembawa gen albino.

Kesuksesan yang dibawanya itu tidak terlepas dari sifat perkutut putih yang gampang seklai beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya dan juga tidak mudah mengalami stres.

Selain merupakan jenis burung yang langka, ada mitos yang mengatakan jika perkutut putih dapat mendatangkan keberuntungan untuk orang yang merawatnya.

Pastinya hal tersebut hanya sebuah anggapan yang tidak perlu dipercayai.

Namun tak ada salahnya jika dipahami burung perkutut ini sebagai salah satu kearifan lokal yang ada di masyarakat kita.

Daya tarik dari burung perkutut ini yaitu penampilannya yang langka dan indah, sehingga membuat banyak orang tertarik.

Burung ini juga memiliki kesan elegan jika dibandingkan dengan perkutut jenis ini. Akan tetapi, di tengah naik pamornya perkutut putih, masih saja terjadi oknum pedagangyang berbuat kecurangan.

Misalnya saja dengan cara menyemir perkutut biasa. Kemudian mereka menjualnya sebagai perkutut putih tujuannya untuk memperoleh keuntungan yang lebih banyak.

Untuk mencegah adanya penipuan yang seperti ini, lebih baik kita mengenali perbedaan antara ciri ciri burung perkutut putih asli dan burung perkutut putih hasil semiran.

Ciri Ciri Burung Perkutut Putih Asli

Ciri Ciri Burung Perkutut Putih Asli
Ciri Ciri Burung Perkutut Putih Asli

Tubuh burung berwarna putih dan memiliki sedikit lurik tipis yang ada di bagian dadanya.

Mempunyai paruh yang berwarna merah keputihan.

Ciri ciri burung perkutut putih asli yaitu pada bagian matanya berwarna merah dan tembus cahaya.

Akan tetapiyang harus anda ingat, ada juga perkutut yang tidak kehilangan seluruh pigmen melanin, dengan demikian mata masih terlihat hitam

Burung perkutut putih asli juga memiliki kaki yang juga berwarna merah keputihan.

Ciri-ciri Perkutut Putih Hasil Semiran

Pada bagian tubuh perkutut putih semiran umumnya akan memiliki kulit yang kebiruan karena iritasi.

Kemudian ciri yang selanjutnya yaitu tidak ada lurik pada bagian dadanya, sebab seluruh bulu tersapu dengan semir putih.

Warna paruhnya juga cenderung lebih gelap / hitam.

Mempunyai mata kehitaman dan juga tidak tembus cahaya. Akan tetapi, sekali lagi, ini bukan tengara yang pasti, sebab ada juga perkutut albino yang matanya tetap hitam sebab masih ada pigmen melanin.

Memiliki kaki yang berwarna gelap / hitam.

Tinggalkan Komentar