Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Cililin Macet Bunyi

Cililin merupakan jenis burung masteran di kalangan pecinta burung kicauan. Tak heran jika banyak orang yang memilikinya. Tapi banyak juga yang mengeluhkan perawatan burung yang tampilannya unik ini.

Burung cililin merupakan salah satu anggota keluarga gagak-gagakan (Corvidae). Burung yang masuk dalam keluarga ini banyak yang dikenal memiliki kecerdasan yang tinggi.

Akan tetapi sebagian besar di antara mereka juga gampang stres. Tak hanya mudah stres, burung cililin juga kerap mengalami macet bunyi yang dapat menghambat proses pemasteran.

Setiap burung kicauan memang sudah wajar jika terjadi masalah macet bunyi, termasuk juga cililin. Hal terburuk yaitu macet bunyi di tengah lomba, hal seperti ini dapat menjadikan burung kicauan Anda kalah dalam perlombaan.

Masalah prilaku ini juga dapat terjadi pada burung cililin.Dengan demikian, Anda sebagai pemilik cililin yang kerap mengikutkan burungnya dalam lomba harus mengetahui bagaimana cara mengatasi burung cililin macet bunyi yang baik dan benar supaya nantinya tidak akan terjadi lagi masalah seperti itu.

Faktor Penyebab Cililin Macet Bunyi

Penyebab Burung Cililin Macet Bunyi
Penyebab Burung Cililin Macet Bunyi

Beberapa faktor penyebab burung cililin rentan terjadi stres dan macet bunyi yaitu;

Pemberian pakan yang dinilai berlebihan, karenanya burung menjadi kurang aktif dan bisa malas bunyi. Selain itu bisa juga disebabkan burung kekurangan pakan, burung juga akan gampang stres, sakit, atau bahkan cepat mati.

Proses penjemuran terlalu lama yang berlebihan juga dapat menjadi faktor penyebab cililin mudah stres yang selanjutnya akan mengalami macet bunyi.

Atau anda menggantang sangkarnya pada tempat yang terdapat embusan angin kencang, seperti halnya dekat compressor AC , blower, kipas angin maupun dekat dengan ventilasi udara. Hal ini yang mengakibatkan burung mudah sakit dan stamina juga gampang ngedrop.

Tempat air minum tidak sering diganti dan kotor. Cepuk air minum yang kotor dapat menjadikan burung cililin gampang terkena penyakit yang bisa berakibat fatal.

Cara Mengatasi Burung Cililin Macet Bunyi

Cara Mengatasi Burung Cililin Macet Bunyi
Cara Mengatasi Burung Cililin Macet Bunyi

Cililin memang termasuk burung jenis gagak yang memiliki dua variasi warna dan jenis. Diantaranya yaitu cililin coklat dan dan juga hitam.

Perbedaan warna atau jenis ini tak bisa dipungkiri jika semua jenisnya bisa terkena masalah macet bunyi. Meskipun beda jenis, namun cara perawatan burung cililin atau cara mengatasi masalahnya bisa dikatakan sama.

Jika anda menemui burung cililin mulai tampak stres dan macet bunyi, anda bisa segera melakukan tindakan yang diperlukan. Tujuannya supaya kondisinya tidak bertambah parah.

Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengatasi cillin stres dan macet bunyi;

Jika cililin peliharaan anda ditaruh pada sangkar yang ukuran sedang atau kecil, maka cara mengatasi burung cililin macet bunyi dan stres dapat anda lakukan dengan memindahkannya ke dalam sangkar yang ukurannya lebih luas.

Bisa juga anda memberikan pakan tambahan seperti jangkrik dan kroto dan jumlahnya diperbanyak dari yang biasanya. Berikan juga pakan tambahan lainnya seperti ulat jerman dan kepompong.

Dalam waktu beberapa hari, sangkarnya digantang pada tempat teduh sambil dikerodong dan diputarkan suara terapi alam, contohnya saja suara hutan serta suara air mengalir.

Anda bisa menjemur secukupnya saja, atau tidak lebih dari 10 menit. Setelah itu digantang di tempat sejuk dan berdampingan dengan burung bersuara ngerol yang rajin bunyi .

Anda juga harus memperhatikan ketersediaan air minum dan menjaganya supayat etap berada dalam kondisi bersih. Berikan air minum yang sudah matang. Sesekali juga dapat anda berikan larutan penyegar.

Tinggalkan Komentar