Mengetahui Perbedaan Burung Cililin Coklat dan Hitam

Untuk mengetahui perbedaan burung cililin coklat dan hitam ini bisa dibedakan dari dari habitat, warna, jenis suara, harga serta ciri fisik lainnya. Cililin ini adalah jenis burung dari keluarga gagak-gagakan. Bahkan ada juga yang menyebut jenis burung ini dengan sebutan burung Gagak jerit.

Burung Cililin (Platylophus Galericulatus) juga merupakan Cordvidae Family yang diketahui memiliki suara yang bagus dan juga punya tingkat kecerdasan yang tinggi.

Perbedaan Burung Cililin Coklat dan Hitam

hbw.com

Pada umumnya di Indonesia, dapat ditemukan dua jenis cililin yaitu cililin hitam dan cililin coklat. Anda harus tahu bagaimana membedakan cililin coklat dan hitam karena tak ada yang tahu kapan Anda akan dihadapakan hal-hal seperti ini.

Cililin termasuk dalam keluarga gagak-gagakan. Meski tak terlalu mirip gagak kecuali cililin hitam karena bulunya hampir sama dengan gagak, hanya saja gagak memiliki bulu yang hitam pekat. Burung jenis ini memiliki nama remsi tangkar ongklet atau jika Anda berjalan-halan di indonesia bagian barat, cililin lebih dikenal sebagai gagak jerit.

1. Dilihat dari Daerah Asalnya

Cililin hitam banyak dijumpai dari Pulau Jawa dan juga disekitarnya. Sedangkan untuk Cililin yang warnanya cokelat ini memiliki daera asal yaitu di luar pulau jawa.

2. Suara Burung Cililin

Suara cililin baik itu cililin coklat dan hitam mungkin terdengar sama saja. Namun, terdapat sedikit perbedaan yang ada antara cililin coklat dan cililin hitam jika dilihat dari segi suara.

Cililin coklat lebih mempunyai suara yang lebih bertenaga dan sangat kencang. Kemudian, untuk burung cililin hitam memiliki suara kasar dan ngeroll dengan durasi yang lebih pendek jika dibandingkan dengan burung cililin coklat.

3. Warna Bulunya

flickr.com

Inilah yang dijadikan sebagai patokan paling utama untuk mengetahui perbedaan burung cililin coklat dan hitam, yakni dengan melihat warna bulunya. Akan tetapi, anda bisa perhatikan dengan teliti. Sebab, untuk warna bulu tidak sepenuhnya karena genetika alami. Dapat disebabkan oleh perubahan bulu karena stress, penyakit, serta sedikit genetika berbeda maupun kelainan keturunan.

Biasanya untuk burung cililin hitam yang banyak ditemukan di wiliyah Jawa yaitu yang berwarna hitam. Ada juga yang pu nya warna bulu sedikit abu-abu. Lalu, untuk burung cililin coklat yang dijumpai di Sumatera, pada umumnya mempunyai warna bulu coklat maupun sedikit kemerahan.

Tak hanya itu saja, bintik putih juga ada pada daerah alis. Sedangkan yang jantan punya bintik putih yang rapat dan kecil. Dan untuk yang betina, memiliki bintik putih yang besar.

4. Jambul

Untuk bagian jambul pada burung cililin tak terlalu memiliki perbedaan yang besar. Akan tetapi, perbedaan ada di bagian warna jambulnya. Walaupun jambul cililin coklat cenderung berwarna coklat, akan tetapi sedikit mengarah ke hitam.

Sama halnya dengan burung cililin hitam. Jambulnya memiliki warna hitam, akan tetapi terdapat juga yang sedikit berwarna abu-abu kehitaman. Lalu untuk ukuran sebenarnya sama saja. Ukurannya juga hampir sama, kecuali untuk masalah jenis kelamin. Jantan cenderung mempunyai jambul lebat dan panjang jika dibandingkan burung betina.

5. Mata

Perbedaan burung Cililin coklat dan hitam juga bisa dilihat di bagian mata. Untuk bagian mata, cililin coklat ini mempunyai mata hitam pekat. Jadi, lain halnya dengan mata cililin hitam yaitu abu-abu maupun yang sedikit kehitaman. Semuanya mempunyai mata yang sama-sama menonjol untuk jenis jantan. Lain halnya dengan burung jenis betina yang sedikit tampak layu.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar