Mengetahui Berbagai Penyebab Burung Hantu Tidak Mau Makan

Burung hantu adalah jenis burung yang sering beraktifitas di malam hari dan memiliki suara yang unik dan mungkin terdengar seram. Untuk anda yang di rumahnya memelihara burung hantu, terkadang mengalami permasalahan burung hantu tidak mau makan.

Burung hantu yang tidak mau makan pada umumnya karena berbagai hal. Bisa jadi karena adanya penyakit, gangguan dari hewan lain, stres, bosan dengan makanan, danmasih banyak penyebab burung hantu tidak mau makan yang lainnya.

Ketika burung Hantu tidak mau makan, sebaiknya, anda melihat kondisi dari burung tersebut. Apakah dalam keadaan sehat atau kondisi kesehatannya menurun. Apabila keadaannya tampak sehat dan bugar, bisa jadi penyebabnya yaitu burung Hantu bosan dengan makanan sehari-hari.

Penyebab Burung Hantu Tidak Mau Makan

Penyebab Burung Hantu Tidak Mau Makan
jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com

Lain halnya dengan burung Hantu tidak mau makan serta kondisi tubuhnya tampak kurang sehat. Tentunya ada penyakit yang sedang dia derita. Penyakit yang mengakibatkan burung Hantu tidak mau makan ternyata juga beragam.

1. Penyakit Infeksi Pencernaan

Penyebab burung hantu tidak mau makan bisa jadi karena terjadiya infeksi pencernaan. Burung Hantu yang memakan hewan-hewan kecil, biasanya akan menelan tulangnya tanpa sengaja yang menjadikan infeksi pencernaan.

Guna mengatasi masalah pencernaan burung Hantu, sebaiknya anda memberinya minum supaya tenggorokan serta pencernaan bisa lancar. Pada umumnya, burung Hantu yang terkena gangguan pencernaan akan terlihat murung, mata tertutup serta tidak mau makan.

2. Penyakit Crop Stasis (Asam Tembolok)

Penyakit Crop Stasis bisa menjadikan burung Hantu tidak mau makan sama sekali. Karena, burung Hantu terkena infeksi pada saluran pencernaan karena makanan yang sulit dicerna tersebut menumpuk.

Maka dari itu, anda bisa memberikan pakan burung Hantu seperti daging yang telah dipisahkan dari tulangnya. Atau berikan hewan kecil supaya aman untuk percernaan burung Hantu.

3. Penyakit Aspergillosis (Asper)

Penyakit Aspergillosis merupakan jenis penyakit burung hantu yang diakibatkan oleh jamur genus Aspergillus fumigatus dan Aspergillus flavus. Jamur tersebut pada umumnya ditemukan di tanah yang membusuk.

Ketika terkena penyakit ini burung akan menjadi lemas, imunitas menurun, dan tidak mau makan. Jadi obatilah, selanjutnyaanda harus rajin membersihkan sangkar dan mengganti pakan minum setiap hari.

4. Penyakit Virus West Niller

Penyakit Virus West Niller adalah jenis penyakit burung hantu yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Penyakit ini dapat mengakibatkan burung Hantu lemas, mata tertutup. Bahkan bisa terjadi penurunan nafsu makan. Jadi, berilah makan-makanan yang bergizi.

5. Penyakit Tetelo atau Newcastle Disease

Penyakit Tetelo pada umumnya ditandai dengan kejang-kejang karena virus. Oleh sebab itu, anda bisa memberinya vaksin yang dapat anda beli di kios burung. Pisahkan burung Hantu dengan burung yang lain supaya virusnya tidak menular pada burung lain.

6. Bosan Dengan Makanannya

Makanan Burung Hantu
burungnya.com

Penyebab burung Hantu tidak mau makan yaitu karena bosan dengan makanannya. Supaya tidak bosan, anda bisa memberikan jenis makanan burung hantu dengan bervariasi.

7. Penyakit Stres

Burung Hantu dapat strss karena gangguan hewan lain atau kerap beraktivitas di siang hari. Jika terkena stres, burung Hantu malas makan bahkan juga mogok makan. Anda bisa memberikan jangkrik selama 4 hari berturut-turut atau tikus putih bersih untuk burung hantu anda.

Biarkan burung hantu anda sendiri dalam kesunyian dan ruang remang-remang. Kemudian, berikan tikus putih supaya naluri berburunya kembali pulih dan tidak stres lagi.

Jika anda mengetahui penyebab burung Hantu tidak mau makan tersebut, maka anda harus segera mengatasinya.

Tinggalkan Komentar