Cara Mencegah Burung Kenari Kegemukan dan Penyebabnya

Kenari merupakan jenis burung kicauan bersuara merdu yang mudah sekali untuk dibiakkan . Masa produksinya juga bisa diprediksi oleh peternak.

Oleh sebab itu para pemelihara burung kenari di dalam  mengatasi hal yang  menjadi penyebab kegagalan anda bisa lakukan melalui perawatan yang baik, termasuk manajemen pemeliharaan danlain sebagainya.

Akan tetapi masalah kegemukan pada burung kenari terkadang menjadi salah satu masalah yang sering menimpa burung peliharaan dalam beternak.

Selain menjadikan ktivitasnya berkurang karena bobot yang terus bertambah, kenari gemuk juga cenderung malas berkicau dan juga menjadi penyebab kenari susah bertelur.

Penyebab Burung Kenari Kegemukan

Penyebab Burung Kenari Kegemukan
Penyebab Burung Kenari Kegemukan

Biasanya, burung kenari akan memakan apa saja yang digemarinya. Jika sudah suka dengan jenis pakan tertentu, kenari akan terus mengkonsumsinya tanpa kenal waktu dan aturan.

Oleh sebab perilakunya yang seperti itu, maka burung rentan mengalami kegemukan dan juga makin malas bergerak, terlebih lagi lagi berkicau.

Untuk burung kenari yang kegemukan biasanya disebabkan oleh kebanyakan mengkonsumsi makanan seperti berikut ini.

Bijian berwarna hitam

Pakan bijian berwarna hitam terdapat kandungan lemak yang lebih tinggi jika dibandingkan bijian dengan warna lain seperti merah atau putih.Walaupun demikian, banyak sekali burung kenari yang menyukai jenis bijian hitam.

Telur rebus

Burung kenari yang terlalu kerap mengkonsumsi telur puyuh atau telur ayam rebus mudah sekali mengalami kegemukan. Pakan tambahan / extra fooding (EF) ini memang begitu disukai oleh semua jenis kenari.

Mereka akan tselalu memakannya hingga habis, tanpa mempedulikan makanan lainnya yang telah Anda siapkan di dalam sangkarnya.

Buah-buahan dengan kadar gula tinggi

Beberapa jenis buah yang punya kadar gula cukup tinggi lebih baiknya hindari atau jangan terlalu sering diberikan. Tujuannya supaya kenari tak mudah mengalami kegemukan.

Selain menyebabkan burung kegemukan, buah yang berkadar gula tinggi juga bisa berdampak kurang baik untuk kesehatan burung.

Cara Mencegah Burung Kenari Kegemukan

Cara Mencegah Burung Kenari Kegemukan
Cara Mencegah Burung Kenari Kegemukan

Untuk mencegah burung kenari kegemukan, beberapa hal berikut ini bisa Anda lakukan:

Mengurangi pakan bijian berwarna hitam

Mengurangi pakan biji-bijian yang warnanya hitam seperti niger seed dapat membantu mencegah kegemukan pada burung kenari.

Walaupun pakan bijian ini cukup ampuh meningkatkan birahi dan juga bisa menjadikan kenari rajin berbunyi, akan tetapi apabila dikonsumsi berlebihan maka bisa berdampak kurang baik.

Alternatifnya, berikanlah pakan bijan berwarna hitam dalam cepuk terpisah, akan tetapi hanya diberikan beberapa hari sekali saja.

Membatasi pemberian telur rebus

Cara mencegah burung kenari kegemukan bisa dilakukan dengan mengurangi pemberian telur rebus. Telur rebus baik sekali dalam menambah stamina serta membantu meningkatkan birahi.

Akan tetapi apabila terlalu berlebihan maka dapat mengakibatkan berbagai gangguan, seperti halnya kegemukan.

Oleh sebab itu, Anda sebaiknya membatasi pemberian telur rebus, dan anda cukup memberikannya setiap 3-4 hari sekali.

Memilihkan buah-buahan secara tepat

Apel merupakan salah jenis buah yang sudah dinilai aman sekali bagi burung kenari. Akan tetapi pemberiannya dilakukan dengan cara dipotong kecil-kecil dan ditempatkan pada cepuknya, atau digantung pada sangkar hariannya.

Tak hanya dijadikan sebagai penambah stamina, apel dipercaya dapat mencegah kegemukan.

Berikan sayuran hijau setiap pagi

Sayuran hijau juga merupakan pakan penting yang dapat anda berikan setiap hari kepada kenari. Sayuran hijau juga dapat mencegah kegemukan apbila diberikan dengan tepat.

Berikan sayuran hijau di saat pagi hari setelah terlebih dahulu mencabut pakan bijiannya. Anda juga bisa memberikan ketika burung kenari sedang dijemur.

Komentar Facebook

Komentar Blog