Inilah Cara Menjaga dan Meningkatkan Kualitas Masteran Cililin

Cililin termasuk jenis burung pemaster yangsudah banyak dipelihara oleh para pecinta burung kicauan. Khususnya untuk mereka yang mempunyai burung murai batu.

Hal ini disebabkan oleh burung cililin yang bisa mengeluarkan suara gacor yang rapat dan juga terdengar tajam.

Oleh sebab itu jika dinyanyikan oleh burung murai batu, bisa jadi burung tersebut terkesan unik.

Karena suaranya yang unik dan cocok untuk dijdikan sebagai masteran ini maka membuat burung yang berjambul seperti ini menjadi banyak dikenal.

Akan tetapi dipelihara sebagai burung masteran yang bersuara rapat dan tajam.

Meski hanya dijadikan sebagai burung masteran, akan tetapi burung cililin mempunyai harga yang cukup tinggi.

Karakter Burung Cililin

Karakter Burung Cililin
Karakter Burung Cililin

Burung cililin merupakan keluarga dari burung gagak-gagakan. Untuk burung berjambul ini terkadang juga disebut dengan tangkar ongklet.

Cililin nama latinnya yaitu Platylophus galericulatus. Burung ini mempunyai sifat petarung yang sifatnya tak mau dikalahkan dengan burung yang lainnya.

Jika ada burung sejenis atau burung lain yang kicauannya keras, maka burung cililin akan segera membalasnya dengan suara yang lebih keras, bahkan paling keras semampunya.

Kicauannya yang ngotot, rapat dan tajam tersebut begitu diharapkan dapat ditirukan oleh burung murai batu atau burung kicauan yang lainnya.

Namun untuk hasil terbaik anda harus bisa meningkatkan kualitas masteran cililin.

Cara Meningkatkan Kualitas Masteran Cililin

Cara Meningkatkan Kualitas Masteran Cililin
Cara Meningkatkan Kualitas Masteran Cililin

Burung cililin biasanya memiliki sifat yang rentan mengalami kematian atau tidak berumur panjang.

Akan tetapi kasus kematian yang terjai pada burung cililin tersebut intinya disebabkan oleh faktor perawatan yang kurang tepat.

Makanan Utama

Untuk mwnungkatkan kualitas masteran cililin harus diperhatikan pakan utamanya. Pakan utama untuk burung cililin yaitu berupa serangga yang agak besar.

Misalnya seperti jangkrik, belalang dsb. Tapi juga suka makan kroto dan serangga kecil apabila tidak ada serangga berukuran besar.

Burung cililin juga gemar makan buah-buahan seperti pisang, pepaya dsb. Buah-buahan untuk tambahan pakan serangga supaya tidak terlalu panas.

Selain itu buah-buahan juga termasuk sumber nutrisi yang diperlukan oleh burung cililin.

Pakan Voer

Pilih jenis voer yang yang ukurannya besar serta agak kasar, seperti voer untuk burung besar pada umumnya. Berikan makanan berupa voer yang kiranya disukai oleh burung cililin peliharaan anda.

Pemandian

Mandikan burung cililin peliharaan anda 2 kali dalam sehari. Setiap pagi dan sore hari burung dimandikan dengan cara disemprotkan atau mandi keramba.

Semuanya dilakukan sesuai dengan kebiasaan burung tersebut. Lebih baik lagi jika pemandian memakai shampo khusus untuk burung, supaya bulunya lebih sehat dan juga bisa terbebas dari kutu.

Penjemuran

Pada proses penjemuran burung cililin ini sebaiknya harus lebih diperhatikan dalam meningkatkan kualitas masteran cililin.

Burung cililin tidak tahan akan panas, jadi jemurlah paling lama dalam waktu 30 menit, atau bisa juga dalam waktu kurang dari 30 menit saja.

Burung cililin yang dijemur dalam waktu yang terlalu lama bisa beresiko mengalami kematian.

Burung cililin yang siap menjadi burung pemaster yaitu burung yang telah gacor. Untuk cililin gacor juga dapat mengalami macet bunyi atau jadi tidak rajin.

Perawatan yang baik dan benar bisa meningkatkan kualitas masteran cililin, entah itu dalam durasi, volume serta dari segi kualitasnya.

Bisa memelihara burung yang menghasilkan suara kicauan yang gacor memang membanggakan, sebab hal tersebut mencerminkan siapa yang merawatnya dan bagaimana pola perawatan kesehariannya.

Tinggalkan Komentar