Penyebab Burung Kenari Sulit Bertelur Yang Harus Diketahui

Kenari adalah jenis burung kicauan dengan bulu cantik dan suara yang merdu yang mudah sekali untuk ditangkarkan. Oleh sebab itu, banyak sekali orang yang menangkarkan atau menernakkannya.

Penangkar bisanya sudah bisa memprediksi masa produksinya, sehingga dalam mengatasi hal yang bisa mengakibatkan kegagalan dalam menangkarkannya bisa cepat teratasi.

Yaitu dengan melalui berbagai cara yang baik, termasuk cara pemeliharaan dan recording.

Biasanya betina kenari siap berproduksi kurang lebih sekitar umur 8 sampai dengan 10 bulan. Betina dari burung kenari akan melakukan proses reproduksi ketika umur tersebut dengan menunjukkan adanya tanda-tanda.

Diantaranya burung betina itu telah ada respon pada saat mendengarkan dan melihat pejantan merayunya.

Selain itu burung kenari betina juga menunjukkan perilaku baru. Diantaranya yaitu membawa serabut-serabut yang telah disiapkan oleh penangkar untuk dijadikan sarang.

Segi fisik pun juga bisa kita lihat yaitu dengan melihat pada bagian perut dan anus yang telah tampak membesar, merah dan bengkak.

Itu termasuk tanda tanda jika burung kenari tersebut sudah siap untuk ditangkarkan dan siap untuk dikawinkan.

Penyebab Burung Kenari Sulit Bertelur

Penyebab Burung Kenari Sulit Bertelur
Penyebab Burung Kenari Sulit Bertelur

Dalam penangkaran burung kenari terkadang ada permasalahan yang dihadapi seperti terlambat birahi. Hal ini mengakibatkan proses reproduksinya juga terlambat.

Dalam suatu kasus pernah dijumpai bahwa burung betina yang terlambat birahi, kira-kira sudah umur 2 tahun belum juga memperlihatkan tanda-tanda bahwa kenari tersebut sudah siap untuk ditangkarkan.

Hal-hal yang mengakibatkan burung kenari betina yang terlambat birahi dan penyebab burung kenari sulit bertelur adalah faktor manajemen pemeliharaan yang kurang maksimal.

Selain itu pemberian pakan yang tidak baik, dan juga faktor genitas. Berikut ini penjelasan burung kenari sulit bertelur.

Usia Kenari yang belum memasuki usia produksi

Sama dengan penyebab lovebird sulit bertelur, salah satu penyebab burung kenari sulit bertelur yaitu usianya yang belum memasuki produksi.

Dengan demikian walaupun indukan Kenari betina sudah melakukan beberapa kali perkawinan, namun belum bisa bertelur juga dapat diakibatkan oleh perawatan yang kurang baik.

Usia Kenari betina yang masih muda

Usia Kenari betina yang masih muda dapat menjadi penyebab mengapa kenari betina tidak mau bertelur.

Sebab walaupun Kenari betina dengan Kenari jantan tidak kawin, akan tetapi Kenari betina belum siap tetap saja tidak akan bertelur.

Kenari betina mandul

Kenari yang tidak kunjung bertelur juga bisa disebabkan oleh factor kemandulan. Dan untuk hal ini tentu akan mengecewakan bagi peternaknya.

Akan tetapi ini bisa terjadi karena perawatan yang salah. Misalnya saja seperti pemberian ekstra fooding yang salah.

Dengan demikian bisa menyebabkan tubuh Kenari terlalu panas jenis pakan yang dimaksud yaitu niger seed dan kroto. Terkadang juga disebabkan oleh factor kegemukan atau obesitas

Kenari pejantan tidak ngisi

Burung Kenari Jantan Tidak Ngisi
Burung Kenari Jantan Tidak Ngisi

Sudah banyak yang mengira jika Kenari betina tidak bertelur disebabkan oleh kemandulannya. Padahal hal tersebut tidak hanya disebabkan oleh burung kenari betinanya saja.

Akan tetapi melainkan penjantannya yang tidak baik. Diantaranya penjantan yang tidak bisa membuahi betina/ tidak ngisi.

Kenari pejantan tidak ngisi dapat diakibatkan oleh kegemukan dan juga pejantan masih mengalami mabung. Oleh sebab itu akan merasa kesakitan saat dikawinkan.

Bulu di sekitar kloaka terlalu lebat

Pada waktu burung Kenari jantan dan betina melakukan proses perkawinan sebaiknya bisa bersentuhan secara sempurna.

Akan tetapi sebab bulu disekitar kloaka yang terlalu lebat maka proses perkawinannya pun akan menjadi terganggu.

Jadi, ketika ingin mengawinkan Kenari jantan dan betina lebih baik pada bulu disekitar kloaka dipangkas dengan benar.

Komentar Facebook

Komentar Blog