Gunakan Cara Menghilangkan Kerak pada Kaki Kenari yang Ampuh

Cara menghilangkan kerak pada kaki kenari penting untuk diketahui. Kerak burung kenari ditandai dengan tumbuhnya jamur di kaki dan sela-sela jarinya. Hal ini bisa mengganggu performa burung kicauan yang satu ini.

Sebenarnya masalah ini timbul akibat keteledoran anda sendiri. Gunakan cara menghilangkan kerak pada kaki kenari agar bisa sehat kembali.

Gunakan Cara Menghilangkan Kerak pada Kaki Kenari yang Ampuh
omkicau.com

Cara Menghilangkan Kerak pada Kaki Kenari

Masalah yang sering terjadi pada jenis burung kicauan ini adalah kakinya yang berkerak. Namun, hal ini tidak akan terjadi jika anda selalu menjaga kebersihan kandang.

Utamakan pada area tangkringan burung maka masalah ini mungkin tidak akan timbul. Penyakit kerak pada kaki kenari hanya akan dialami jika sangkar dan tangkringan burung tidak terjaga kebersihannya.

Biasanya tangkringan atau sangkar kenari kotor karena terkena makanan dan percikan air. Hal ini berakibat kondisinya menjadi lembab.

Jika kondisi seperti ini tidak segera dibersihkan, maka kenari akan tidak merasa nyaman. Selain itu, pastinya menimbulkan penyakit.

Salah satunya yaitu penyakit kerak atau jamur pada kaki kenari. Jika hal ini sudah menyerang burung kenari anda, langsung lakukan perawatan untuk menyembuhkannya.

Cara Atasi Kerak pada Kaki Kenari Agar Cepat Sembuh

Bagi anda pecinta burung kenari atau peternak burung kenari, sebaiknya segera tangani masalah yang terjadi pada burung peliharaan.

Ada cara mengobati burung kenari yang sudah terlanjur terserang penyakit jamur atau kaki berkerak. Diantaranya:

Bersihkan Sangkar

Jika burung kenari anda terserang jamur, maka segera keluarkan dari sangkar dan segera bersihkan sangkarnya. Anda harus sigap dalam menangani masalah ini.

Cuci bersih sangkar burung seluruh bagian tanpa terkecuali. Jika sudah benar-benar bersih, maka bisa di keringkan dengan kapas atau tisu yang bersih.

Gunakan Salep

Langkah selanjutnya jika sangkarnya sudah bersih, sekarang tinggal obati burung kenari. Anda bisa memberikan salep pada kaki kenari yang berkerak/jamuran seperti salep bio clean.

Salep ini sudah terbukti memiliki banyak manfaat dan ampuh. Terutama menangani masalah kerak pada kaki kenari.

Selain bio clean, anda bisa gunakan salep 88. Gunakan kedua salep tersebut agar bisa mengobati secara maksimal.

Gunakan Minyak

Jika anda belum bisa menemukan salep untuk pengobatan kenari terkena jamur, maka bisa gunakan minyak. Gunakan minyak tanah sebagai obat alternatif sebelum memiliki salep tersebut.

Caranya mudah saja, hanya dengan mengoleskan minyak tanah pada bagian yang terinfeksi jamur dan biarkan mengering dengan sendirinya.

Selain minyak tanah, anda bisa gunakan juga minyak tawon. Banyak manfaat yang bisa anda dapatkan, salah satunya mengobati kaki kenari yang berkerak.

Mandikan dan Jemur

Jika beberapa langkah tersebut sudah anda lakukan, maka hal selanjutnya yaitu mandikan kenari dan jemur. Anda bisa gunakan cara menyemprot kenari untuk memandikannya.

Gunakan spray untuk memandikan kenari sehingga terlihat benar-benar bersih. Selanjutnya jemur kenari agar tidak kedinginan.

Jaga Kebersihan Sangkar

Burung bisa terinfeksi jamur dikarenakan sangkarnya kotor dan tidak dibersihkan. Oleh karena itu, selalu jaga kebersihan sangkar agar burung kenari terjaga kesehatannya.

Bersihkan secara rutin dan lebih teliti untuk menjaga burung kenari terhindar dari berbagai penyakit.

Burung kenari memiliki suara kicauan yang bagus sehingga sering diperlombakan. Jaga selalu kesehatan burung kenari agar performanya tetap terjaga.

Jika kenari terinfeksi jamur, gunakan cara menghilangkan kerak pada kaki kenari dengan cepat dan tepat.

Update Info Terbaru