Pakan Alami Burung Kenari Merah Agar Warna Bulu Tetap Cerah

Burung kenari termasuk salah satu jenis burung kicauan yang mepunyai warna tubuh yang terlihat sangat menawan.

Salah satu burung kenari warna yang menarik untuk dipelihara yaitu burung kenari merah.

Kenari red-factor, atau yang sering dikenal dengan burung kenari merah merupakan jenis burung kenari yang mempunyai pigmen bulu yang berwarna kemerahan.

Burung Kenari Merah
Burung Kenari Merah

Banyak sekali variasi yang dapat kita temui pada burung kenari merah yang ditentukan oleh intesitas warna merah yang ada pada bulunya. Contohnya saja seperi red intensive atau merah pekat, dan juga rose (red pastel).

Selain itu ada juga red mosaic (bon putih merah) dan sebagainya. Agar warna pada kenari merah bisa selalu terjaga maka perhatikan dalam berbagai hal. Antara lain yaitu berupa asupan beta karoten yang ada pada makanannya.

Akan tetapi apabila tidak diberikan perawatan yang tepat, terlebih lagi dari segi pemberian pakan yang mengandung beta karotene.

Maka warna-warna merah yang ada di bagian tubuh burung kenari tersebut bisa gampang sekali menjadi pudar. Khususnya pada saat burung tersebut sedang mengalami masa mabungnya.

Maka dari itu penting sekali untuk memberikan pakan alami burung kenari merah berupa biji-bijian sebagai makanan utamanya.

Selain itu berikan juga makanan tambahan (extra fooding) seperti halnya buah atau sayuran yang banyak terdapat kandungan beta karotene.

Anda juga bisa memberikan makanan olahan yang telah dicampur dengan zat pewarna khusus yang alami. Asalkan tidak menggunakan bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan burung kenari merah peliharaan anda.

Pemberian Pakan Kenari Merah

Salah satu hal yang jangan sampia terlewatkan di dalam merawat kenari merah yaitu dalam hal pemberian pakan yang mengandung pigmen alami.

Sebab jika tidak didukung dengan pakan alami burung kenari merah yang mengandung beta karoten, maka warna merahnya akan memudar dan berubah menjadi kuning atau orange yang normal. Terlebih lagi pada saat burung berganti bulu serta pada masa berkembang biak.

Akan tetapi intensitas warna merah yang memunculkan varian / strain kenari red intensive, rose, serta red mozaik sangat dipengaruhi juga oleh faktor lain yaitu genetik (keturunan).

Sehingga terdapat dua faktor inti yang sangat berpengaruh pada penampilan warna pada kenari merah, diantaranya yaitu genetik dan juga beta karoten dalam pakan burung kenari merah.

Jadi meki kita memelihara burung kenari merah, dan dalam memelihara anda tidak pernah memberikan makanan yang kaya akan beta karoten, dengan demikian warnanya tak akan bisa bertahan merahdan justru akan memudar.

Dan pada kasus red intensive, warna akan berubah ke warna aslinya (oranye) ketika burung memasuki masa mabung maupun ketika burung tersebut bertelur.

Pakan Alami Burung Kenari Merah

Pakan Alami Burung Kenari Merah
Pakan Alami Burung Kenari Merah

Wortel

Wortel adalah pakan alami burung kenari merah yang bisa diberikan dalam bentuk utuh yang digantung.

Bisa juga diberikan dengan cara diparut dan hasil parutannya itu disimpan dalam wadah terpisah.

Cabai merah dan paprika

Cabai merah dan paprika juga dapat anda berikan pada burung kenari merah peliharaan anda dalam bentuk utuh atau dalam bentuk kering.

Ubi jalar

Ubi jalar juga dapat anda berikan pada kenari merah dengan cara direbus terlebih dahulu.

Labu

Buah labu biasanya diberikan pada saat burung kenari sedang memasuki masa mabung. Tujuannya untuk menjaga agar warna merah supaya tidak berubah dan tetap ada saat bulu-bulu baru bermunculan.

Melon dan Tomat

Melon dan tomat punya kandungan beta karoten yang cukup, maka bisa diberikan untuk dijadikan pakan tambahan bagi burung kenari merah.

Tinggalkan Komentar