Cara Merawat Kolibri Sepah Raja Agar Bisa Gacor

Salah satu satu burung pemakan madu yang populer dan banyak dipelihara yaitu burung  Kolibri Sepah Raja. Jenis burung ini sering dijumpai di kepulauan riau.

Salah satu wilayah yag sering dihuni jenis burung madu ini yaitu Pulau Bintan. Memang sudah diketahui jika pulau ini menyimpan begitu banyak tempat-tempat yang dirasa cukup nyaman bagi burung-burung mungil dan juga cantik.

Tidak hanya burung jenis Sepah Raja saja, akan tetapi burung madu lainnya pun juga banyak terdapat di wilayah ini jika dibandingkan populasinya di jawa timur.

Sebagian dari pecinta burung kicauan yang berada di pulau bintan, tanjung pinang dan juga wilayah di sekitarnya, ada yang memelihara burung ini untuk dijadikan burung kicauan dirumah.

Selain itu ada juga yang menjadikannya sebagai masteran untuk burung-burung peniru lainnya.

Supaya burung yang anda pelihara mau rajin berkicau dengan merdu di dalam sangkar, maka sebaiknya di kondisikan dengan senyaman mungkin dan juga memperoleh perawatan dengan sebaik mungkin.

Cara Merawat Kolibri Sepah Raja

Cara Merawat Kolibri Sepah Raja
Cara Merawat Kolibri Sepah Raja

Pada dasarnya cara merawat kolibri sepah raja untuk setiap harinya bisa di katakan sedikit sulit.

Namun apabila burung tersebut anda pelihara sejak masih anakan atau trotolan, maka tentunya akan sedikit lebih muda dan juga cepat menjadi jinak apabila di bandingkan dengan anda beli yang telah dewasa.

Jika anda memeliharanya sejak masih trotolan atau masih keadaan anakan maka untuk hasilnya juga tentu akan memuaskan anda sebagai pemiliknya.

Dan untuk melakukan perawatan pada burung sepah raja yang masih anakan tentu hampir sama dengan anda merawat burung jenis lainnya.

Salah satu cara merawatnya yaitu anda sebaiknya lakukan proses pengembunan setiap hari dan memandikan burung tersebut setiap harinya dengan cara menggunakan sprey.

Perawatan Harian Kolibri Sepah Raja

Perawatan Harian Kolibri Sepah Raja
Perawatan Harian Kolibri Sepah Raja

Agar burung yang anda pelihara ini bisa tumbuh sehat dan gacor, cara merawat kolibri sepah raja yang harus dilakukan yaitu dengan memberikan makanan yang bergizi.

Makanan yang diberikan bukan hanya sekedar manis, akan tetapi juga terdapat kandungan cukup protein.

Susu Kental manis termasuk salah satu jenis cairan minuman yang sangat disukai burung pemakan madu ini. Dan untuk memberikan susu ini sebaiknya tanpa dicampur dengan air agar tidak gampang menjadi basi.

Susu tanpa dicampuri dengan cairan air bahkan bisa bertahan sampai dengan 3 atau 4 hari. Akan tetapi bila akan mengering berikan sebanyak beberapa tetes air minum.

Tak hanya memberi susu kental manis saja, berikan juga telur semut atau kroto sebagai extra foodingnyaka. Sebab jenis burung ini juga merupakan jenis burung pemakan serangga kecil.

Supaya burung tetap dalam keadaan sehat, sebaiknya setiap hari burung dimandikan dengan menggunakan semprotan yang halus.

Setelah itu dijemur sebentar 30 atau 60 menit. Apabila telah kering cukuplah, waktu yang baik yaitu sebelum jam 8 pagi.

Gantilah air minum di setiap harinya agar kondisi air tetap bersih, kroto (telur semut) bisa anda berikan dalam waktu 2 hari sekali.

Pada saat malam hari sebaiknya burung ini juga dikerodong supaya burung senantiasa ada dalam lindungan dari serangan binatang pemangsa seperti tikus dan juga kucing.

Pemasteran

Untuk mendapatkan suara yang gacor, maka anda harus melakukan pemasteran.

Yaitu dengan cara menyandingkan suara burung Kolibri yang sudah gacor atau dengan cara membunyikam rekaman suara burung Kolibri yang sudah jadi dalam bentuk mp3.

Hal ini dilakukan agar burung Kolibri yang kita punyai semakin terlatih gacor.

Tinggalkan Komentar