Mengetahui Cara Mengobati Burung Pleci Mencret Secara Alami

Burung pleci adalah burung kicauan yang berukuran kecil yang memiliki kualitas suara dencingan yang unggulan. Memiliki burung pleci yang berkualitas tentunya menjadi kesenangan tersendiri untuk anda yang memeliharanya. Akan tetapi burung pleci juga sering mengalami gangguan kesehatan.

tipsburung.com

Salah satu jenis penyakit burung pleci yang sering terjadi yaitu burung mengalami gangguan pencernaan. Hal ini biasanya karena adanya bakteri atau kuman yang ditularkan melalui makanan atau tempat akibat kurangnya kebersihan. Pleci yang mengalami gangguan pencernaan atau mencret seperti ini tekstur fases maupun kotorannya bisa menjadi encer dan berair. Anda harus segera mencari tahu tentang bagaimana cara mengobati burung Pleci mencret.

Burung Pleci Terkena Mencret

Pada saat burung pleci yang anda pelihara ini mengalami diare, pada umumnya burung akan terlihat kurang sehat. Yang mana, biasanya masalah pencernaan seperti mencret ini bisa memberikan dampak yang buruk sekali untuk kesehatan burung.

Salah satu hal yang paling tidak diinginkan yaitu di mana burung kadang kala tidak memiliki nafsu makan. Selain itu biasanya burung juga akan diam selama beberapa hari, dan kemudian burung tersebut akan mati.

Burung pleci yang mati karena terserang diare mungkin kasusnya sangat sedikit. Akan tetapi abila anda membiarkannya dalam kurun waktu yang lama, bisa jadi mungkin kesehatan Pleci yang anda pelihara ni semakin hari akan semakin memburuk.

Maka dari itu, seharusnya anda semua tidak boleh memandang remeh terhadap kasus gangguan pencernaan atau mencret ini. Terlebh lagi apabila burung pleci anda merupakan jenis burung lomba atau kontes.

Cara Mengobati Burung Pleci Mencret

blogburungpleci.blogspot.com

Untuk mengobati burung pleci mencret, saat ini sudah ada beberapa jenis obat-obatan untuk burung mencret yang dijual di pasaran. Akan tetapi jika dibandingkan anda menggunakan obat-obatan pasaran yang sering memakai bahan kimia, lebih baik anda meracik sendiri obat mencret Pleci di rumah. Kelebihannya tak hanya aman dan ekonomis saja, akan tetapi obat buatan sendiri juga sangat mudah untuk diperoleh.

Cara mengobati burung pleci mencret bisa anda berikan teh. Teh ini sudah lama dikenal secara tradisional bisa dijadikan sebagai obat mencret pada manusia. Maka dari itu, pada jaman dahulu apabila ada orang yang sakit maka akan diberikan minuman berupa air teh. Akan tetapi untuk teh yang diberikan yaitu teh tanpa gula atau teh pahit.

Perlu anda ketahui, jika teh ini termasuk ke dalam salah satu antioksidan. Hal ini disebabkan karena di dalam teh ini terdapat kandungan polifenol yang memiliki khasiat untuk membersihkan bakteri yang bisa menyebabkan diare yang ada dalam tubuh, termasuk juga pada tubuh burung Pleci. Hal inilah yang bisa mengakibatkan teh juga sangat penting diberikan untuk Pleci yang mencret.

Cara Pemberian Obat Untuk Burung Pleci

Untuk pemberiannya, anda bisa teh yang sudah kering. Sebab, sekarang ini sudah banyak ditemukan di pasaran. Tak hanya itu saja, bisa juga anda memakai teh celup, karena kondisi dan manfaatnya tidak jauh berbeda dengan menggunakan teh daun kering.

Setelah itu, seduh dengan air panas dan tunggu hingga air memerah dan kental lalu saring. Biarkan air teh ini hingga dingin. Lalu berikan pada Pleci yang mencret untu dijadikan ganti air minumnya.

Untuk mengobati burung pleci mencret, teh ini bisa anda berikan saat pagi hari. Dan setelah burung dijemur dan pada sore hari, air teh dapat diambil sebab biasanya sudah basi. Berikan sampai hasri ketiga burung ini sakit.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar