Cara Membuat Racikan Nektar Untuk Pleci dan Cara Pemberiannya

Salah satu jenis burung kicauan yang banyak dipelihara yaitu burung Pleci. Pleci merupakan jenis burung kicauan bertubuh mungil yang juga merupakan burung pemakan buah. Meskipun di alam liarnya memakan berbagai macam buah-buahan, namun pada saat sudah dipelihara di rumah burung ini bisa memakan pakan buatan seperti voer.

Burung Pleci banyak dipelihara untuk dijadikan peliharaan di rumah atau banyak juga dipelihara untuk dijadikan sebagai burung kicauan lomba. Hal ini tak lain karena suara burung Pleci yang berkualitas dan bisa menghasilkan dencingan yang memukau para kicaumania.

burungnya.com

Namun kualitas yang dihasilkan tersebut pastinya juga sesuai dengan usaha yang dilakukan oleh pemeliharanya, termasuk dalam perawatan hariannya. Dalam perawatan harian, pemberian minuman burung Pleci akan sangat berpengaruh dengan kicauan yang dihasilkannya.

Berbagai jenis minuman untuk Pleci seperti halnya nektar buatan banyak yang dibuat oleh Pleci mania di berbagai daerah. Dan racikan nektar untuk Pleci tersebut pada umumnya dibuat dengan cara bereksperimen dan coba-coba. Walaupun begitu, ekseperimen dan coba-coba tersebut tidak dilakukan dengan cara yang asal saja. Namun, dengan hati-hati serta tetap memperhatikan aspek keselamatan dari burung Pleci tersebut.

Racikan Nektar Untuk Pleci

Seperti halnya nektar buatan yang diracik dengan bahan dasar bawang putih ini, minuman nektar buatan untuk Pleci ini sudah dicobakan untuk beberapa ekor burung Pleci. Yang mana racikan ini dinilai aman dan juga tidak berbahaya.

Namun, untuk percobaannya, tidak semua burung bisa secara langsung menerima efek dari nektar buatan ini. Ada yang langsung terlihat efeknya saat diberikan racikan nektar buatan ini. Kemudian ada juga yang bertahap kemajuannya. Maka dari itu, bisa disimpulkan jika tidak semua Pleci akan langsung terlihat efeknya sesudah anda berikan racikan nektar untuk Pleci ini.

Bahan Racikan Nektar Untuk Pleci

Sedangkan untuk bahan-bahan yang dibutuhkan diantaranyan yaitu sebagai berikut ini :

  • Bawang putih 1 siung.
  • Jeruk nipis sebanyak 2 buah.
  • Gula merah yang ukurannya sebesar tutup botol 3 buah.
  • Madu rasa atau yang lebih baik lahi madu murni sebanyak 4 sendok.

Cara Pembuatan Nektar

Untuk cara yang pertama kali sebaiknya anda bersihkan dan kupas bawang putih, dan setelah itu bawang putih bisa digeprek. Setelah itu, iris tipis-tipis gula merah supaya mudah larut dalam air panas. Selanjutnya anda bisa masukkan gula merah bersama bawang putih pada wadah panci berisi air bersih sebanyak 2 gelas ukuran 300ml.

Setelah itu aduklah racikan ini hingga merata dan larut semua, terutama gula merahnya hingga bisa mendidih. Selanjutnya angkat rebusan gula merah yang sudah tercampur dengan geprekan bawang putih. Setelah itu, masukkan air perasan jeruk nipis bersama 4 sendok madu tersebut.

Lalu, aduk supaya merata semua bahan yang ada dalam racikan tersebut, kemudian dinginkan dan saring rebusan racikan tersebut. Tujuannya tak lain supaya ampas bahan-bahannya tidak ikut diberikan pada burung Pleci yang anda pelihara.

Cara Pemberian Racikan Nektar Untuk Pleci

kicaupalembang.com

Untuk memberikan racikan nektar ini anda harus melakukannya dengan cara yang baik dan benar. Apabila burung Pleci masuk dalam kategori bahan yang baru dibeli dari ombyokan, pemberian racikan nektar ini bisa setiap hari setelah penjemuran dalam porsi 1 cepuk kecil saja.

Kemudian apabila burung sudah jadi atau sudah ngeriwik halus atau yang kasar, porsi pemberian 1 cepuk kecil seminggu sebanyak 3 kali saja. Jika anda memberikan dengan benar, maka manfaat racikan nektar ini bisa diketahui.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar