Inilah Cara Sederhana Memandikan Burung Parkit Yang Benar

Memiliki burung parkit harus anda rawat sebaik mungkin. Anda harus mengetahui cara sederhana memandikan burung parkit yang benar.

Bagi burung parkit yang jarang dimandikan akan mudah terserang jenis bakteri, kutu, tungau, serta virus yang menjadikannya tidak sehat.

Kemudian burung yang terkena penyakit itu bisa menyebabkan penyakit baru bermunculan.

Pada umumnya burung kicau yang jarang dimandikan bisa terserang penyakit kutuan yang dapat merusak bulu-bulu dan kulitnya.

Selain itu, burung parkit yang jarang mandi juga kerap terlihat menggaruk-garukkan tubuhnya pada dinding sangkar yang menimbulkan luka pada kulitnya.

Selain itu bisa memudahkan telur-telur cacing yang berada di sela-sela bulunya bisa masuk pada tubuh burung parkit dan burung kicauan lainnya.

Cara Sederhana Memandikan Burung Parkit

Cara Sederhana Memandikan Burung Parkit
Cara Sederhana Memandikan Burung Parkit

Maka dari itu, memang penting sekali mandi untuk semua jenis burung kicauan termasuk burung parkit.

Hal ini tujuannya untuk menangkal berbagai jenis penyakit yang dapat menyerang burung parkit karena jarang mandi.

Namun tersedia beberapa masalah yang dihadapi oleh pemelihara burung parkit pada saat ingin memandikan burung peliharaan tersebut.

Sebab, terkadang burung parkit akan menolak untuk dimandikan pada bak kecil yang sudah diisi dengan air.

Sebab burung parkit anda belum terbiasa dan merasa asing dengan tempat yang dipakai untuk memandikannya.

Membiasakan Mandi Di Dalam Bak Mandi

Membiasakan Mandi Di Dalam Bak Mandi
Membiasakan Mandi Di Dalam Bak Mandi

Cara sederhana memandikan burung parkit yaitu membiasakan mandi di bak.

Burung parkit yang hidup di alam liar pada umumnya mandi pada kolam-kolam kecil yang ada di hutan .

Dengan demikian, pada saat burung parkit sudah anda pelihara, maka belum tentu burung parkit mau dimandikan pada tempat yang baru dikenalnya.

Akan tetapi, burung parkit bisa dilatih secara rutin yang tergantung dari kebutuhan mandi burung yakni dengan memasukkan burung tersebut di dalam sangkarnya.

Lalu, taruhlah bak mandi kecil seperti halnya piring dengan bentuk melengkung yang diisi air, kemudian taruhlah di dalam sangkarnya.

Ketika anda mecoba menerapkan cara ini, mungkin awalnya burung parkit akan menolak dimandikan.

Lakukan dengan pelan lalu dorong pelan-pelan burung tersebut untuk masuk ke dalam wadah kecil yang berisi air tersebut agar mau mandi.

Anda bisa mencoba cara ini seminggu sekali hingga burung parkit anda terbiasa.

Memandikan Burung Parkit Dengan Semprotan

Salah satu cara sederhana memandikan burung parkit yaitu dengan cara menyemprotnya dengan memakai sprayer yang berisi air bersih hingga basah.

Tersedia dua cara untuk memandikan burung parkit dengan cara disemprotkan. Antara lain yaitu memegangnya terlebih dahulu menggunakan satu tangan.

Namun, anda jangan memegangnya dengan begitu kencang. Setelah itu semprotkan air dari sprayer pada burung parkit yang hendak anda mandikan.

Semprotkan airdi semua bagian tubuh burung parkit hingga rata basah. Dengan demikian, dapat menghilangkan kuman-kuman serta bakteri yang tersangkut pada tubuh burung parkit.

Cara sederhana memandikan burung parkit, sebaiknya jangan terkena wajahnya, sebab dapat membuat luka pada bagian kelopak matanya.

Anda juga bisa menyemprotnya saat berada di kandang/sangkarnya.

Sebab, tidak semua burung parkit dapat dengan mudah dipegang oleh manusia tanpa latihan sebelumnya .

Dengan demikian, biarkan burung parkit pada sangkarnya dan mandikanlah ia dengan menyemprotnya dari luar.

Hal ini dilakukan untuk membersihkan tubuhnya dari kuman dan bakteri berbahaya, burung parkit juga bisa menghilangkan stresnya serta untuk menjinakkannya.

Dan cara sederhana memandikan burung parkit ini bisa digunakan untuk menjinakkan burung parkit atau burung ocehan lainnya yang liar.

Tinggalkan Komentar