Setelan Burung Pleci Sebelum Lomba Yang Harus Dilakukan

Pleci adalah burung kicauan yang ukurannya kecil dan termasuk burung koloni. Oleh sebab itu jika dirawat sendiri, pleci akan menunjukkan tingkah senang ketika bertemu pleci lainnya.

Akan tetapi apabila sudah berada di tengah kerumunan pleci lainnya seperti ketika lomba, latber, atau sekadar gathering, maka pleci tersebut akan bisa mengeluarkan suara kicauan yang paling keras.

Di habitatanya, pleci juga kerap terdengar mengeluarkan suara kerasnya pada saat berada dalam kerumunan pleci lainnya.

Pada umumnya pleci yang bersuara paling keras dan mentalnya bagus bisa menjadi pemimpin koloni. Pleci tersebut juga berhak mengarahkan tujuan ke mana mencari pakan bersama.

Setelan Burung Pleci Sebelum Lomba

Setelan Burung Pleci Sebelum Lomba
Setelan Burung Pleci Sebelum Lomba

Memiliki pleci juara pastinya sangat diinginkan oleh semua penggemar pleci dan bisa menjadi kebanggaan untuk yang memeliharanya.

Namun terkadang pada pleci kacamata jagoannya bisa juga tidak tampil prima saat lomba berlangsung. Pleci ini pada umumnya sangat keras saat berkicau dirumah.

Namun ketika dibawa ke arena lomba hanya dapat loncat-loncat saja pada dalam sangkar.

Agar bisa memiliki pleci yang keadaannya seperti di alam liar, terlebih dalam arena lomba tempat di mana banyak pleci lain berkumpul pastinya anda harus bisa melakukan setelan burung pleci sebelum lomba yang benar.

1.Menjaga birahi pleci

Birahi burung pleci yang stabil dapat tampil prima ketika perlombaan. Sebaiknya anda selalu mengetahui pola rawatan yang tepat bagi pleci anda supaya keadaan birahinya stabil.

Sebab setiap pleci berbeda-beda dalam perawatannya juga harus sesuai dengan karakter pleci kita.

Pada umumnya sebelum lomba pleci dapat dijaga pakannya 7 sampai dengan 10 hari sebelum lomba. Kemudian untuk 1-2 hari menjelang lomba pleci diberi pakan burung pleci yang proteinnya tinggi.

Untuk setelan burung pleci sebelum lomba sebaiknya anda sudah berpengalaman. Sebab karakter pleci yang berbeda-beda dan pengalaman yang berbeda pula.

2. Mandi malam pleci

Mandi Malam Pleci
Mandi Malam Pleci

Mandi malam juga dapat menjadikan birahi pleci terjaga. Mandikan pleci antara jam 7 sampai dengan 9 malam sebelum lomba dengan menggunakan sprayer yang halus.

Sesudah dimandikan pleci dapat anda beri 2 sendok teh kroto. Bisa juga anda beri 3 ekor ulat hongkong.

Setelah itu diangin-anginkan pada ruangan selama waktu 1 jam. Sesudah itu diangin-anginkan maka krondong pleci sampai pagi.

3. Karakter pleci

Kenali karakter pleci yang anda pelihara, ada yang berbeda untuk setelan burung pleci sebelum lomba. Ada juga pleci yang sebaiknya disendirikan saat akan ikut lomba.

Ada juga yang harus di cas dengan menggunakan pleci betina terlebih dahulu.

Karakter pleci yang perlu disendirikan sebaiknya diasingkan dari burung sejenis selama 7-10 hari menjelang perlombaan.

Burung pleci biarkan sendiri dengan tidak melihat pleci lain atau mendengar suara pleci lainnya. Apabila sesuia maka pleci ini akan sangat agresif dalam berkicau dan juga bisa mengeluarkan suara pleci yang sangatlah keras.

Selama 7-10 hari sebelum lomba pleci juga ada yang dicas dengan pleci betina. Ketika dipisah (lomba) maka pleci ini akan mencari-cari pleci betinanya dengan suara yang lantang dan keras.

4. Saat di arena lomba

Ketika berada di arena perlombaan sebelum digantang, sebaiknya kerodong pleci dibuka selama sekitar 15 sampai 30 menit.

Pada umumnya sebelum lomba ada beberapa pleci mania yang berkumpul untuk melakukan latihan pemanasan pada pleci.

Sesudah itu, burung dikerodong lagi sebagai pemanasan. Selain itu bersihkan makanan yang ada di dasar sangkar menghindari pleci makan saat sedang acara lomba.

Tinggalkan Komentar