Home » Kabar Burung » Mengetahui Cara Mempercepat Lovebird Kawin dan Bertelur

Mengetahui Cara Mempercepat Lovebird Kawin dan Bertelur

Lovebird bisa dikatakan sebagai salah satu burung yang masih menjadi primadona hingga sekarang ini. Bahkan semakin lama, peminatnya juga semakin bertambah.

Dengan bertambah banyaknya peminat lovebird, pastinya juga semakin banyak juga yang berternak jenis burung yang cantik ini. Entah itu dari kalangan coba-coba atau dari kalangan peternak yang sudah khusus dalam bidang ternak burung ini.

Dalam berternak lovebird kadang-kadang para peternak berjumpa dengan beberapa kendala yang bisa menghambat lovebird tersebut berproduksi.

Berbagai macam kendala yang kerap kita jumpai pada waktu berternak lovebird yaitu lovebird tidak mau jodoh.

Selain itu biasanya juga ada permasalahan seperti Lovebird tidak mau kawin, dan jika sudah kawin lovebird tersebut tidak cepat bertelur. Oleh sebab itu, pemelihara harus melakukan cara mempercepat lovebird kawin.

Cara Mempercepat Lovebird Kawin

petanisukses.com

Faktor utama lovebird supaya segera mau kawin yaitu faktor birahi dan juga dipengaruhi oleh faktor kesuburannya.

Bisa juga disebabkan oleh karakter lovebird sendiri, dan juga pada masalah pola perawatannya. Jika dari pola perawatan yang paling besar pengaruhnya yaitu pada kesuburan lovebird yaitu pada faktor makanan.

Kenyamanan kandang/glodog

Cara mempercepat lovebird kawin yang harus anda perhatikan yaitu pada masalah tempat atau glodok yang akan digunakan untuk proses perkawinan. Faktor pertama yakni pada kondisi lingkungan maupun kenyamanan kandang lovebird.

Untuk kenyamanan kandang ternak lovebird memang kadang – kadang dirasa kurang diperhatikan oleh para pemula yang sedang mulai mencoba berternak lovebird.

Perlu anda ketahui, jika kenyamanan kandang dan juga posisi glodok merupakan salah satu faktor yang dapat berpengaruh supaya lovebird bisa cepat bertelur. Apabila lovebird tidak merasa nyaman, pastinya akan enggan untuk kawin, terlebih lagi untuk bertelur.

Supaya burung lovebird bisa merasa nyaman dikandangnya, maka kita bisa coba beberapa setingan kandang.

Apabila lovebird tersebut terlihat sering keluar masuk glodog itu tandanya lovebird tersebut sudah merasa nyaman. Ada juga dapat mencoba menerapkan sistem koloni supaya lovebird bisa merasa nyaman.

Anda juga perlu menyiapakan beberapa jerami kering dekat glodok lovebird supaya bisa hangat. Kehangatan dari tempat atau kandang juga sangatlah berpengaruh. Apabila kondisi kandang tersebut lembab dan dingin pada umumnya lovebird tidak akan mau bertelur.

Makanan lovebird

burungnya.com

Cara mempercepat lovebird kawin selanjutnya yaitu juga harus dengan memperhatikan pola makannya dan juga jenis makanan yang diberikan.

Anda bisa mencoba menyiapkan makanan berupa biji-bijian, diantaranya seperti biji kacang tanah, biji kuaci, touge (toge), serta jagung muda untuk makanannya disamping pemberian milet.

Biji-bijian yang diberikan tersebut banyak memiliki manfaat terutama vitamin E untuk yang sangat bermanfaat untuk kesuburan lovebird.

Stak hanya biji-bijian saja, sediakan juga tulang sotong atau grit, manfaat dari tulang sotong ini yaitu untuk memenuhi kebutuhan kalsium serta mineral yang ada pada lovebird. Dengan demikian, pembantukkan cangkang telur dapat berlangsung dengan baik.

Suplemen, Vitamin agar lovebird cepat bertelur

Tak hanya pola perawatan sana, sebaiknya lovebird juga diberikan suplemen dan vitamin agar lovebird bisa cepat bertelur.


Tingkatkan Birahi Lovebird

Lovebird yang tidak mau kawin pada umumnya disebabakan lovebird tersebut sudah dewasa dan birahi. Cara mempercepat lovebird kawin atau birahi yaitu banyak sekali.

Diantaranya dari mulai dari pemberian EF, penjemuran, pemberian suplemen dan masih banyak lagi yang lainnya.

Suara terapi

Cara mempercepat lovebird kawin juga bisa coba anda lakukan dengan memperdengarkan suara terapi.

Tinggalkan Komentar