Mengetahui Cara Perawatan Breeding LoveBird Lutino

Saat ini lovebird warna banyak sekali diminati oleh pecinat burung kicauan. Jenis lovebird lama seperti Lutino ternyata kembali banyak disukai. Lovebird Lutino memang termasuk jenis lovebird yang memiliki keistimewaan jika dibandingkan dengan jenis yang lainnya.

Lovebird Lutino mata merah juga merupakan salah satu jenis lovebird yang paling banyak dicari oleh pecinta burung lovebird yang ada di berbagai wilayah. Semua diakibatkan oleh kelebihan yang dimiliki lovebird lutinao mata merah memang bisa untuk dibanggakan.

blog.elevania.co.id

Memang untuk jenis lovebird ini memiliki kualitas suara dan durasi dari ngekeknya kerap sekali menjadi daya tarik tersendiri dari jenis burung ini.

Lovebird Lutino ini juga merupakan anakan dari hasil kawin silang dari berbagai macam jenis lovebird. Dengan begitu, keberadaannya juga masih bisa dikatakan jarang, hal tersebut bisa berdampak pada harga burung yang indah ini.

Cara Perawatan Breeding LoveBird Lutino

Perawatan breeding pada burung love bird ternyata berbeda. Sedangkan untuk perawatan breeding Lovebird Lutino tergolong lebih sulit dibandingkan dengan lovebird lainnya.

Dan ini semua disebabkan karena lovebird jenis ini memiliki karakter yang sangat sensitif sebab mudah sekaki terserang penyakit. Maka dari itulah, burung ini memiliki daya tahan tubuh yang rendah, sebab mempunyai kelainan pigmen.

Maka dari itu, di dalam perawatan breeding lovebird lutino ini anda semua harus ekstra. Yang mana kandang serta tempat pakan dan minum harus secara rutin dibersihkan setiap hari.

Semua ini dilakukan bertujuan untuk menghindari timbulnya berbagai penyakit baik akibat adanya kuman maupun bakteri yang bersarang. Selain itu juga perlu diperhatikan masalah asupan makanannya yang sebaiknya dijaga dengan baik. Untuk penjemuran, burung ini sebaiknya juga jangan dijemur terlalu lama.


omhoby.blogspot.com

Pemandian

Untuk perawatan breeding lovebird lutino, mandi tidak dianjurkan dilakukan setiap hari. Bahkan apabila burung yang memiliki warna indah ini sudah dalam masa produksi, mandi mutlak tidak perlu.

Anda hanya cukup menyediakan cepuk besar saja yang sudah diisi dengan air dan biarkan lovebird tersebut mandi sendiri. Walaupun sudah mandi, burung yang sudah berproduksi ini tetap tidak dianjurkan untuk dijemur .

Karena, dikahwatirkan apabila sampai kandang ternak tersebut dipindah, maka bisa mengganggu proses produksinya. Maka dari itu, perawatan breeding lovebird lutino ini bisa anda lakukan dengan membiarkan saja sampai bulu kering sendiri.

Masalah Penjemuran

Untuk burung lovebird, terlebih untuk yang jenis lutino ini sangat tidak dianjurkan untuk dijemur setiap hari. Penjemuran sebaiknya hanya dilakukan sesekali saja. Sebab, burung LoveBird memang tidak memerlukan penjemuran seperti burung ocehan.

Terlebih lagi apabila burung sudah produksi, penjemuran juga semakin tidak boleh dilakukan dan bahkan mutlak tidak perlu. Hal ini disebabkan karena proses penjemuran ini bisa mengganggu proses produksi.

Apabila sampai terganggu, Love Bird yang berjenis kelamin betina tidak hanya akan berhenti mengeram saja. Akan tetapi juga akan berhenti meloloh apabila anak-anaknya sudah menetas. Bahkan bisa saja anak-anaknya tersebut dibunuhnya.

Masalah Pakan dan Sayuran

Selama pada masa proses produksi, pakan baik berupa biji-bijian, buah, dan sayuran sebaiknya harus dijaga dengan benar-benar. Tujuannya supaya proses produksi tersebut dapat berjalan dengan baik. Begitu juga dengan tulang sotong serta multivitamin, yang juga mutlak diberikan.

Semua itu adalah perawatan breeding lovebird lutino yang harus anda lakukan. Dengan anda menerapkan perawatan dengan baik dan benar, dapat dipastikan kondisi burung anda tetap berada dalam kondisi yang prima. Dengan demikian, burung yang Anda ternak dapat berproduksi dengan maksimal.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.