Cara Mengetahui Usia Burung Kacer dengan Cepat dan Mudah

Memelihara burung kacer memang menjadi kesenangan tersendiri, sebab burung kacer memiliki kemampuan yang cukup cerdas. Yaitu burung kacer bisa menirukan suara burung kicauan yang lainnya.

Akan tetapi, untuk mendapatkan burung kacer yang berkualitas, diperlukan memaster burung kacer sejak saat masih anakan. Untuk yang usia dewasa sebenarnya juga bisa dimaster, tapi lebih mudah memaster sejak usia trotolan.

Namun untuk anda yang ingin memaster burung kacer peliharaan anda sebaiknya, anda mengetahui usia burung kacer terlebih dahulu. Sebaiknya anda tahu jika pada umumnya, tiap burung kicauan punya ciri khas yang sama yang bisa dimanfaatkan untuk menentukan usia dari burung kacer tersebut.

Cara Mengetahui Usia Burung Kacer

Cara Mengetahui Usia Burung Kacer
rmol.co

Para pecinta burung kicauan yang memelihara burung kacer pastinya harus bisa mengetahui usia burung kacer. Caranya cukup mudah, anda bisa memperhatikan cara sepeti yang berikut ini.

Perhatikan Masa Mabung Burung Kacer

Cara mengetahui usia kacer muda dan dewasa yang pertama yaitu dengan memperhatikan masa mabung kacer tersebut. Apabila burung kacer ypeliharaan andarotol, maka Anda bisa memperkirakan usia dari burung kacer itu. Biasanya, masa mabung burung itu terjadi kurang lebih dalan waktu satu tahun sekali.

Sehingga, bila kacer yang Anda pelihara telah mengalami masa mabung sejumlah 5 kali, perkiraannya usia burung kacer tersebut yaitu sudah 5 tahun.

Sehingga, sebelum membeli anda harus menanyakan dulu kepada para pedagangnya dengan jelas agar tahu usia burung kacer yang akan anda beli itu.

Akan tetapi, harus anda ketahui jika masa mabung ini tidak bisa dijadikan sebagai patokan paling tepat  untuk mengetahui usia kacer. Sebab, kadang-kadang burung kicauan ada yang mengalami masa mabung diluar masa yang normal. Misalnya seperti 2 tahun sekali.

Melihat Kondisi Kaki Burung Kacer

Mengamati kondisi bagian kaki dari kacer juga mtermasuk trik atau cara mengetahui usia burung kacer yang masih muda serta usianya yang telah dewasa. Burung kacer yang usianya dewasa akan ditandai dengan sisik kaki yang menebal serta tampak keras. Tak hanya itu saja, kuku dari kacer yang telah dewasa akan tampak panjang dan melengkung.

Kemudian untuk kacer yang masih muda, pada umumnya jari-jari kakinya tampak mengkilat serta tampak basah.

Lalu pada bagian kukunya tampak jernih serta terlihat pendek. Apabila hendak menentukan kacer muda dan dewasa dilihat dari keadaan kaki, maka sebaiknya anda memperhatikannya dengan teliti.

Warna Bulu Kacer

Mengetahui Usia Burung Kacer dari Warna Bulu
Luthfan.com

Cara mengetahui usia burung kacer yang masih muda dan dewasa berikutnya yaitu dengan memperhatikan warna bulu kacer. Burung kacer yang umurnya sudah dewasa, warna hitam pada bulu kacer akan tampak memudar serta terlihat kusam. Lain halnya dengan kacer muda yang bulunya masih mengkilat.

Paruh Burung Kacer

Pada bagian paruh burung kacer juga bisa anda jadikan sebagai patokan untuk cara mengetahui usia burung kacer yang masih muda serta telah dewasa. Apabila burung kacer muda terlihat lebih basah di bagian pangkal mulutnya.

Tak hanya itu saja, pada bagian paruhnya akan ytampak berwarna lebih muda. Memang cirinya sangta berbeda dengan burung kacer dewasa yang paruhnya terlihat mongering.

Warna Bulu Pada Sayap Kacer

Cara mengetahui usia burung kacer muda dan dewasa juga dapat anda amati dari warna bulu pada sayap burung kacer. Biasanya, kacer yang usianya telah dewasa maka pada sayapnya akan tampak warna cokelat serta mengering. Lain halnya dengan kacer muda yang warna bulunya tampak mengkilat serta tampak segar.

Tinggalkan Komentar