Jenis Biji bijian Yang Bagus Untuk Lovebird agar Gacor

Lovebird adalah burung kicauan yang memiliki warna cantik dan suara yang merdu. Para pecinta burung ini akan memberikan makanan lovebird berupa biji bijian yang berkualitas untuk lovebird.

Sebelum diberikan, sebaiknya untuk merendam dan mencuci biji-bijian. Misalnya saja seperti millet, jawawut, dan biji matahari. Hal ini dilakukan supaya biji-biji yang rusakbisa terangkat naik maupun muncul ke permukaan air.

Biji bijian Yang Bagus Untuk Lovebird
Biji bijian Yang Bagus Untuk Lovebird

Sehingga, biji yang berkualitas baik yang akan tersisa dalam air rendaman. Kemudian, perendaman biji-bijian bisa menghilangkan kotoran yang tercampur.

Keuntungan lain dari merendam dan mencuci biji-bijian yaitu guan mengantisipasi terdapatnya pestisida dan zat kimia yang menempel. Berikut ini jenis biji bijian yang bagus untuk lovebird agar bisa semakin gacor.

Biji Milet

Biji bijian yang bagus untuk lovebird pertama yaitu milet. Millet yang diperjualbelikan di pasaran terdapat dua jenis. Diantaranya millet berwarna putih dan juga millet berwarna kemerahan atau cenderung kecokelatan.

Millet yang kualitasnya baik banyak dimpor dari luar negeri. Adapun ciri millet yang berkualitas baik, di antaranya terlihat besar dan berisi atau tampak mentes.

Apabila dipegang dan ditekan, terasa keras sebab padat berisi. Dan jika millet berwarna putih, warnanya terdapat semburat warna abu-abu, bukan putih bersih.

Saat ini banyak millet hasil budi daya dalam negeri, namun kualitasnya tidak sebaik millet impor. Biji millet lokal umumnya berukuran lebih kecil dari millet impor, warnanya putih bersih, dan harganya jauh lebih murah.

Jawawut

Jawawut merupakan biji bijian yang bagus untuk lovebird. Biji yang ada di pasaran terdiri atas produk lokal dan impor dari Thailand. Jawawut lokal mempunyai ciri berukuran kecil dengan warna cokelat gelap.

Jawawut impor memiliki warna kekuningan/oranye dengan ukuran lebih besar dari jawawut lokal. Jawawut lokal yang dulu sebagai pakan burung perkutut dan ditempatkan dengan malainya dalam sangkarnya.

Harga jawawut lokal relatif lebih mahal dari jawawut impor. Hal ini disebabkan begitu terbatas jumlahnya. Anda bisa memberikan jawawut pada lovebird untuk campuran dengan jumlah sedikit.

Jawawut lokal cukup baik diberikan pada lovebird. Kandungan emaknya yang dinilai lebih tinggi jika dibandingkan dengan millet inilah yang membuatnya lebih cocok diberikan saat musim hujan.

Pemberian jawawut lokal secara bersambung serta terbatas bisa mencegah burung dari infasi cacing. Itu disebabkan jawawut lokal terdapat kandungan zat yang dapat menghilangkan keberadaan cacing dalam pencernaannya. Pembuktian ini dapat diamati pada perkutut lokal peliharaan yang tidak ada serangan cacingan pada zaman dahulu.

Kenari Seed

Kenari Seed
Kenari Seed

Biji kenari atau yang kerap dinamakan kenari seed asalnya dari tanaman jenis rumput. Sebab sangat disukai oleh burung kenari, biji-bijian ini dinamakan biji kenari.

Kandungan gizinya juga cukup baik. Untuk makanan berupa biji kenari lebih mudah dimakan love bird dengan cara menyisil.

Kandungan minyaknya baik sekali untuk melancarkan proses produksinya pada saat ditangkarkan. Akan tetapi, biji kenari masih jarang dijadikan komposisi pakan lovebird.

Jagung muda

Jagung muda adalah salah satu jenis biji bijian yang bagus untuk lovebird. Pemberian jagung muda pada lovebird yang usia remaja dan dewasa bisa membuat lebih bertenaga dan lebih rajin berkicau.

Indukan yang sedang memasuki masa produksi akan menjadikan pasangan lebih bergairah dan cepat kawin dengan pemberian jagung muda. Jadi bagus untuk makanan saat burung ini ditangkarkan.

Begitu pula untuk pemberian jagung terhadap indukan yang masih meloloh anak-anaknya bisa mempercepat pertumbuhan (pembongsoran) anak-anaknya nanti.

Tinggalkan Komentar