Ciri Burung Manyar Jantan Trotol yang Membedakannya Dengan Betina

Ciri burung manyar jantan trotol banyak dicari para penghobi burung untuk memudahkan dalam membedakannya dengan manyar betina trotol. Burung manyar itu sendiri termasuk keluarga burung Ploceus. Jenis burung ini pun memakan biji-bijian atau granivora.

hargaburung.id

Mengenai perkembangbiakannya, burung manyar trotol seringkali berkembangbiak dari bulan April sampai dengan Oktober. Sama halnya burung pleci, manyar trotol juga cenderung berkoloni. Jenis burung yang satu ini sendiri memiliki suara kicau yang khas, yakni ngerol. Tak heran jika manyar trotol sering dijadikan sebagai burung masteran.

Ciri Burung Manyar Jantan Trotol

Untuk lebih mengenal jenis burung manyar jantan trotol, ada baiknya anda simak beberapa ciri burung manyar jantan trotol yang kami bagikan pada ulasan di bawah ini. Simak sampai selesai, jangan sampai ada bagian yang anda lewatkan.

Paruh

Jika dilihat dari paruhnya, manyar jantan trotol memiliki paruh yang berwarna bulu garis hitam. Warnanya sangat pekat. Dimana seiring bertambahnya umur, maka bulu warna hitamnya akan semakin ngeblok atau nopeng sampai menutupi seluruh wajah. Hal tersebut akan jelas terlihat pada manyar jantan yang memasuki umur dewasa atau kala musim kawin.

Berbeda dengan manyar betina trotol. Dimana manyar betina trotol tidak memiliki bulu dengan garis warna hitam yang ada di bawah paruh. Walau tampak tidak cerah atau bisa dibilang semu warna hitamnya, namun manyar betina trotol tetap cantik. Dari umur lepas loloh sampai dengan dewasa, penampilan manyar betina akan tetap seperti ini.

Telinga

Selain paruh, anda juga harus memperhatikan bagian telinganya. Burung manyar jantan trotol memiliki bulu yang berwarna kuning di bagian telingannya. Ciri fisik yang satu ini bisa terlihat jelas meski anda melihatnya dari kejauhan tanpa harus menyentuhnya.

Kaki

Ciri fisik burung manyar jantan trotol juga bisa dilihat dari kakinya. Diketahui bahwa burung manyar jantan trotol memiliki kaki yang bentuknya lebih panjang. Ukuran kakinya pun berukuran lebih besar. Ukuran kaki burung manyar jantan trotol ini jelas berbeda jika dibandingkan dengan manyar betina trotol.

Kicau

hewanpeliharaan.org

Soal suaranya, burung manyar jantan trotol seringkali mengeluarkan bunyi yang seolah sudah dewasa. Mungkin anda akan terkecoh apabila tidak melihat penampilannya. Kicau yang dikeluarkan nantinya akan ngerol. Berkat suara khasnya, burung manyar jantan trotol sering dijadikan sebagai burung masteran untuk jenis burung kicau lainnya.

Apabila anda ingin menjadikan burung manyar jantan trotol sebagai jenis burung masteran yang bisa dihandalkan, anda bisa merawatnya sejak masih bahan. Kicau yang dikeluarkan saat menjadi burung masteran akan semakin berkualitas apabila anda memilih bahan secara tepat.

Tak hanya memudahkan anda dalam membentuk kualitas suara ngerol khas burung manyar jantan trotol yang memukau, merawatnya sejak masih bahan juga memungkinkan anda untuk lebih mudah dalam menjinakkan. Oleh karena itu, anda bisa jadikan tips ini sebagai pertimbangan.

Perilaku

Mengenai perilaku, burung manyar jantan trotol juga lebih aktif daripada burung manyar betina trotol. Anda bisa membuktikannya sendiri dengan mencermati burung manyar jantan trotol saat berada di dalam sangkarnya. Burung manyar jantan trotol seringkali tak bisa diam karena selau bergerak lincah.

Ciri burung manyar jantan trotol terkait perilakunya ini tak hanya bisa dilihat saat berada di dalam sangkarnya saja, akan tetapi juga di alam bebas. Ketika berada di alam bebas, burung manyar jantan trotol sangat aktif berpindah-pindah tempat. Tak hanya berkoloni saat mencari makan saja, akan tetapi juga dalam membuat sarang.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar