Home » Kabar Burung » Mengetahui Berbagai Penyebab Burung Cucak Ijo Melet

Mengetahui Berbagai Penyebab Burung Cucak Ijo Melet

Salah satu jenis burung kicauan yang banyak dipelihara oleh para kicaumania di Indonesia yaitu burung Cucak Ijo. Mungkin burung ini sudah sangat populer di mata para kicaumania.

Perlu anda ketahui, jika burung cucak ijo merupakan salah satu jenis burung semi fighter yang sudah menjadi andalan bagi banyak para pecinta burung cucak ijo yang mengikutkannya dalam lomba atau hanya untuk sekedar pajangan di rumah.

Untuk masalah perawatan burung cucak ijo sendiri juga dapat dikatakan gampang gampang susah, semuanya sesuai dengan pengalaman dari para penghobi jenis burung ini.

Sama halnya dengan memelihara jenis burung kicauan lainnya, dalam memelihara burung cucak ijo ini pastinya juga sering menjumpai banyak sekali permasalahan.

Burung cucak ijo diketahui banyak memiliki masalah tersendiri. Terlebih lagi permasalahannya yang sudah menyangkut perilaku seperti masa mabung. Permasalahan burung cucak ijo lainnya diantaranya seperti halnya salto, didis, dan melet.

Perilaku burung cucak ijo melet pastinya bisa menjadikan para pemeliharanya merasa khawatir atau mungkin kurang suka memandangnya. Maka dari itu, sebaiknya andasemua harus bisa mengetahui apa saja penyebab burung cucak ijo melet.

Burung Cucak Ijo Melet

kicaujogjakarta.blogspot.com

Masalah seperti perilaku melet yang terjadi pada cucak ijo memang sering sekali menjadi hambatan dari para penangkar bahkan terkadang juga menjadikan panik.

Sebab, permasalahan ini lain dengan masalah-masalah lain pada burung kicauan seperti didis dan salto, melet memperlihatkan ciri-ciri seperti terkena penyakit. Melet merupakan salah satu masalah perilaku burung yang tidak termasuk masalah yang langka.

Banyak sekali di kalangan dari para penangkar cucak ijo yang menjumpai burungnya mengalami masalah melet. Melet merupakan suatu istilah untuk burung yang menganga sambil membuka paruh, selain itu burung juga menunjukkan perilaku mengeluarkan lidahnya.

Apabila anda menjumpai ciri-ciri tersebut, padahal burung peliharaan anda tersebut tak merasa kepanasan karena dijemur dan lain sebagainya, maka bisa dipastikan burung tersebut mengalami melet.

Jika anda ingin melakukan awal penanganan, maka sebaiknya anda harus mengetahui penyebab burung cucak ijo melet. Dengan mengetahui penyebabnya, anda bisa mengetahui cara mengatasi masalah tersebut.

Penyebab Burung Cucak Ijo Melet

  1. Burung Cucak Ijo Over Birahi
  2. Proses Pemandian yang Kurang
  3. Kurang Nyaman dengan Perawatannya
  4. Tidak Sanggupnya burung dengan setelan.
  5. Porsi jemur kurang.
  6. Terlalu banyak di krodong.
  7. Sering menempatkan di tempat yang lembab.
  8. Kurang umbaran.
  9. Kurang asupan vitamin.

Penyebab burung cucak ijo melet juga bisa disebabkan oleh pemberian EF yang berlebihan. Dan keadaan yang seperti ini dapat menjadikan burung cucak ijo anda menjadi over birahi.

onkicau.blogspot.com

Misalnya saja seperti pemberian ulat hongkong maupun pemberian jangkrik. Melet juga bisa disebabkan oleh burung jarang dimandikan maka sebaiknya anda mengetahui karakter burung anda.

Ketahuilah juga apakah pemberian pakan ataupun cara mandi jemur dari burung tersebut telah sesuai dengan kemauan burung tersebut atau belum sesuai dengan kemauan burung yang anda pelihara.

Penyebab burung cucak Ijo melet ini juga sering juga terjadi setelah lomba akibat tingginya setelan atau karena pemberian EF yang akan anda berikan.

Oleh sebab itu, untuk bisa meminimalisir permasalahan seperti ini, sebaiknya burung Cucak Ijo bisa segera dimandikan sesudah selesai lomba dan juga mengembalikan setingan seperti semula.

Hal ini yaitu bertujuan untuk bisa menurunkan dan juga bisa mengembalikan birahi dari burung Cucak ijo yang anda pelihara tersebut.

Tinggalkan Komentar