Mengenal Burung Australian Plainhead, Kenari dari Australia

Untuk para pecinta burung kicauan, tentu saja sudah tidak asing lagi dengan burung Kenari. Burung Kenari merupakan salah satu jenis burung kicauan bertubuh mungil pemakan biji-bijian yang dikenal memiliki suara yang lantang dan unik.

Selain itu, burung kenari juga banyak dikenal karena warna bulunya yang cantik. Ada yang berwarna, hijau, ada yang berwarna kuning, merah dan variasi warna yang lainnya.

Semua warna yang dimiliki oleh burung kenari tersebut pastinya memiliki daya tarik tersendiri. Namun, perlu anda ketahui jika jenis burung kenari ternyata sangat banyak.

Negara-negara di Eropa diantaranya seperti Jerman, Inggris dan juga Belgia memang sudah sejak dulu terkenal sebagai penghasil burung Kenari yang populer. Akan tetapi, kenyataannya di belahan bumi lainnya juga terdapat jenis burung Kenari yang dinilai cukup unik.

Burung tersebut bernama burung Australian Plainhead. Jadi, sesuai dengan nama yang dibawanya, jika burung ini dikembangkan di negeri Kanguru yaitu Australia.

Untuk jenis burung Kenari yang satu ini merupakan hasil persilangan dari burung Kenari domestik. Pada proses persilangan burung Kenari jenis ini memang berlangsung cukup ketat.

Dengan demikian bisa menghasilkan burung Australian Plainhead. Burung ini memiliki keunikan tersendiri dari pada dengan jenis burung Kenari yang lainnya.

Burung Australian Plainhead

omkicau.com

Burung Australian Plainhead ini ternyata memang sudah dikembangkan dengan sengaja yang tujuannya adalah untuk pameran. Burung ini juga termasuk satu-satunya jenis burung Kenari yang telah dikembangbiakkan di negeri Kanguru, Australia.

Burung Kenari Norwich juga termasuk nenek moyang dari Australian Plainhead ini, yang mana burung ini berasal dari Norwich, Inggris.

Pada saat burung Australian Plainhead ini pertama kali muncul, burung ini sudah banyak sekali diincar ooleh para pencinta burung kicau yang mengetahui keunikan burung ini.

Kepopuleran untuk jenis burung ini memang sangat luar biasa. Khususnya pada saat pameran dan juga acara kontes sedang berlangsung. Hal tersebut terjadi selama beberapa tahun, sampai selanjutnya pada tahun 1930 terjadi perbedaan di dalam penilaian.

Dan ketika itu, terjadilah perbedaan antara peternak burung Kenari lokal yang lokasinya berada di Victoria dan Norwich. Sampai saat itu pada tahun 1953, telah dilakukanlah berbagai macam upaya untuk menyatukan kembali peternak burung Kenari yang terdapat di Australia.

Dengan dilakukan proses persilangan tersebut selanjutnya burung tersebut dilestarikan. Hingga jenis burung ini diberi nama dengan burung Australian Plainhead.

Burung kenari yang asalnya dari Australia ini termasuk burung yang cukup langka. Dan pada saat tahun 1991, untuk jumlah burung ini menurun dan hanya tinggalsejumlah 460 ekor saja.

Kelangkaan jenis burung ini terjadi diakibatkan karena perawatan dan penangkaran burung Australian Plainhead yang dianggap cukup sulit.

Burung Australian Plainhead ini memang memang merupakan jenis burung yang sulit dirawat, terlebih lagi bagi para pemula. Jadi, sebaiknya anda bisa merawatnya dengan baik dan benar.

Perawatan Australian Plainhead

suara-burungz.blogspot.com

Supaya anda semua bisa berhasil dalam merawat dan menangkar burung Australian Plainhead, sebaiknya anda bisa memberikan perhatian. Selain itu juga harus memberikan perawatan yang ekstra.

Induknya sendiri juga diketahui kurang baik dalam merawat serta untuk membesarkan anak-anaknya. Namun, untuk penangkar yang profesional banyak juga yang berhasil menangkar dan juga merawat burung Australian Plainhead.

Australian Plainhead ini sendiri mempunyai tubuh yang terlihat bulat, gemuk, tegap dan ukuran cukup besar.

Pada awalnya untuk jenis burung ini hanya mempunyai warna kuning dan juga warna putih saja. Akan tetapi, sesuai dengan perkembangannya, burung Australian Plainhead sekarang ini ditemukan ada yang berwarna hijau, merah dan ada juga yang cinnamon.

Tinggalkan Komentar