Makanan Tambahan untuk Burung Gelatik Yang Bernutrisi

Burung gelatik merupakan salah satu jenis burung kicauan yang sudah populer dan banyak dipelihara sampai sekarang ini. Burung jenis paruh indah ini banyak sekali peminatnya tak hanya karena warna bulunya indah saja, akan tetapi juga disebabkan karena suaranya. Kunci sukses untuk menjadikan burung gelatik ini mau berkicau merdu ada pada makanannya. Mulai dari makanan pokok sampai dengan makanan tambahan untuk burung gelatik.

nimadesriandani.wordpress.com

Makanan Tambahan untuk Burung Gelatik

Berikut ini adalah berbagai jenis makanan tambahan untuk burung gelatik yang bisa anda coba berikan untuk burung peliharaan anda.

1. Milet

Milet termasuk salah satu jenis makanan tambahan yang sebaiknya diberikan setiap hari untuk burung gelatik. Tak hanya diberikan untuk burung gelatik, milet juga sangat digemari oleh beberapa jenis burung lain. Diantaranya seperti kenari dan juga burung blackthroat.

Milet putih disini sifatnya netral, lalu untuk milet merah fungsinya untuk menjaga kestabilan birahi burung gelatik. Anda dapat mencoba memberikan keduanya secara terpisah atau dengan mencampurnya.

2. Biji Kenari

Biji kenari juga merupakan makanan tambahan untuk burung gelatik yang bisa membuat burung gelatik gacor lebih lama. Manfaat pemberian biji kenari untuk burung gelatik ini diantaranya untuk memperbaiki suara burung yang pada mulanya serak menjadi nyaring kembali. Tak hanya itu, biji kenari juga memiliki manfaat yang banyak untuk menambah stamina, menyegarkan tubuh.

Anda semua bisa memilih biji kenari yang sudah tua dengan jumlah secukupnya saja, bisa juga anda mencampurnya dengan milet. Makanan yang satu ini juga dapat menjadikan burung gelatik yang pada awalnya mogok makan menjadi membuka paruhya.

3. Biji Oat atau Haver

Pemberian biji oat untuk burung gelatik, khususnya yang sedang sakit ternyata juga mempunyai banyak manfaat. Di dalamnya terdapat kandungan protein, kalori, serta karbohidrat yang sangat baik bagi tubuh.

Biji oat juga bisa menjadikan burung gelatik tidak stres, memperbaiki pertumbuhan bulu, menghindarkan kulit dari iritasi. Selain itu juga bisa untuk menjaga pencernaan, mencegah kolesterol, serta untuk mempercepat pertumbuhan anakan.

4. Jagung Manis

Di dalam pakan tambahan berupa jagung manis terdapat kandungan vitamin B dan C, crypthoxanthin dan beta karoten. Dimana manfaatnya sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, penglihatan, serta otot burung gelatik.

daylikutu.blogspot.com

Sebelum diberikan untuk burung, anda semua bisa menghancurkan jagung lebih dahulu dengan mesin pembersih biji bijian. Yaitu untuk membuang kotoran dan bahan yang ternyata dapat membahayakan pencernaan burung.

5. Biskuit Bayi

Berbagai makanan bayi seperti bubur, sereal, serta biskuit bayi bisa anda berikan untuk dijadikan sebagai makanan burung gelatik. Kandungan nutrisi yang terdapat pada makanan bayi tersebut bisa menjadikan burung gelatik ini menjadi lebih aktif serta dapat rajin di dalam berbunyi.

Untuk pemberiannya, terlebih dulu anda bisa mencampurnya dengan menggunakan air sampai bisa menjadi bubur. Bisa juga anda berikan dalam bentuk remahan yang masih renyah.

6. Buah Buahan yang Manis

Burung gelatik juga sangat menyukai aneka ragam buah buahan yang memiliki rasa yang manis. Kandungan gula yang terdapat pada jenis buah buahan ini tinggi sekali. Yang mana bisa memberikan energi yang cukup untuk burung gelatik pada saat beraktivitas di sepanjang harinya.

Terdapat berbagai macam jenis buah yang bisa anda berikan kepada burung gelatik agar dapat rajin bunyi. Diantaranya seperti buah pepaya, mangga, pisang, semangka, dan lain sebagainya. Akan tetapi, sebelum anda memberikannya, sebaiknya buah buahan tersebut direndam terlebih dahulu dengan memakai air garam.

Tinggalkan Komentar