Cara Perawatan Harian Burung Gelatik Batu Agar Cepat Berbunyi

Burung Gelatik Batu termasuk jenis burung kicauan yang ciri fisiknya sangat mudah dikenali. Gelatik Batu punya karakteristik dengan warna yang mencolok yaitu hitam, abu-abu dan juga putih.

Walau burung Gelatik Batu punya postur tubuh yang terbilang kecil, akan tetapi burung kicau yang satu ini telah dinilai bisa berkicau dengan suaranya yang gacor, indah serta terdengar merdu.

Perawatan Harian Burung Gelatik Batu
Perawatan Harian Burung Gelatik Batu

Burung Gelatik juga punya kelebihan yaitu gampang beradaptasi dengan lingkungan mereka yang masih baru. Dengan demikian, banyak para pecinta burung kicauan yang gemar sekali untuk memeliharanya dirumah.

Entah itu memelihara dengan tujuan akan diikutkan dalam lomba ataupun hanya sekedar untuk mendengar suara kicauannya yang terdengar sangat indah ini .

Dan untuk anda yang memelihara burung Gelatik di rumah akan tetapi belum bisa berkicau atau masih sangat jarang dalam mengeluarkan suara kicauannya sebaiknya, anda harus tau bagaimana cara perawatan harian burung gelatik batu.

Cara Perawatan Harian Burung Gelatik Batu

Dengan cara perawatan harian burung gelatik batu yang benar, maka gelatik anda akan bisa gacor dan berumur panjang. Berikut ini cara perawatan hariannya.

Mandi dan jemur di pagi hari

Pada saat pagi hari, sangkar burung gelatik batu bisa dikeluarkan dari dalam rumah. Selanjutnya gantangkan atau disimpan pada tempat yang langsung terkena cahaya matahari pagi selama kurang lebih waktu 15 menit.

Sesudah itu, burung gelatik sebaiknya dimandikan dengan cara disemprot memakai hand sprayer. Dapat juga anda memandikan dengan cara memasukkan bak mandi kecil pada dalam sangkarnya.

Sesudah burung dimandikan, burung sebaiknya dijemur di bawah matahari, dengan waktu penjemuran tidak lebih dari waktu 1 jam.

Pemberian pakan yang bervariasi

Pakan Racikan Burung Gelatik Batu
Pakan Racikan Burung Gelatik Batu

Seperti halnya perawatan harian burung lainnya seperti burung kenari, gelatik batu termasuk burung kicau yang perlu dirawat dengan ekstra. Di dalam mendukung aktivitas hariannya, burung sebaiknya diberikan pakan yang yang memiliki nutrisi tinggi. Pakan tersebut bisa anda dapatkan dengan cara meracik sendiri.

Siapkan bahan-bahan misalnya voer yang halus, susu bubuk yang tidak begitu manis, dan bisa juga ditambah kacang tanah mentah. Voer halus bersama susu bubuk bisa dicampur.

Setelah itu, campurlah hingga semuanya merata. Sangrai terlebih dulu kacang tanah kemudian dikupas kulitnya. Sesudah itu bisa ditumbuk sampai menjadi tepung. Masukkanlah tepung kacang tanah pada campuran voer dan juga susu.

Seluruh bahan diaduk-aduk lagi sampai bisa merata. Sesudah rata, maka pakan tersebut dapat langsung diberikan kepada burung gelatik.

Bisa juga anda membuat racikan dengan menyiapkan bahan-bahan seperti halnya voer halus, susu bubuk serta 1 sendok makan canary seed / pakan kenari. Tumbuklah canary seed sampai menjadi serbuk, kemudian dicampurkan dengan voer serta susu bubuk.

Jika tidak, anda bisa menyiapkan bahan-bahan seperti voer halus, kacang tanah yang sudah halus, 1 sachet bubur bayi/sereal, kemudian tepung jangkrik sebanyak setengah sendok teh.

Anda bisa membuatnya dengan mencampurkan seluruh bahan pada satu wadah. Kemudian aduklah sampai bercampur rata lalu sajikan pada burung.

Makanan racikan yang telah anda buat itu dapat disajikan untuk pengganti voer yang pada umumnya diberikan. Akan tetapi harus anda perhatikan, walaupun burung gelatik batu telah memperoleh pakan racikan setiap hari.

Sebaiknya anda memberikan pakan tambahan berupa serangga. Tujuannya untuk melengkapi kebutuhan nutrisi yang serasi dan juga seimbang.

Lakukan pemasteran

Pada saat sore hari, burung gelatik batu sebaiknya dikerodong supaya burung dapat tenang serta bisa beristirahat. Pada waktu itu anda dapat melakukan pemasteran dengan memakai suara burung dari mp3.  Sesudah anda memberikan pemasterannya, gelatik batu itu sebaiknya dibiarkan beristirahat hingga keesokan paginya.

Tinggalkan Komentar